Ini Dia 3 Cara Bikin Website Sendiri

Cara bikin website sendiri sangatlah mudah. Selain menggunakan layanan jasa penyedia website ada cara bikin website sendiri yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Beberapa cara tersebut terbagi menjadi tiga langkah berbeda. Ingin tahu apa saja? Berikut penjelasannya : 

1. Tentukan nama serta domain 

Sebelum mencari tahu mengenai cara membuat website. Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah menentukan isi dari website yang akan Anda buat itu sendiri. Termasuk tema dari setiap konten yang ada di dalamnya.

Namun kebanyakan dari mereka yang memiliki website justru melupakan hal tersebut dan lebih fokus pada pembuatan website yang dimilikinya. Karena itulah tidak jarang di antaranya yang membuat website namun dibiarkan tampil seadanya.

Hal ini dikarenakan para pemilik website tersebut masih belum memiliki tujuan yang jelas tentang peruntukkan website yang dimilikinya tersebut. 

Merujuk pada hal tersebut, maka sebelum menentukan nama domain ada baiknya jika Anda memastikan terlebih dahulu terkait peruntukkan dari website itu sendiri. Apakah website tersebut ditujukan untuk bisnis online seperti pembuatan toko atau bahkan penyedia layanan jasa dan lainnya.

Dengan memastikan hal tersebut lebih dulu, maka pemilihan nama domain pun dapat disesuaikan dengan lebih tepat. Selain itu, keberadaan website Anda pun nantinya akan lebih mudah dikenal orang karena memiliki nama domain yang sesuai dengan apa yang Anda tuju. 

2. Menentukan hosting serta website building platform 

Langkah selanjutnya dari cara bikin website sendiri yang harus Anda perhatikan adalah memilih hosting serta platform building. Berbicara mengenai hosting tentu berkaitan dengan tempat penyimpanan. Hal ini berkaitan dengan keberadaan hosting itu sendiri yang berfungsi sebagai rumah dari website yang Anda miliki.

Karena itulah dalam memilih hosting pastikan untuk memilih jenis hosting yang benar-benar berkualitas. Selain itu perhatikan pula kapasitas dari hosting yang akan Anda pilih itu tadi. Pastikan bahwa ia memiliki kapasitas besar yang dapat menampung berbagai macam file yang tercantum pada website yang Anda miliki. 

Sementara itu, untuk building platform ada beberapa jenis platform yang dapat Anda gunakan untuk membangun website dengan mudah. Bahkan beberapa di antaranya tersedia secara gratisan. Hal ini terbukti dari adanya cara membuat website di wordpress, blogger, dan beragam jenis platform lainnya. 

3. Kostumisasi website 

Jika proses pembuatan website telah dilakukan, maka tahap selanjutnya berkaitan dengan kustomisasi website. Dalam hal ini proses kustomisasi dapat Anda mulai dengan melakukan setup, kemudian edit dan beragam proses pengaturan serta pengelolaan lainnya. Namun jika Anda masih bingung dan belum mengetahui bagaimana proses kustomisasi dapat dilakukan, maka ikutilah beberapa tahapan langkah berikut ini : 

  • Instalasi dari SSL Certificate
  • Instalasi content management system atau cms
  • Kostumisasi website, seperti memilih theme unik dengan plugin-plugin lain yang Anda butuhkan. 

Demikianlah kiranya beberapa langkah tepat yang dapat Anda lakukan dari cara bikin website sendiri. 

error: Content is protected !!