Tips Membuat Toko Online

Cara membuat toko online bukanlah sesuatu yang sulit. Silahkan baca dan praktekkan panduan lengkap bagaimana cara membuat toko online sukses dan menghasilkan penjualan yang laris manis.

Dengan semakin banyaknya pengguna internet di Indonesia, yaitu 175 juta pengguna internet, menurut data dari Digital 2020 oleh Hootsuite pada Januari 2020 dengan kenaikan 17% dari setahun sebelumnya dan ditambah usia rata-rata penduduk Indonesia berada pada usia 29 tahun, pergeseran jual beli offline ke online menjadi semakin besar.

Di Indonesia sendiri, banyak platform yang bisa digunakan untuk berjualan secara online. Dari menggunakan sosial media seperti Instagram atau Facebook, menggunakan marketplace yang bervariasi di Indonesia hingga membuat website sendiri sebagai toko online-nya.

Cara Membuat Toko Online Sukses

Setiap platform mempunyai trik tersendiri agar penjualannya sukses. Berikut ini beberapa cara membuat toko online sukses di platform yang berbeda-beda :

1. Sosial Media

Dari berbagai macam platform yang bisa dipakai untuk berjualan online, menggunakan platform sosial media adalah yang paling mudah untuk memulai. Meskipun yang paling mudah, bukan berarti mudah untuk mendapatkan order di toko online-nya. Tetap harus dioptimasi, agar penjualan lancar.

Optimasi yang bisa dilakukan adalah :

1.a. Lakukan Penjualan dengan cara soft selling

Fungsi sosial media sendiri adalah untuk saling berbagi antar penggunanya, bukan berjualan. Oleh karena itu, berjualan di sosial media tidak bisa langsung tiap saat upload barang jualan. Tetapi harus dengan cara soft selling.

Di sosial media, penjual harus tetap berinteraksi seperti seorang pengguna sosial media lainnya. Bisa posting hal-hal yang menarik, sharing postingan sosial media lain yang sedang viral, berkomentar di posting teman sosial medianya, seperti halnya pengguna aktif sosial media lainnya.

Berinteraksi di sosial media sangat perlu karena bisa meningkatkan kepercayaan dari teman atau follower sosmednya. Di satu sisi, postingan jualan juga dianggap bukan spam, karena orang lain sudah terbiasa melihat interaksi penjual di sosmed.

Kerugian bila posting dianggap spam, teman atau follower di sosial media akan unfollow akun sosial media penjual, padahal pembeli toko online di sosmed tanpa iklan adalah follower akun sosmed penjual.

Jadi bisa diatur, misalnya 3 hari sekali posting jualan, di hari lainnya berinteraksi seperti pengguna sosmed yang lain. Dan jangan tag follower sosmed di postingan jualan, karena hal tersebut dianggap sangat spammy.

1.b. Bergabung dengan grup-grup di sosmed

Di sosial media, selalu ada grup-grup yang mengumpulkan pengguna sosmed. Bergabung dengan grup-grup sosmed, bisa meningkatkan penjualan toko online.

Tetapi sama dengan aturan sosmed pada umumnya, harus mengikuti aturan grup yang sudah disepakati bersama. Tidak boleh asal posting jualan. Efeknya postingan bisa dihapus oleh admin grup atau malah dikeluarkan dari grup.

1.c. Buat Logo dan Banner

Meskipun tidak mempunyai website toko, tetap buat kredibilitas tokonya agar lebih dipercaya pembeli. Membuat logo toko untuk dicantumkan di profile Fanpage, Instagram dan Whatsapp memberi kepercayaan pembeli. Di Fanpage sebaiknya juga dibuat banner sesuai tokonya.

Untuk membuat logo tidak sulit dan tidak mahal. Bisa membuat logo dengan gratis di aplikasi pembuat logo keren Canva.

2. Marketplace

Di Indonesia, banyak sekali marketplace yang bisa digunakan sebagai platform toko online gratis. Setiap marketplace mempunyai aturan dan cara sendiri-sendiri. Penjual online dapat memilih, menggunakan marketplace yang mana sebagai tempat jualannya. Ada juga yang menggunakan 5 besar marketplace di Indonesia. Artinya si penjual online mempunyai toko di 5 platform marketplace yang berbeda.

Untuk marketplace mana yang mempunyai trafik pengunjung terbanyak, statistik dari website Statista ini bisa dijadikan referensi :

Cara Membuat Toko Online Sukses-2

Beberapa cara membuat toko online di marketplace sukses :

2.a. Login di Akun Seller setiap hari

Yang terpenting saat berjualan di platform marketplace manapun, pastikan setiap hari login di akun marketplace-nya. Karena bila tidak pernah login ke akun sellernya, toko dianggap tidak aktif oleh marketplace.

2.b. Riset judul produk yang dijual

Setiap produk di marketplace harus diberi judul. Untuk judul dan deskripsi, riset keyword penting dilakukan untuk mencari keyword yang mempunyai trafik banyak tetapi kompetitor lebih sedikit. Karena pengunjung mencari barang, dengan cara menulis keyword (kata kunci) di pencarian marketplace.

2.c. Lakukan aktivitas setiap hari

Apabila mempunyai 100 macam produk, upload setiap hari, tidak upload 100 sekaligus dalam 1 hari. Edit deskripsi produk atau tambah gambar. Gunakan fungsi gratis yang ada di setiap marketplace sebaik-baiknya. Misalnya di Shopee ada fungsi follow dan promo gratis, gunakan fungsi ini sebaik-baiknya.

Dengan adanya aktivitas setiap hari pada akun seller, kemungkinan produk berada di atas saat pencarian sangat besar. Pembeli biasanya hanya melihat-lihat produk yang muncul saat pencarian, hanya yang berada di bagian atas pencarian.

3. Website

Dibandingkan dengan 2 cara berjualan toko online di atas, berjualan melalui website sendiri adalah yang paling sulit. Membuat website sendiri tidak terlalu sulit, banyak tutorial cara membuat website. Tetapi yang lebih sulit adalah cara mendatangkan trafik ke website.

Untuk mendatangkan trafik bisa dilakukan dengan 2 cara, Search Engine Optimization (SEO) atau melalui iklan. SEO adalah cara optimasi website agar website bisa berada di halaman 1 mesin pencarian, terutama Google.

Sedangkan untuk iklan, bisa menggunakan 2 jalur iklan yang sangat populer, yaitu melalui iklan Google ads. Baik iklan search engine maupun iklan Google Display Network. Iklan lainnya melalui sosial media yang trafiknya diarahkan ke website.

SEO membutuhkan waktu sekitar 6-12 bulan dan juga biaya optimasinya yang bervariasi. Jika yang ditargetkan adalah kata kunci persaingan rendah maka biayanya cukup 10 – 20 juta per kata kunci. Namun jika kata kunci yang ditargetkan adalah persaingan menengah atau persaingan berat maka harus siap dengan biaya 100 – 200 juta per kata kunci.

Sedangkan iklan di Facebook Ads maupun di Google Ads bisa dimulai dengan anggaran harian 100 – 200 ribu per hari. Semakin besar anggaran beriklan maka akan semakin banyak calon pelanggan yang didapatkan.

Bila ilmu dan modal sudah dipunyai, membuat toko di website, bisa mendapatkan hasil yang cukup besar.

Demikianlah tips & cara membuat toko online sukses yang dapat anda terapkan. Jika anda menyukai artikel ini, silahkan bagikan ke sosial media anda. Sehingga semakin banyak orang yang mendapatkan manfaat dari sosial media anda. Bagikan sekarang!

error: Content is protected !!