Cara Beriklan di Google Ads

Salah satu langkah cepat dalam mempromosikan bisnis anda adalah dengan cara beriklan di Google Ads. Langkah ini dinilai tepat karena terbukti efektif dalam meningkatkan performa bisnis yang anda jalankan. Google Ads merupakan salah satu fitur dari Google yang melayani periklanan di halaman mesin pencari.

Cara beriklan di Google Ads ini dikenakan biaya. Namun biaya yang anda keluarkan untuk pemasangan iklan di Google akan menuai hasil penjualan produk atau jasa lebih maksimal. Mekanismenya anda mendaftar ke Google Ads dengan mengisi semacam formulir kemudian iklan yang dibuat muncul di halaman Google.

Fitur Google dalam layanan periklanan sendiri selain Google Ads ada Google AdSense. Terkadang orang masih belum bisa membedakan keduanya dan menggap keduanya sama, padahal Google Ads dan Google AdSense berbeda. Cara beriklan di Google Ads ditujukan bagi perusahaan yang ingin menayangkan iklan di halaman Google.

Sedangkan Google AdSense merupakan kesempatan kerjasama Google dengan publisher seperti blogger agar mendaftarkan websitenya di jaringan Google agar iklan muncul di halaman website tersebut. Pengguna Google Ads mengeluarkan biaya untuk menampilkan iklan. Sedangkan Google AdSense memperoleh uang dari penayangan iklan di halaman situs.

1. Pengertian Google Ads

Sebelum membahas tentang cara beriklan di Google Ads sebaiknya anda mengenal apa itu Google Ads terlebih dahulu. Google Ads merupakan fitur Google yang membuka kesempatan bagi pemilik usaha untuk mempromosikan produk atau jasanya melalui iklan. Iklan akan muncul di laman Google berdasarkan keyword yang relevan.

Anda akan dikenakan biaya tertentu jika ingin menayangkan iklan di Google. Namun tak perlu khawatir, salah satu keuntungan beriklan di Google Ads adalah anda dapat menentukan sendiri budget untuk iklan. Sehingga pengeluaran biaya tetap dapat dikontrol oleh pengiklan berdasarkan kebutuhan masing-masing.

Pebisnis yang mengandalkan penggunaan website memang dapat melalukan optimasi SEO untuk meningkatkan usahanya. Namun cara ini membutuhkan waktu lama dan teknik yang cukup sulit. Sebagai solusi alternatifnya para pengusaha memilih promosi dengan beriklan di Google Ads. Apalagi Google Ads dilengkapi dengan teknik bawaan yang lebih mudah.

Dengan beriklan di Google Ads yang tepat, iklan produk anda akan muncul di laman pencarian Google berdasarkan kata kunci relevan. Selain di laman utama Google, iklan juga dapat ditayangkan melalui berbagai website jaringan Google dalam bentuk teks atau gambar hingga YouTube dalam bentuk video.

2. Cara Pasang Iklan di Google Ads

Sebelum iklan anda dapat ditayangkan di laman utama Google, diperlukan langkah-langkah beriklan di Google Ads yang tepat. Mulai dari mendaftarkan akun di Google Ads, penentuan anggaran, menentukan kata kunci, pembuatan iklan, hingga menentukan metode pembayaran. Berikut ini langkah-langkahnya:

A. Mendaftar di Google Ads

Cara beriklan di Google Ads pertama-tama tentu anda harus mendaftar di laman Google Ads terlebih dahulu. Di halaman pendaftaran anda akan diminta memasukkan email dan alamat website. Jadi sebelum menayangkan iklan di Google, anda harus memiliki email dan website professional sesuai bisnis anda. Jika belum mempunyai website maka anda dapat menggunakan layanan jasa website profesional untuk membuatkan web bisnis anda.

B. Menentukan Budget Harian

Cara beriklan di Google Adwords berikutnya adalah menentukan budget maksimal harian. Budget yang anda masukkan ini tidak selalu habis karena biaya yang dikenakan Google tergantung jumlah klik dalam satu hari. Google sendiri tidak menentukan minimal anggaran, jadi anda dapat mengisi dengan jumlah berapa pun.

C. Menentukan Jangkauan Audience

Anda dapat menentukan target wilayah yang ingin dijangkau. Misalnya apakah target pemirsa anda dari seluruh Indonesia atau hanya kota-kota tertentu. Kata kunci yang sesuai dengan iklan anda akan muncul di wilayah-wilayah yang ditargetkan. Google Ads telah menyiapkan formulir yang mudah sehingga anda tak akan kesulitan.

D. Menentukan Kata Kunci

Cara beriklan di Google Adwords harus memasukkan kata kunci sebanyak-banyaknya agar mudah dideteksi mesin pencari. Anda harus melakukan riset kata kunci terlebih dahulu agar iklan sampai pada target pemirsa. Jadi, masukkan kata kunci spesifik sebanyak mungkin.

E. Membuat Iklan

Selanjutnya, cara beriklan di Google Adwords mengharuskan anda membuat iklan berupa teks. Yang perlu dimasukkan dalam iklan antara lain landing page atau beranda website, judul iklan (ada 2 judul), dan deskripsi. Google membatasi jumlah karakter judul dan deskripsi. Jadi pastikan memasukkan kalimat sesuai target.

F. Metode Pembayaran Iklan Google Ads

Mempromosikan produk dengan cara beriklan di Google Adwords akan dikenakan sejumlah biaya yang harus anda bayarkan kepada Google. Namun sebelum membayar, anda harus mengisi detail penagihan secara lengkap seperti negara dan zona waktu, info pelanggan, dan metode pembayaran.

Pada kolom negara dan zona waktu, isilah Indonesia dengan zona waktu Jakarta (GMT+07:00) agar anda dapat membayar tagihan dalam rupiah serta penayangan iklan di waktu yang tepat. Pada kolom info pelanggan anda dapat mengisi jenis akun individual dan memasukkan status pajak dengan memasukkan nomor NPWP.

Kolom nama dan alamat juga harus diisi dengan lengkap dan jelas. Cara beriklan di Google Ads selanjutnya anda diminta memilih cara pembayaran antara otomatis atau manual. Pembayaran otomatis harus dilakukan dengan kartu kredit. Sedangkan manual bisa dilakukan melalui kartu kredit atau transfer bank/ATM.

Sebaiknya anda memilih opsi pembayaran manual agar tidak over budget. Cara beriklan di Google Ads berikutnya menentukan metode pembayaran. Jika memilih menggunakan kartu kredit maka saldo akan masuk secara otomatis. Namun jika memilih pembayaran melalui transfer, biasanya saldo akan masuk dalam 2-5 hari.

3. Mengecek Penayangan Iklan

Setelah memilih metode pembayaran dan melakukan transfer, anda perlu melakukan pengecekan apakah iklan berhasil ditampilkan atau tidak. Untuk mengecek apakah cara beriklan di Google Ads yang anda praktekkan sudah berhasil, silakan masuk ke akun Google Ads dan memeriksa bagian dashboard.

Di dashboard akun, anda akan menemukan beberapa menu, salah satunya menu Iklan dan Ekstensi. Klik menu tersebut untuk mengetahui status iklan anda. Terdapat tiga status iklan yang perlu anda pahami, yaitu iklan dalam peninjauan, ikan disetujui, dan iklan ditolak.

Ada kemungkinan iklan anda ditolak oleh Google. Jadi pahami jenis-jenis iklan yang tidak diperbolehkan agar cara beriklan di Google Ads anda disetujui. Pastikan pula bahwa anda telah memiliki saldo iklan di akun Google Ads. Iklan anda hanya akan ditayangkan jika saldo yang anda transferkan sudah masuk.

Masuknya saldo bergantung dengan metode pembayaran yang anda pilih. Jika meggunakan kartu kredit, saldo akan masuk secara otomatis jadi iklan dapat tayang lebih cepat. Namun jika Anda memilih metode pembayaran transfer, diperlukan waktu sekitar 2-5 hari agar saldo masuk. Cara beriklan di Google Ads ini perlu diperhatikan.

4. Iklan yang Dilarang di Google Ads

Google memiliki aturan tersendiri mengenai konten iklan yang diperbolehkan dan dilarang penayangannya di laman pencarian. Jika anda ingin memperkenalkan produk atau jasa dengan cara beriklan di Google Ads, pahami dulu beberapa konten larangan berikut ini.

A. Barang palsu

Google Ads tidak akan menyetujui iklan yang terindikasi pemalsuan barang. Google selalu mengutamakan para penggunanya agar terhindar dari segala bentuk pemalsuan. Iklan yang mengandung logo atau merek dagang sama persis dengan produk asli akan ditolak. Cara beriklan di Google Ads harus berupa produk asli.

B. Barang atau Layanan Berbahaya

Cara beriklan di Google Ads juga akan ditolak jika menawarkan produk dan jasa yang membahayakan sehingga menyebabkan pengguna barang cedera atau mengalami kecelakaan. Contoh produk berbahaya misalnya bahan peledak, narkoba, zat psikoaktif, peralatan untuk pemakaian obat berbahaya, senjata api, produk tembakau, dan barang berbahaya lainnya.

C. Produk yang Mendukung Pelanggaran Hukum

Produk-produk yang dapat memfasilitasi pelanggaran hukum juga tidak diizinkan tayang di Google Ads. Misalnya produk perangkat lunak (software) yang digunakan sebagai petunjuk peretasan (hack), dokumen palsu, jasa meningkatkan traffic website secara manipulatif, dan produk melanggar hukum lainnya.

D. Konten Tidak Pantas

Cara beriklan di Google Ads tentu harus dengan materi iklan yang pantas dan terbebas dari konten menyinggung. Google Ads menentang keras iklan yang mengandung tindakan tidak pantas seperti diskriminasi, penindasan, penjualan spesies langka, penggunaan bahasa kasar dalam iklan, kekerasan terhadap hewan, pemerasan, dan sebagainya.

5. Keuntungan Memasang Iklan di Google Ads

Kegiatan promosi memang sangat penting untuk mengenalkan produk/jasa perusahaan anda kepada masyarakat. Tak hanya itu, promosi melalui iklan juga dapat meningkatkan performa perusahaan terutama dalam menghasilkan profit lebih besar. Berikut adalah beberapa manfaat mengiklankan produk anda melalui Google Ads:

A. Pangsa Pasar Luas

Promosi dengan cara beriklan di Google Ads mendatangkan banyak keuntungan bagi pengusaha. Pertama, anda dapat menjangkau target pasar yang lebih luas. Google adalah mesin pencari terbesar yang digunakan semua orang di seluruh dunia. Dengan memanfaatkan fitur Google Ads, anda dapat menjangkau target pasar lebih luas.

B. Target Lebih Spesifik

Dengan cara beriklan di Google Ads, anda dapat menjangkau target potensial sesuai produk yang ditawarkan. Google Ads memang dirancang khusus dengan metode pencarian kata kunci dan kategori tertentu. Jadi, iklan mampu menyasar audience sesuai target pasar anda. Sehingga anda memperoleh calon konsumen yang prospektif.

C. Proses Cepat

Fitur Google Ads dilengkapi dengan bantuan Search Engine Result Page sehingga iklan anda dapat tampil dalam waktu yang cepat (hitungan menit). Hal ini berbeda jika Anda hanya mengandakan teknik SEO yang membutuhkan waktu lama. Meskipun berbayar, namun promosi produk anda lebih efektif dan tertarget.

D. Dapat Menyesuaikan Budget Iklan

Dengan cara beriklan di Google Ads, anda tak hanya dapat memperluas target pasar namun juga bisa menyesuaikan besarnya pengeluaran biaya iklan. Teknik promosi produk melalui Google Ads dinilai efektif dan flesibel yang memungkinkan anda dapat mengatur sendiri budget iklan sesuai kebutuhan.

Di samping itu, cara dan metode pembayaran pun dapat dipilih dengan mudah. Transaksi online terkadang terkendala karena memerlukan kartu kredit. Namun anda dapat mengiklanklan produk dan jasa melalui Google Ads dengan metode pembayaran manual yang lebih sederhana.

Iklan merupakan salah satu teknik promosi penting untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Google melalui layanan Google Ads memberikan dukungan bagi para pengusaha untuk dapat menjangkau calon customer seluas-luasnya. Cara beriklan di Google Ads selain mudah juga mampu mendatangkan profit yang semakin tinggi. Jika anda masih bingung, silahkan gunakan layanan jasa google ads terbaik untuk mempromosikan bisnis dan usaha anda.

error: Content is protected !!