Cara Membuat Akun Youtube

Hampir semua orang saat ini mulai penasaran dengan bagaimana cara membuat akun Youtube supaya bisa menghasilkan banyak uang. Karena seperti yang diketahui bahwa penghasilan seorang Youtuber cukup menggiurkan. Sehingga tak heran bila semua orang ingin menjadi seorang Youtuber meskipun tanpa skill yang mendukung.

Padahal sebenarnya tidak hanya skill saja yang harus diperhatikan, anda harus sabar dan membuat konten secara rutin supaya dapat menghasilkan banyak uang dari Youtube. Banyak Youtuber yang pada akhirnya harus gulung tikar dan gagal, meskipun sudah memiliki akun dalam waktu lama namun tetap saja tidak bisa menghasilkan uang.

Apa yang salah dengan hal tersebut? Sebenarnya memiliki akun tapi tidak bisa menghasilkan uang bukan kesalahan Youtube. Namun hal ini terjadi karena anda tidak dapat memanfaatkan layanan yang tersedia dengan baik. Maka dari itu, setelah memahami cara membuat akun Youtube dengan benar, langkah selanjutnya adalah harus bisa memanfaatkannya sebaik mungkin.

Dengan memanfaatkan fitur yang ada, bukannya tidak mungkin bila anda nanti bisa menyaingi Youtuber papan atas seperti Atta halilintar dan teman-temannya. Jadi butuh perjuangan panjang supaya bisa menjadi seorang Youtuber sukses. Lebih detailnya sebaiknya simak cara membuat akun Youtube di bawah ini jika ingin memulai menjadi seorang Youtuber, antara lain: 

1. Buat Akun Google Dulu dan Login!

Salah satu cara untuk mendaftar Youtube adalah dengan memiliki akun Google dulu. Namun perlu anda ketahui bila akun dan channel Youtube itu berbeda. Bila anda sudah memiliki Gmail, maka secara otomatis telah tersambung dengan akun Youtube. Sehingga cara ini lebih praktis untuk membuat akun Youtube.

Anda tidak perlu repot-repot membuatnya karena cukup gunakan akun Gmail saja, maka sudah bisa login ke Youtube. Sedangkan bila Anda ingin membuat channel Youtube, maka login dulu ke situs ini. Setelah itu, pilih menu sign in dan masukkan akun Google untuk log in. Masukkan nomor HP, alamat email, dan passwordnya.

Bila sudah tahu cara membuat akun Youtube, selanjutnya tap next. Sehingga anda bisa langsung masuk ke dalam halaman Youtube utama. Dari sinilah anda sudah bisa membuat channel Youtube yang dapat diisi dengan konten video secara langsung. Namun tentu saja sebaiknya buat nama yang menarik supaya mudah diingat pengunjung.

2. Buat Channel dan Isi Namanya

Setelah masuk ke dalam halaman utama Youtube, maka langkah selanjutnya adalah aktifkan channelnya. Diantaranya yaitu dengan mengklik foto profil di kanan atas dan pilih my channel. Sampai disini anda bisa mengisi nama channel dan setelah itu tekan tombol create. Anda bisa memakai nama brand perusahaan atau milik sendiri untuk membuat channel Youtube.

Setelah tahu cara membuat akun Youtube, maka channel Youtube sudah bisa digunakan. Di halaman ini anda akan melihat 2 pilihan, yaitu versi studio beta dan customize channel. Kedua pilihan tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Customize channel untuk memberikan informasi seputar kanal Youtube anda.

Misalnya saja dari email bisnis, deskripsi channel, link website, dan lokasinya. Sedangkan untuk menu Youtube Studio Beta itu adalah dashboard yang merupakan tempat untuk mengunggah konten video anda nantinya. Di dalam Youtube Studio beta ini ada banyak pengaturan yang bisa digunakan untuk mengatur akun anda.

3. Kustomisasi Channel Youtube

Jika Anda ingin melakukan kustomisasi Channel Youtube, sebaiknya pilih menu customize seperti yang disampaikan sebelumnya. Di halaman pertama nanti anda akan melihat channel banner dan art. Disinilah anda bisa mengupload foto berukuran 2560 x 1440 pixels. Selain itu anda juga bisa memakai foto dari Youtube.

Di bagian ini juga anda bisa mengisi deskripsi channel dengan cara menekan tombol About. Di bagian inilah anda bisa mengisi bagian kolom yang tersedia dengan penjelasan seputar konten video tersebut beserta informasi selengkapnya. Di kolom ini biasanya juga menyediakan pilihan menu link website dan lokasi yang bisa dimanfaatkan untuk bisnis.

Selanjutnya, setelah memahami cara membuat akun Youtube supaya menghasilkan uang, sebaiknya atur settingan channelnya. Caranya pilih menu gerigi di samping tombol subscribe. Sehingga akan muncul pop up otomatis yang isinya seputar pengaturan kustomisasi dan privacy. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan.

Misalnya saja bila ingin menyembunyikan playlist, video, dan jumlah subscribernya, silahkan pilih private. Namun jika anda ingin menunjukkannya pada publik, silahkan pilih menu public. Sehingga semua orang bisa mengetahui apa saja playlist, video, dan berapa banyak jumlah subscriber anda karena sudah diatur untuk umum.

4. Upload Video Anda!

Langkah selanjutnya yang harus dipahami sebagai salah satu cara membuat akun Youtube supaya menghasilkan banyak uang adalah segera unggah video anda. Untuk mengupload video, silahkan tekan tombol kamera di pojok kanan atas. Disitulah anda akan menemukan tombol upload video, sehingga anda bisa langsung mengatur settingannya.

Apakah nanti diunggah untuk private, public, atau schedule. Namun yang pasti anda harus sabar dulu, karena dibutuhkan proses cukup lama untuk mengupload videonya 100%. Barulah setelah berhasil, anda bisa menambahkan judul, tags, dan deskripsinya. Sementara itu dibagian advance setting bisa diisi bahasa dan kategori videonya masuk apa.

Tidak hanya itu saja, dibagian ini pula anda juga akan menemukan pengaturan translate yang bisa diatur sesuka hati sesuai kebutuhan. Sehingga bila anda ingin ada translatenya, maka bisa pilih menu tersebut untuk menerjemahkan konten secara otomatis. Bila sudah, silahkan pilih tombol publish untuk mengunggah video ke channel anda.

5. Cara Membuat Akun Youtube Lebih Menghasilkan

Setelah mengetahui cara membuat akunnya, langkah selanjutnya adalah harus tahu tips supaya akun Youtube bisa menghasilkan banyak uang. Tidak lain yaitu harus memenuhi persyaratannya dulu untuk bisa bergabung dalam program Google Adsense yang disediakan oleh Youtube. Persyaratan utama supaya channel dimonetisasi adalah jam tayangnya harus 4000 jam.

Itupun hanya dibatasi selama 12 bulan saja. Selain itu, jumlah subscribernya harus lebih dari 1000 pelanggan supaya channel anda diterima oleh Google Adsense. Peraturan ini termasuk kebijakan baru yang telah dikeluarkan Youtube, supaya kualitas konten para creator lebih baik saat dimonetisasi.

Itu artinya bila anda ingin menghasilkan banyak uang dari Youtube, maka tingkatkan kualitas kontennya dulu. Buat konten yang menarik supaya jumlah subscriber channel meningkat dan kontennya banyak dilihat oleh para viewers. Jika semua persyaratan itu sudah terpenuhi, langkah selanjutnya adalah tekan proses monetisasi.

Dimana anda nanti akan diminta untuk mengaitkan akun Google Adsense ke channel Youtube. Sampai disini anda sudah bisa menghasilkan pundi-pundi uang dari akun Youtube. Namun tentunya jumlah viewers harus stabil dan banyak supaya penghasilan anda bisa lebih meningkat. Tanpa itu, maka channel Youtube anda tidak akan berarti apa-apa.

Untuk mendapatkan uang dari Youtube tidak mudah. Meskipun sudah memiliki akun, namun anda tidak bisa langsung menghasilkan uang. Ada proses panjang yang harus dijalani supaya berhasil menjadi Youtuber. Setelah memahami cara membuat akun Youtube, sebaiknya perhatikan juga beberapa hal penting di atas supaya bisa menghasilkan banyak uang.

Jika anda ingin menghasilkan banyak uang dari dunia online, maka anda dapat mencoba ide bisnis online kreatif dengan modal kecil.

error: Content is protected !!