apa itu backlink

Apa itu backlink? Apa yang dimaksud dengan backlink? Simak penjelasan lengkapnya!

A. Pengertian Backlink

Backlink adalah link balik atau tautan yang didapat satu situs web dari situs web lain. Backlink memberi dampak yang besar pada keunggulan situs web dalam hasil pencarian. Inilah sebabnya mengapa mereka dianggap sangat berguna untuk meningkatkan peringkat SEO situs web. Mesin pencari google menghitung peringkat berdasarkan algoritma google untuk menampilkan hasil pencarian.

Backlink haruslah natural, ini berarti bahwa situs web tidak boleh menggunakan cara buatan untuk membuat backlink untuk situs web mereka sendiri. Kualitas backlink jauh lebih penting dari pada kuantitasnya.

B. Mengapa Backlink Dibutuhkan

Backlink merupakan sebuah bentuk rekomendasi atau referensi dari sebuah website ke website lain. Dengan adanya rekomendasi maka mesin pencari seperti Google akan menganggap bahwa web tersebut dapat dipercaya dan lebih baik dari website yang tidak memiliki rekomendasi. Semakin banyak backlink yang dimiliki oleh sebuah website maka akan semakin naik juga otoritas web tersebut, baik dari sisi domain atau pun halaman yang direkomendasikan.

Baca Juga: Apa Itu Domain Authority dan Cara Meningkatkannya?

Semakin banyak jumlah backlink yang dimiliki maka semakin berpeluang untuk masuk di halaman satu hasil pencarian (SERP) Google. Tentunya Google selalu menghitung jumlah backlink yang mengarah ke sebuah website. Dan yang paling menarik adalah setiap backlink memiliki nilai yang berbeda di mata Google. Backlink yang berasal dari web yang memiliki otoritas tinggi jauh lebih baik dibandingkan ribuan backlink dari web yang memiliki otoritas rendah.

C. Peranan Backlink Terhadap SEO

Seberapa pentingkah peranan backlink terhadap SEO? Jawabannya adalah tergantung sikon, alias sesuai situasi dan kondisi. Intinya sebuah website dapat masuk di halaman 1 pencarian Google karena web tersebut lebih baik dari website lain, baik dari sisi SEO On Page maupun SEO Off Page. Jika tingkat persaingan sebuah kata kunci masih rendah maka dengan optimasi SEO On Page saja sudah cukup untuk masuk halaman 1 Google. Namun jika persaingan semakin kompetitif maka peranan backlink sangat dibutuhkan.

D. Jenis-Jenis Backlink

Dikutip dari Alexa.com, ada beberapa jenis backlink yang dapat digunakan untuk optimasi sebuah website hingga dapat masuk halaman 1 Google. Berikut cuplikannya:

1. Editorial Backlinks

Jenis tautan terbaik dalam SEO berasal dari sebutan editorial. Penyebutan editorial adalah ketika situs web lain merujuk dan menautkan ke situs web anda dalam konten yang berkualitas. Ini adalah jenis backlink terbaik yang dapat meningkatkan nilai otoritas web di mata Google.

2. Guest Blogging Backlinks

Posting tamu adalah cara lain untuk mendapatkan backlink yang berharga. Saat anda mengirim kiriman tamu ke situs web, anda sering diizinkan menyertakan tautan balik editorial ke dalam konten anda. Jenis backlink ini adalah cara yang dapat diandalkan untuk membangun kepercayaan dan otoritas melalui publikasi berpengaruh lainnya.

3. Business Profile Backlinks

Dalam kebanyakan kasus, ketika anda membuat profil online untuk bisnis, anda dapat memasukkan tautan kembali ke situs web anda. Tautan ini pada daftar bisnis, jaringan media sosial, dan direktori khusus industri menunjukkan mesin pencari bahwa situs web dibuat dan berkualitas tinggi.

4. Webinar Links

Membuat sumber daya berharga di situs anda sering kali mendorong situs lain untuk menautkan kembali ke sana. Sepotong konten bernilai tinggi yang sering mengarah ke tautan adalah rekaman webinar. Situs lain sering menautkan atau bahkan menyematkan webinar merk lain di situs mereka, yang mengarah ke tautan dan penyebutan merk.

5. Free Tool Links

Cara lain untuk mendapatkan situs untuk menautkan kembali ke sesuatu yang berharga di situs anda adalah dengan menawarkan alat gratis. Jika alatnya cukup berharga, orang lain akan menautkannya ke konten mereka. Plus, pada versi gratis alat berbayar, anda dapat menambahkan ajakan bertindak untuk mendaftar untuk produk / layanan lengkap yang mendorong akuisisi selain kesadaran.

6. Acknowledgment Backlinks

Tautan balik pengakuan adalah ketika situs web menyebutkan dan menautkan ke situs web sehubungan dengan hubungan atau sponsor.

7. Guest Post Bio Backlinks

Dalam beberapa kasus, situs blog tamu tidak mengizinkan atau tidak akan menyertakan tautan kembali ke situs penulis dalam isi utama konten. Sebagai gantinya, mereka mengizinkan penulis untuk memasukkan tautan dalam bio penulis. Meskipun tidak sama berharganya dengan tautan dalam isi posting, bio backlink masih dapat menambah nilai pada portofolio tautan situs web.

8. Badge Backlinks

Cara untuk membangun backlink dengan memberikan nilai ke situs lain adalah melalui lencana bermerk. Lencana bermerk adalah penghargaan yang dibuat dan diberikan oleh suatu merk ke situs lain sebagai simbol status. Misalnya, anda dapat membuat daftar situs teratas atau merk terbaik yang dipublikasikan di situs anda, dan kemudian memberikan lencana untuk setiap merk di daftar sehingga mereka dapat menunjukkan status di situs mereka. Anda memasukkan tautan kembali ke artikel di lencana untuk membuat tautan.

9. Newsworthy Press Release Backlinks

Siaran pers dapat melayani tugas ganda untuk upaya pemasaran. Hal ini dapat memberi tahu outlet media tentang berita anda dan juga membantu situs web anda mendapatkan backlink. Tetapi itu hanya dapat membangun tautan secara efektif jika dijalankan dengan benar.

10. Comment Backlinks

Ketika anda mengomentari kiriman blog, anda biasanya diperbolehkan memasukkan tautan kembali ke situs web anda. Ini sering disalahgunakan oleh spammer dan bisa menjadi alat pembangun tautan negatif. Tetapi jika anda memposting komentar asli pada posting blog berkualitas tinggi, mungkin ada beberapa nilai dalam membagikan tautan, karena dapat mengarahkan lalu lintas ke situs anda dan meningkatkan visibilitas merk anda.

11. General Business and Article Directory Links

Sama seperti anda tidak ingin berlebihan dengan siaran pers, anda juga tidak ingin menjangkau terlalu banyak dengan daftar direktori. Tetap berpegang pada direktori yang paling tepercaya, berwibawa, dan relevan dengan industri dan jangan membuat profil pada direktori spam hanya untuk tujuan menghasilkan tautan.

12. Forum Links

Bergabung dengan puluhan forum untuk tujuan memposting tautan kembali ke situs anda juga buruk. Hanya bergabung dengan forum-forum berkualitas tinggi di mana diskusi autentik adalah tujuan utama, bukan untuk mengirim spam ke posting tentang konten dan merek anda.

error: Content is protected !!