Mengapa Halaman Pertama Google Itu Penting?

Halaman pertama google adalah posisi ideal yang diharapkan oleh para pemilik website ataupun toko online. Karena website yang berada di halaman pertama google sudah pasti akan mendapatkan 90% traffic dari pencarian netizen. Baik yang mencari informasi, tutorial, pembelajaran, solusi, review produk, belanja, dan lain sebagainya. Ingin masuk halaman 1 hasil pencarian dengan cepat? Jasa google ads adalah solusi yang tepat untuk anda.

Tips Masuk Halaman Satu Google

1. Human Friendly

Hal yang paling utama yang harus dilakukan ketika hendak membuat konten web adalah mengutamakan kepuasan pengguna atau pembaca. Lupakan sejekan mesin pencari atau Googlebot, fokuslah pada konten yang bermanfaat untuk pengunjung website anda. Deskripsikan konten yang anda tulis secara mendetail sehingga pembaca merasa puas karena mendapatkan jawaban terbaik dari rasa ingin tahu yang dimilikinya.

Ingatlah bahwa google adalah bisnis, Google adalah sebuah perusahaan yang berupaya untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggannya. Salah satu cara supaya pengguna google tetap loyal adalah dengan memberikan jawaban yang relevan kepada siapapun yang bertanya pada google. Apapun yang ditanyakan ke Google, dalam hitungan detik langsung muncul jawaban yang relevan dengan pertanyaan tersebut.

Oleh karena itu, setiap konten yang baru dibuat sebaiknya bisa memberikan jawaban yang terbaik kepada para pengunjung web. Karena ketika pengunjung website merasa puas maka secara otomatis website tersebut akan naik peringkat ke halaman satu google.

2. Melakukan Riset Kata Kunci

Riset kata kunci atau keyword research adalah hal yang harus dilakukan ketika hendak membuat website. Riset kata kunci mencakup dan tidak terbatas pada pemahaman tingkat kompetisi sebuah kata kunci, volume pencarian, maksud pencarian, dan lain sebagainya.

Bagian terpenting dari SEO adalah memahami lanskap kompetitif. Sebagai pemilik usaha kecil, tentu anda tidak ingin bersaing dengan pebisnis besar yang memiliki anggaran pemasaran yang kelihatannya tidak terbatas. Meskipun selalu ada kesempatan anda dapat mengungguli mereka, lebih besar kemungkinan anda hanya akan membuang-buang waktu dan uang saja.

Inilah sebabnya mengapa begitu penting untuk masuk ke dalam niche/ceruk pasar yang tepat. Mencoba bersaing dengan perusahaan besar untuk kata kunci yang sangat populer akan menguras dompet anda. Lebih baik fokus untuk mencari niche dengan tingkat persaingan yang masih bisa dijangkau oleh anggaran keuangan anda.

Siapa saja dapat menduduki posisi teratas di Google, jika mereka menargetkan kata kunci yang tepat. Sebagai contoh, jika kami mengoptimalkan halaman untuk kata kunci “jasa adwords pangandaran“, mungkin kami bisa meraih posisi halaman pertama dalam beberapa hari saja. Hal tersebut terjadi karena tingkat persaingan kata kunci tersebut tidak begitu berat. Berbeda dengan kata kunci “jasa adwords” yang memiliki tingkat persaingan yang sangat berat. Dibutuhkan waktu berbulan-bulan untuk masuk di halaman pertama google dengan kata kunci tersebut.

3. Gunakan CMS WordPress

Terdapat banyak content management system (CMS) yang berbeda yang dapat anda gunakan untuk membangun situs web dan blog anda. Namun, jika anda tidak memiliki persyaratan khusus, kami menyarankan untuk menggunakan WordPress. Karena CMS WordPress merupakan CMS paling populer saat ini yang dilengkapi dengan plugin dan fitur canggih. Dan penggunaannya juga sangat mudah sehingga cocok untuk blogger baru dan pemilik situs web.

4. Konten Harus Relevan

Setelah menentukan niche dan kata kunci yang tepat, maka langkah selanjutnya adalah mengoptimalkan tingkat relevansi isi website anda. Bagaimana caranya? Berikut rahasianya:

  • Judul konten harus mengandung kata kunci yang ditargetkan.
  • Isi konten website harus relevan dengan judulnya.
  • Tampilan konten harus mudah dibaca.
  • Dilengkapi dengan foto atau video yang menarik pembaca.
  • Konten website memiliki design yang menarik dan unik.
  • Dan lain sebagainya.

Ingatlah bahwa Google sangat menyukai konten yang relevan dan komprehensif. Jadi sangat tidak mungkin konten yang asal-asalan bisa masuk halaman pertama google. Oleh karena itu anda harus memahami apa itu SEO dan bagaimana cara kerjanya.

5. Hindari Duplikat Konten

Konten website hasil duplikat atau copy paste atau plagiaris atau konten spam yang ditulis menggunakan software auto generated content akan disingkirkan langsung oleh algoritma panda. Karena hewan peliharaan google yang satu ini telah berjaga di pintu gerbang utama sebelum konten anda diseleksi ke tahap yang lebih lanjut.

Jika ditahapan seleksi konten saja sudah dihalau oleh panda, maka tidak mungkin bisa masuk halaman 1 google. Yang ada website tersebut akan berada di posisi antah berantah. oleh karena itu, pastikan konten web anda ditulis secara manual oleh manusia dan harus original supaya bisa lolos seleksi panda.

6. Perbanyak Jumlah Postingan

Menurut Content Marketing Institute, 88% perusahaan B2B sekarang menggunakan pemasaran konten sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka secara keseluruhan. Ini melibatkan penggunaan berbagai jenis konten untuk menarik pelanggan potensial seperti posting blog, buletin, webinar, infografis, video, dan lain-lain.

Jika anda ingin mendapatkan peringkat teratas di halaman pertama Google, maka anda harus menambahkan konten baru ke situs anda secara teratur. Tapi jangan hanya menambahkan konten demi konten saja, tambahkan konten bermanfaat dan berkualitas tinggi yang benar-benar memberikan nilai kepada pelanggan dan prospek anda.

Konten ini akan membantu anda meningkatkan peringkat website anda dengan dua cara utama. Pertama, lebih banyak konten berarti lebih banyak kata kunci, dan karenanya lebih banyak peluang bagi Google untuk mengembalikan situs anda dalam hasil pencarian. Kedua, semakin banyak konten yang anda miliki, maka semakin banyak pula tautan backlink yang umumnya anda dapatkan. Dan memiliki banyak konten sangat bagus untuk membuat pengunjung lebih lama tinggal di situs web anda.

7. Internal Link

Internal link merupakan link penghubung antar halaman di sebuah website. Internal link mempunyai pengaruh besar terhadap tingkat bounce rate. Semakin banyak halaman artikel yang dibuat sebaiknya dihubungkan dengan internal link yang banyak juga. Terutama link artikel yang saling melengkapi dari satu halaman dengan halaman lainnya.

8. Tingkat Otoritas Website

Otoritas website atau web authority merupakan faktor yang cukup dominan dalam kesuksesan optimasi SEO. Otoritas website tersebut diperhitungkan berdasarkan usia domain sejak didaftarkan ke Google, masa berlaku domain, EAT, backlink, dan lain-lain.

Dalam beberapa tools SEO, otoritas website sering juga dikaitkan dengan Domain Rating (Domain Authorithy), URL Rating (Page Authority). Jika DR dan UR sebuah web lebih tinggi dari kompetitornya maka website tersebut memiliki otoritas web yang lebih tinggi. Begitu juga sebaliknya, jika DA dan PA lebih rendah maka akan sulit untuk bisa bersaing.

Domain Authority dan Page Authority memiliki peranan yang cukup besar untuk bisa masuk halaman pertama google. Karena poin DA dan PA merupakan hasil dari popularitas website dan juga rekomendasi berupa backlink yang berkualias dari website lain. Sehingga disimpulkan oleh para pakar SEO bahwa DA dan PA memiliki andil lebih dari 40% untuk menaikkan website di halaman pertama google.

Baca Juga : Cara meningkatkan DA & PA

9. Tingkatkan Site Speed Web

Speed web atau kecepatan akses web merupakan hal yang sangat penting. Karena web yang lambat dibuka akan menyebabkan pengunjung web merasa jengkel dan cenderung menutup kembali atau back ke halaman pencarian Google. Idealnya sebuah website mempunyai loading speed kurang dari 5 detik. Semakin cepat loadingnya maka akan semakin bagus.

Kecepatan website ketika dibuka oleh pengunjung sangat mempengaruhi persentase bounce rate. Jika pengunjung terlalu lama menunggu proses loading maka biasanya akan langsung menutup web tersebut. Sehingga akan berakibat burut terhadap ranking web tersebut.

10. Mobile Friendly

Dengan semakin meningkatnya pengguna smartphone maka sebuah website diharuskan mempunyai tampilan yang ramah seluler. Dan ini merupakan bagian dari standar algoritma google yang telah diterapkan sejak tahun 2015. Efek dari penerapan algoritma tersebut adalah menurunnya peringkat website yang tidak mempunyai tampilan mobile friendly. Oleh karena itu pastikan web anda selalu mobile friendly.

11. Amankan Web Dengan Https

HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) merupakan protokol komunikasi internet yang berfungsi untuk melindungi integritas dan kerahasiaan data antara komputer pengguna dan situs web. Adanya https biasa ditandai dengan logo gembok di sebelah kiri kolom URL. Misalnya seperti https://www.berbagiide.com.

Website yang diawali dengan https akan lebih unggul dibandingkan dengan web yang diawali dengan http saja. Oleh karena itu jarang sekali web yang menggunakan http bisa muncul di halaman satu pencarian Google.

12. Menerapkan Standar Google Search Console

Untuk masuk halaman 1 Google diperlukan sebuah proses optimasi website menggunakan teknik SEO (Search Engine Optimization) secara terus menerus. Dalam hal ini Google sudah memberikan tahapan-tahapan yang harus diterapkan pada sebuah web yang ingin masuk di halaman pertama google. Langkah-langkah tersebut sudah tertulis di Google search console, silahkan baca selengkapnya disini.

Kategori: Website

error: Content is protected !!