mengapa domain authority itu penting

Pengertian Domain Authority

Domain Authority adalah skor yang dikembangkan oleh Moz yang mengisyaratkan “kekuatan” dan relevansi situs web untuk suatu niche/area subjek atau industri tertentu. Ini adalah skala poin logaritmik, biasanya berkisar dari nol hingga 100, yang memprediksi seberapa baik peringkat situs web pada halaman hasil mesin pencari (SERP). Semakin tinggi jumlah poin maka semakin tinggi juga otoritas domain suatu website.

Domain Authority memberikan informasi tentang potensi peringkat keseluruhan dari keseluruhan domain atau situs web, sedangkan otoritas halaman (Page Authority) adalah potensi peringkat dari satu halaman web.

Bagaimana Cara Menghitung Domain Authority?

Ada lebih dari 100 faktor yang digunakan Moz untuk menghitung otoritas domain dan otoritas halaman. Inilah beberapa di antaranya:

  • Otoritas domain yang menjadi sumber backlink.
  • Jumlah backlink yang mengarah ke suatu website.
  • Kualitas sumber backlink yang menuju situs web.
  • Volume situs (seberapa banyak konten yang terkandung pada website).
  • Usia domain (yaitu dihitung ketika pertama kali ditayangkan di Google, bukan ketika nama domain pertama kali terdaftar).
  • Jumlah sinyal sosial.
  • Kualitas konten website secara keseluruhan.
  • Kecepatan suatu website.
  • Kepercayaan Moz (Kepercayaan Moz biasanya dihitung oleh Moz dan tumbuh seiring waktu).
  • Dan lain sebagainya.

Cara Meningkatkan DA dan PA

Kunci untuk meningkatkan Domain Authorithy dan Page Authority suatu website adalah dengan terus fokus pada peningkatan faktor-faktor yang mempengaruhi DA & PA.

Secara umum, situs dengan jumlah tautan eksternal berkualitas tinggi yang sangat besar (seperti Wikipedia atau Google.com) berada di ujung atas skala Otoritas Domain, sedangkan bisnis kecil dan situs web dengan lebih sedikit tautan masuk mungkin memiliki skor DA yang jauh lebih rendah. Situs web baru akan selalu dimulai dengan skor 1 pada Domain Authority dan Page Authority.

Karena Otoritas Domain dimaksudkan sebagai prediktor kemampuan peringkat situs, memiliki skor DA yang sangat tinggi seharusnya bukan satu-satunya tujuan anda. Lihatlah skor DA untuk situs yang secara langsung bersaing dengan anda di SERP dan bertujuan untuk memiliki skor yang lebih tinggi dari pada pesaing anda. Paling baik digunakan sebagai metrik komparatif (dari pada skor absolut dan konkret) ketika melakukan penelitian dalam hasil pencarian. Dan juga ketika menentukan situs mana yang mungkin memiliki profil tautan yang lebih kuat / penting dari pada yang lain. Karena ini adalah alat komparatif, tidak perlu ada skor Otoritas Domain “baik” atau “buruk”.

Otoritas Domain dan Otoritas Halaman bekerja dengan cara yang serupa. Karena mereka diskalakan pada sistem 100 poin. Begitulah sifat dari sistem yang relatif berskala. Karena kedua hal itu cukup penting sehingga sangat dianjurkan untuk terus meningkatkan skor DA & PA pada website anda.

Baca Juga: Apa itu Google Ads?

error: Content is protected !!