Cara Membuat Blog di WordPress?

Apakah kamu masih bingung bagaimana cara membuat blog? Jika benar, maka artikel yang satu ini wajib kamu baca. Web bisa diartikan sebagai website yang sifatnya pribadi. Biasanya isi web merupakan artikel atau hal lainnya, yang mengandung pemikiran atau informasi yang hendak dibagikan kepada pembaca.

Awal awal dikenalnya internet oleh masyarakat, blog merupakan salah satu favorit masyarakat. Saat ini juga blog masih memiliki banyak penggemar dan sangat bermanfaat bagi masyarakat. 

Salah satu platform yang bisa digunakan untuk membuat blog adalah WordPress. WordPress merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat website dan dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan. Cara membuat website di WordPress sangat mudah dilakukan. Untungnya lagi kamu bisa membuat blog secara gratis di WordPress. Berikut cara membuatnya. 

1. Lakukan Penginstalan WordPress

Karena kita menggunakan Wordpress sebagai platformnya, maka tentu saja kita harus menginstal wordpress terlebih dahulu. Menginstal WordPress cukup mudah dilakukan, karena beberapa hosting menyediakan auto instal pada WordPress. Jika kamu sudah berhasil menginstal WordPress maka kamu bisa beranjak ke langkah selanjutnya. 

2. Buat Nama Domain yang Menarik

Setelah penginstalan selesai, maka kamu akan dituntun untuk mengisi data data. Kamu perlu membuat domain menarik yang menggambarkan isi dari blog kamu nantinya. Jika kamu menggunakan WordPress gratis, maka dibelakang nama domain kamu nanti akan diikuti oleh ‘wordpress.com’.

Misalnya nama web kamu ‘Infoblog’, maka nama domainnya akan jadi ‘Infoblog.wordpress.com’. untuk menghilangkan kata wordpress pada domain, maka kamu harus menggunakan wordpress premium atau WordPress.org. WordPress premium memiliki banyak kelebihan dibanding dengan wordpress biasa. 

3. Instal Plugin pada Blog

Jika kamu sudah membuat nama domain yang menarik serta deskripsi tentang website kamu, maka selanjutnya kamu perlu menginstal plugin untuk web kamu. Plugin akan membuat fungsionalitas web kamu lebih efektif.

Pada wordpress, banyak plugin gratis yang bisa kamu gunakan. Sebaiknya plugin seperti Yoast SEO, Akismet Anti-Spam, dan juga Jetpack harus kamu instal, karena plugin tersebut akan sangat bermanfaat untuk perkembangan dan keamanan blog kamu. 

4. Instal Tema pada Blog

Tema yang menarik juga penting kamu terapkan pada web kamu agar pengunjung blog kamu nantinya betah membaca tulisan di web kamu. Pada WordPress juga disediakan berbagai tema menarik yang bisa kamu dapatkan secara gratis.

Jika kamu menggunakan wordpress premium, kamu bahkan bisa menggunakan tema dari website lain untuk web kamu. Dengan demikian kamu tidak akan dihantui oleh pertanyaan bagaimana cara terbaik untuk membuat web.

5. Posting Tulisan

Jika seluruh langkah tersebut sudah kamu lakukan dengan baik, maka langkah terakhir kamu tinggal memposting tulisan ke dalam web kamu. Agar web kamu nantinya dikunjungi banyak orang, usahakan kamu memposting tulisan secara konsisten.

Walaupun tidak setiap hari, paling tidak dalam satu minggu, kamu harus memposting tulisan pada web kamu. Itu lah jawaban untuk pertanyaan bagaimana cara termudah dalam membuat blog. 

error: Content is protected !!