Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Cara membuat artikel SEO friendly yang akan kita bahas ini bisa menjadi panduan untuk menempatkan blog atau website di halaman pertama hasil pencarian. Tujuan sebagian besar pemilik blog atau website pasti ingin menjadi ranking pertama dalam hasil pencarian. Karena hal ini dapat meningkatkan jumlah visitor dan juga penghasilan yang didapatkan.

Sebenarnya, banyak tool yang bisa digunakan untuk mengelola website sedemikian rupa, sesuai kaidah SEO yang dianjurkan oleh Google. Jadi, mungkin anda bertanya-tanya untuk apalagi kita memahami cara membuat konten SEO friendly? Alasannya adalah agar kita bisa memaksimalkan bagaimana artikel yang sesuai dengan anjuran Google, sehingga lebih mudah mendapatkan posisi halaman pertama.

1. Tulis Artikel yang Solutif

Semakin hari semakin banyak konten yang sudah dituliskan oleh blog atau website lain. Jika anda ingin menulis sebuah artikel, jangan hanya sekadar membuat sebuah konten untuk kemudian diposting. Karena kualitas artikel yang seperti ini tidak akan menarik perhatian Google apalagi pengguna internet. Cara membuat artikel SEO friendly bisa dilakukan dengan membuat artikel yang solutif.

Sebagian besar orang mencari informasi di internet karena masalah yang sedang dihadapinya sehingga dibutuhkan solusi yang diharapkan. Misalnya saja, seseorang bingung untuk membuat akun Instagram, maka tulislah artikel yang memang menjelaskan secara detail mengenai cara membuat akun Instagram. Dengan artikel yang solutif seperti ini, akan semakin banyak pengunjung yang berdatangan.

2. Gunakan Fokus Keyword Sewajarnya

Menggunakan keyword adalah salah satu cara yang biasa dilakukan untuk mendapatkan ranking pertama di hasil pencarian. Meski begitu, bukan berarti menggunakan keyword secara berlebihan akan membantu, justru ini bisa menggagalkan cara membuat artikel SEO friendly. Ketika anda ingin menggunakan keyword, pastikan jika keyword yang digunakan sesuai atau relevan dengan pembahasan.

Selain itu, pastikan bahwa penempatan keyword tidak memaksa atau terlihat aneh. Banyak penulis yang kemudian menyisipkan keyword sembarangan, hingga membuat bahasa yang digunakan terlihat aneh dan terlalu memaksakan. Pada akhirnya, kualitas tulisan yang akan dikorbankan. Oleh karena itu, gunakan fokus keyword sewajarnya saja, jangan berlebih dan juga jangan kurang.

3. Artikel Harus Layak Baca

Bagaimana artikel yang tidak layak baca? Biasanya, penempatan keyword yang spamming membuat artikel tidak layak baca, karena pembahasannya yang membingungkan dan terkesan memaksa. Selain itu, penggunaan kata yang tidak seharusnya juga membuat artikel tidak layak baca. Oleh karena itu, penting untuk membuat artikel layak baca sebagai cara membuat artikel SEO friendly.

Bagi anda yang masih awam untuk menulis dan belum mengetahui cara menulis artikel yang berkualitas, maka pastikan terlebih dahulu bahwa artikel anda layak untuk dibaca. Caranya, setelah anda selesai menulis, cobalah untuk membacanya sendiri, apakah kata yang anda gunakan mudah untuk dipahami. Tidak ada salahnya jika anda juga meminta saran dari orang lain.

4. Melakukan Optimasi Gambar

Blog atau website yang hanya dipenuhi dengan tulisan pasti terlihat membosankan. Itulah mengapa penting untuk menyertakan gambar pada setiap artikel untuk memberikan sentuhan yang berbeda pada konten anda. Selain itu, penambahan gambar juga bisa menjadi penunjang tulisan agar lebih mudah dipahami. Cara membuat artikel SEO friendly ini patut untuk dicoba.

Meski disarankan untuk menyertakan gambar pada artikel, bukan berarti anda bisa memilihnya sembarangan. Pastikan bahwa gambar terlihat dengan jelas tapi kapasitasnya tidak terlalu besar agar tidak memberatkan loading website. Jika memungkinkan gunakan gambar hasil desain atau fotografer anda sendiri, agar artikel terlihat lebih profesional dibanding hanya mengambil secara utuh gambar dari mesin pencari.

5. Update Konten secara Konsisten

Update konten memang sangat perlu dilakukan, apalagi jika anda ingin mendapatkan lebih banyak pengunjung lagi. Hal inilah yang terkadang sulit dilakukan karena kebanyakan memposting banyak artikel ketika mereka luang, tapi kemudian vakum hingga satu bulan karena kesibukan lainnya. Untuk memaksimalkan cara membuat artikel SEO friendly, maka anda harus update konten secara konsisten.

Apapun kesibukan yang anda miliki, pastikan anda memiliki jadwal tersendiri kapan harus update konten, misalnya setiap hari Minggu atau dibuat jadwal seminggu tiga kali sesuai dengan kemampuan masing-masing orang. Jika anda tidak memiliki waktu untuk membuat artikel, anda bisa menggunakan jasa penulis artikel tepercaya karena yang terpenting adalah tetap update konten berkualitas.

6. Pastikan Panjang Artikel Optimal

Panjang artikel harus diperhatikan jika anda ingin melakukan cara membuat artikel SEO friendly. Sebenarnya, panjang artikel ini tergantung dengan kebutuhan masing-masing niche. Beberapa niche akan lebih pas dengan panjang artikel 300 kata, 500 kata atau bahkan ada yang lebih pas dengan 1000 kata lebih. Jadi, anda harus tahu porsi sesuai kebutuhannya.

Namun, jika memang memungkinkan ada baiknya jika anda membagi artikel yang panjang menjadi beberapa konten. Melihat artikel atau tulisan yang panjang terkadang sudah membuat pengunjung merasa malas dan bosan. Oleh karena itu, pilihlah panjang artikel yang paling ideal, yaitu sekitar 500 kata. Dengan begitu, anda bisa menghasilkan beberapa konten sekaligus.

7. Perhatikan Bagian Pembuka

Bagian pembukaan memiliki peran penting dalam memikat mata pengunjung. Sebelum lebih jauh, pengunjung pasti akan membaca judul dan kemudian satu paragraf pertama. Apabila anda bisa menuliskan paragraf dengan baik, maka pengunjung akan penasaran dan meneruskannya hingga akhir artikel. Hal inilah yang bisa dilakukan sebagai cara membuat artikel SEO friendly.

Untuk awal paragraf, sebenarnya, anda tidak perlu terlalu banyak basa-basi atau bertele-tele. Langsung saja pada inti pembahasannya dan buatlah beberapa pertanyaan yang membuat pengunjung harus membaca artikel sampai akhir. Cara ini akan membantu artikel ini bisa masuk ke halaman pertama pencarian agar semakin banyak pengunjung yang membaca artikel sampai akhir.

8. Gunakan Struktur Penulisan yang Baik

Sebelum anda menulis artikel, disarankan untuk menyusun strukturnya dengan jelas terlebih dahulu. Selain untuk membantu anda dalam menulis, cara membuat artikel SEO friendly ini juga berguna untuk menghasilkan artikel yang berkualitas. Membuat struktur penulisan sama dengan membuat kerangka penulisan. Mulai dari pembuka, isi hingga penutup dengan memberikan sedikit deskripsi yang akan ditulis.

Dalam membuat struktur penulisan ini, pastikan anda juga sudah menentukan hal-hal apa saja yang akan dibahas, sudah menyediakan subjudul, jumlah paragraf atau kata, keyword, dan lain sebagainya. Tuliskan pula pokok pembahasan yang nantinya akan dijabarkan satu per satu ketika pembuatan artikel. Dengan begitu, artikel yang dihasilkan tidak akan mengecewakan dan sesuai harapan.

9. Paragraf Singkat

Selain memperhatikan panjang artikel, penting juga untuk membuat paragraf singkat. Melihat paragraf yang penuh dengan tulisan atau kata-kata pasti sangat membosankan. Untuk itu, disarankan membuat paragraf singkat yang terdiri dari maksimal 4 kalimat. Paragraf singkat ini juga menjadi salah satu cara untuk membuat pengunjung merasa betah berada di blog atau website anda.

Jadi, banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat artikel SEO friendly, mulai dari membuat artikel yang solutif hingga membuat paragraf singkat. Pada umumnya, setiap niche atau pemilik website pasti memiliki cara tersendiri untuk membuat artikel sesuai yang diharapkan. Namun, tidak ada salahnya jika cara membuat artikel SEO friendly di atas untuk dicoba.

error: Content is protected !!