Cara Beriklan di Facebook Ads

Cara beriklan di Facebook Ads sangat berguna bagi anda yang ingin memperluas jaringan pasar menggunakan social media marketing. Seperti yang kita tahu bahwa Facebook merupakan salah satu media sosial yang paling populer di Indonesia, sehingga jumlah penggunanya pun cukup banyak dan bisa berpotensi sebagai konsumen. Tidak heran jika banyak pelaku bisnis mulai tertarik dengan Facebook Ads.

Sebelumnya, mungkin anda sudah pernah memanfaatkan Facebook sebagai media untuk melakukan promosi atau proses marketing. Namun, bisnis anda akan terlihat lebih profesional, jika anda menggunakan Facebook Ads dibanding menggunakan akun Facebook secara gratis. Tidak perlu bingung untuk menggunakan media iklan ini, karena berikut akan kami bahas tentang cara beriklan menggunakan Facebook Ads.

1. Buka Facebook Ads

Sebelum menggunakan fitur Facebook Ads, tentu anda wajib membuat akun di facebook terlebih dahulu. Daftarkan diri anda dengan mengisi biodata dan beberapa data yang diperlukan untuk dapat menggunakan berbagai fitur di Facebook, termasuk fitur untuk ikan ini. Meskipun anda sudah memiliki akun pribadi, pastikan anda membuatnya lagi untuk keperluan bisnis.

Jika anda sudah selesai membuat akun Facebook, maka anda bisa membuka laman Facebook Ads Manager. Sebelumnya, pastikan bahwa anda telah login menggunakan akun yang ingin digunakan, agar langkah yang dilakukan berhasil tanpa suatu masalah apa pun. Inilah langkah awal yang harus anda lakukan sebagai cara beriklan di Facebook Ads.

2. Pilih Pembuatan Iklan Terpandu

Setelah anda memasuki laman Facebook Ads manager, lihatlah menu yang ada di laman tersebut, maka anda akan menemukan menu Kampanye dan klik Buat Ikan. Pembuatan Iklan Terpandu dan Pembuatan Iklan Cepat adalah dua jenis iklan yang disediakan oleh Facebook untuk anda. Kedua pilihan tersebut pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang harus anda cermati.

Dari kedua pilihan tersebut, pastikan anda memperhatikan apa kebutuhan dan target yang ingin anda capai. Namun, biasanya kebanyakan orang lebih memilih Pembuatan Iklan Terpandu, karena manfaat yang bisa didapatkan lebih spesifik sehingga anda bisa mencapai target pasar yang diinginkan. Dengan begitu, cara beriklan di Facebook Ads akan lebih bermanfaat.

3. Pilih Tujuan Iklan

Selanjutnya, penting bagi kita untuk menentukan tujuan iklan yang ingin dicapai, karena pastinya setiap orang memiliki target yang berbeda-beda. Jika anda tidak memiliki target dari awal pasti akan kesulitan dapat menentukan langkah selanjutnya. Oleh karena itu, tentukan terlebih dahulu tujuan iklan anda. Kesadaran, pertimbangan dan konversi adalah hal yang harus pertimbangkan dalam memilih tujuan iklan.

Cara beriklan di Facebook Ads adalah menentukan terlebih dahulu tujuan iklan. Untuk tujuan kesadaran, berarti anda ingin orang lain menyadari keberadaan produk atau jasa yang anda tawarkan. Pertimbangan merupakan tujuan agar masyarakat mengetahui keunggulan dari produk atau jasa tersebut. Kemudian konversi ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah pembelian. 

4. Pilih Jenis Iklan

Sebelum anda memilih jenis iklan, maka penting untuk memahami karakter masing-masing jenis iklan terlebih dahulu. Pertama, ada Uji Split di mana anda harus menyediakan dua konten iklan yang mirip. Karena nantinya target audience juga akan dibagi menjadi dua, agar iklan yang dilihat pun berbeda sesuai dengan minat dan kebutuhan audience.

Jika anda memilih jenis yang pertama, maka anda harus menyiapkan dana dua kali lipat lebih besar dibanding jenis yang kedua, yaitu Pengoptimalan Anggaran. Jenis iklan yang satu ini memungkinkan anda menyesuaikan berapa pun anggaran yang anda miliki, sehingga cocok bagi anda yang masih awam dalam bisnis ini. Dengan begitu, cara beriklan di Facebook Ads akan memberikan hasil lebih maksimal.

5. Tulis Nama Iklan dan Pilih Tujuan Trafik

Anda bisa melakukan pengecekan performa iklan-iklan yang ada di FB Ads dengan menulis nama iklan yang anda buat. Jangan lupa untuk memilih tujuan spesifik dari iklan anda, agar manfaat yang didapatkan sesuai dengan harapan. Selain itu, trafik atau lalu lintas bisa dialihkan ke aplikasi, WhatsApp, Messenger, atau website bisnis anda.

Setelah itu, jangan lupa mencentang pilihan promo jika anda sedang menjalankan promo pada bisnis anda, seperti potongan harga, tambahan bonus dan lain sebagainya. Dengan begitu, promo yang sedang berlangsung akan ditampilkan juga pada iklan tersebut, sehingga iklan akan terlihat lebih menarik. Cara beriklan di Facebook Ads ini memang bisa diandalkan.

6. Tentukan Target Audience dan Penempatan

Agar iklan yang ditampilkan memberikan hasil yang memuaskan, maka anda harus tahu terlebih dahulu siapa target pasar anda dengan tepat. Untuk menentukan spesifikasi target audience dengan tepat, maka anda perlu mempertimbangkan berbagai hal. Misalnya saja, penonton khusus yang memungkinkan iklan ini dijangkau oleh orang-orang yang pernah berhubungan dengan anda, baik online maupun offline.

Selain itu, cara beriklan di Facebook Ads juga membuat anda harus memperhatikan lokasi target audience, usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, bahasa yang digunakan, penargetan terperinci, hingga koneksi yang dimiliki. Apabila kita sudah menentukan spesifikasi target audience ini, maka iklan akan ditampilkan pada orang-orang yang memang sesuai dengan target tersebut, sehingga hasilnya pun akan lebih maksimal.

7. Pilih Jadwal dan Format Iklan

Menentukan jadwal penayangan iklan sangat penting untuk dilakukan. Hal ini biasanya berkaitan dengan biaya yang harus anda keluarkan. Anda bisa menjadwalkan iklan untuk satu bulan kedepan, enam bulan, satu tahun atau sesuai dengan kebutuhan anda. Pastikan juga bahwa budget yang anda miliki cukup untuk waktu penayangan tersebut.

Memilih format iklan juga tidak kalah penting untuk diperhatikan, apalagi dengan adanya lima jenis format iklan yang harus anda pertimbangkan. Terdapat lima format iklan yang bisa dipertimbangkan, mulai dari Karosel hingga Koleksi. Pastikan anda memahami setap jenis format iklan tersebut, sebelum akhirnya melakukan cara beriklan di Facebook Ads.

8. Buat Konten Iklan

Langkah terakhir adalah membuat konten iklan yang akan ditayangkan di Facebook. Tidak mudah untuk membuat konten iklan yang menarik dan sesuai harapan. Hal ini pastinya membutuhkan keterampilan dan kreativitas yang tinggi untuk menghasilkan iklan yang menarik. Dengan begitu akan mampu mendongkrak penjualan bisnis anda melalui iklan yang ada di Facebook Ads.

Hal-hal yang harus anda siapkan untuk membuat konten ini adalah gambar, teks, video, animasi atau item lainnya yang sekiranya dibutuhkan dalam pembuatan iklan. Untuk penambahan teks, tidak perlu panjang-panjang, yang penting jelas dan mendorong seseorang untuk melakukan pembelian. Dengan begitu cara beriklan di Facebook Ads akan memberikan manfaat lebih maksimal untuk bisnis anda.

9. Cara Bayar Iklan

Setelah anda merencanakan segala hal tentang iklan ini, jangan lupa untuk melakukan pembayaran iklan tersebut. Pembayaran bisa dilakukan melalui kartu kredit dan kartu debit, sehingga anda akan lebih mudah untuk melakukan pembayaran. Jangan lupa untuk melakukan konfirmasi setelah melakukan pembayaran, agar rencana iklan atau promosi anda bisa segera dilakukan.

Memanfaatkan Facebook Ads untuk keperluan iklan dalam bisnis sebenarnya tidaklah sulit. Pentingnya promosi atau iklan dalam berbisnis membuat anda harus melihat peluang yang ada, sehingga iklan yang dipasang akan memberikan hasil yang maksimal dan sesuai dengan harapan. Oleh karena itu, cara beriklan di Facebook Ads bisa dijadikan salah satu pilihan untuk promosi. Anda juga bisa menggunakan opsi promosi lainnya yaitu dengan cara beriklan di Google Ads.

error: Content is protected !!