Cara Membuat Website dari Nol

Mempelajari cara membuat website dari nol itu penting untuk pemula karena akan sangat berguna jika ingin lebih produktif di dunia internet. Bukan hanya menghabiskan waktu dan kuota setiap bulannya untuk mencari informasi secara online, tetapi kegiatan berselancar di internet justru mendatangkan keuntungan dari segi finansial. 

Di era digital seperti sekarang ini mencari uang melalui internet tidaklah sulit. Menjadi pebisnis online, blogger, youtuber, selebgram dan sebagainya saat ini banyak ditekuni kawula muda. Karena terbukti mampu menambah pundi rupiah dengan nilai fantastis. Dengan pekerjaan yang cukup mudah tidak terikat dan sesuai hobi. 

Jika anda saat ini masih mengandalkan sosial media untuk berbisnis, anda harus mulai mencoba cara membuat website sendiri agar lebih eksis dan professional. Penghasilan dari website lebih besar. Lebih mudah melakukan invasi bisnis. Lebih banyak konsumen yang bisa dijaring dengan memaksimalkan halaman yang dikelola. 

Produk yang anda pasarkan melalui website pribadi akan lebih dipercaya. Masyarakat umum lebih mudah menemukan produk yang dicari hanya dengan menuliskan keyword melalui mesin pencari. Produk tidak hanya laku di pasaran dalam negeri tapi juga mancanegara. Berikut adalah cara membuat website dari nol yang mudah. 

1. Tentukan Tujuan Utama Pembuatan Website

Cara membuat website yang pertama adalah menentukan tujuan. Apakah untuk bisnis pribadi, website resmi perusahaan, untuk menuliskan pengalaman pribadi seperti halnya blog, sharing tips kesehatan dan sebagainya. Lebih mudah menentukan fitur apa saja yang harus dibuat sehingga memudahkan penggunaan dalam pengisian konten di dalamnya. 

Membuat website untuk tujuan bisnis, anda akan memerlukan fitur jual beli yang mudah dijalankan. Di halaman utama harus berisi profil perusahaan yang jelas. Alamat, nomor telepon, foto produk sebagai sampel harus nampak jelas sehingga tampak professional. Yang paling penting adalah katalog online produk. 

Untuk blog pribadi, berikan informasi lengkap mengenai isi website dari tagline singkat. Agar orang yang membuka website penasaran dengan informasi lengkap yang merupakan isi dari masing-masing konten. Membagikan pengalaman traveling misalnya, berikan sedikit bocoran isi melalui foto tempat wisata dan judul. Sehingga orang akan mudah tertarik. 

Bagi ibu rumah tangga yang ingin membagikan pengalaman memasak dan resep pribadi, bisa juga mempelajari cara membangun website dari nol. Lebih mudah berekspresi melalui tulisan dan foto masakan. Sekaligus memberikan informasi dan tips bermanfaat. Tampilan website bisa dibuat sederhana yang penting mewakili tema dari tulisan.

2. Ciptakan Karakteristik Tersendiri

Cara membuat website selanjutnya adalah menentukan tema website. Sesuai tujuan pembuatan yang sudah ditentukan, tema dan desain website bisa disesuaikan. Apakah ingin menonjolkan warna tegas yang elegan atau warna soft segar. Bisa juga mendesain warna sesuai kesukaan yang mencerminkan ciri khas pemilik halaman.

Sebagai contoh, anda membuat website untuk memasarkan produk makanan ringan kekinian. Bisa menggunakan latar putih, karena nantinya akan banyak foto produkmu yang dicantumkan dalam halaman utama. Sehingga tampilannya kontras, gambar produk lebih jelas. Selain itu lebih simple dalam memilih warna tulisan karena lebih mudah dilihat.

Bisa juga memilih warna soft yang segar sesuai jenis makanan yang dijual. Menjual pudding atau kue tart misalnya, anda bisa menggunakan warna cerah dan muda. Dari halaman website sudah bisa diketahui bahwa produk yang dijual memiliki rasa manis dan warna menarik. Lebih mudah menarik perhatian.

Jika belum memiliki ide desain website, bisa mencontoh website serupa yang sudah ada. Tentunya tidak sama persis tetapi dengan modifikasi sendiri agar menarik. Meskipun pada kenyataannya banyak website yang menggunakan tema hampir sama untuk produk serupa. Namun cara membuat websitenya pasti bervariatif.

Tidak ada yang bagus dan buruk untuk kategori karakteristik website. Masing-masing memiliki keunikan sendiri yang ingin ditonjolkan. Jadi tidak perlu merasa minder dengan website serupa yang sudah ada. Fokus saja memaksimalkan kualitas website sehingga fungsi dari halaman website bisa dijalankan dengan baik. 

3. Belajar Bahasa Pemrograman

Cara membuat website selanjutnya adalah dengan mempelajari bahasa pemrograman. Bagi anda yang masih awam dalam hal ini bisa belajar langsung dengan yang sudah berpengalaman. Ada buku-buku pemrograman yang bisa dipelajari secara mandiri. Anda juga bisa mempelajarinya melalui internet karena sudah banyak e-book gratis.

Ada beberapa bahasa pemrograman yang umum digunakan seperti javascript, Python, PHP dan sebagainya. Bahasa pemrograman penting dikuasai agar website yang sudah anda bangun dapat dijalankan. Tujuan yang ingin dicapai dari cara membuat website dari nol bisa lebih maksimal. Sehingga website bisa benar-benar menghasilkan bagi pemiliknya. 

Sebagian besar website menggunakan PHP di sisi server dan javascript di sisi client. Hal semacam ini juga perlu dipelajari sehingga lebih mudah memahami bagaimana jalannya website yang dimiliki. Mempelajari cara membuat website dari nol memang tidak mudah, perlu meluangkan waktu. Tetapi hasilnya akan sangat berguna.

Kesulitan mempelajari bahasa pemrograman secara mandiri, anda bisa mengambil kursus khusus. Cara membuat website dari nol ini termasuk investasi awal dengan membayar mentor tetapi hasil yang didapat jangka panjang sangat menguntungkan. Selain itu maintenance website bisa dilakukan sendiri tanpa mengganggu aktifitas bisnis. 

4. Pakai HTML dan CSS

Pakai HTML dan CSS adalah cara membuat website dari nol yang wajib diketahui. HTML pastinya sudah sangat familiar bagi pengguna internet tetapi tidak semuanya paham. Pada dasarnya HTML adalah bahasa markah yang digunakan untuk menjalankan website. Memungkinkan anda untuk menyusun heading, paragraf, link dan sebagainya. 

Memahami HTML adalah bagian dari cara membuat website dari nol. Biasanya kita membaca file dengan akhiran html. Dengan mengklik tautan tersebut, pengguna internet akan diarahkan langsung ke halaman website dan membaca isi file sendiri. Pengetahuan seperti ini penting bagi anda yang akan membangun website berkelas. 

CSS juga perlu dipelajari sebagai bagian dari cara membuat website dari nol bagi pemula. CSS dan HTML perlu digunakan bersama sehingga tampilan file atau halaman website lebih maksimal tidak hanya putih ketika sedang loading. CSS mempermudah kerja user meminimalisir kekurangan tampilan website dan memperbaiki error.

Memahami CSS mempermudah anda mempelajari cara membuat website dari nol selanjutnya. Struktur dari CSS terbilang mudah jadi bisa diaplikasikan oleh siapa saja yang sedang belajar membuat website. Memahami CSS akan membuat user leluasa mengotak-atik tampilan website. Ketika bosan dengan satu tampilan bisa mengubahnya dengan mudah. 

5. Cari Tahu Tools Development Website

Cara membuat website dari nol yang tak kalah penting adalah mencari tahu tool development website. Text editor adalah salah satu tools pengembangan website yang penting. Memungkinkan user membuat dan memperbaiki tulisan sama halnya notepad dan Microsoft word. Tetapi text editor digunakan untuk menulis bahasa pemrograman. 

Text editor bisa digunakan untuk membuat, mengubah file text yang ada meskipun sebenarnya aplikasi ini dibuat untuk memudahkan pemrograman. Text editor bisa digunakan untuk mencari kata pada file atau folder, mengurutkan data dan membandingkan file. Contoh text editor adalah notepad++, Sublime-text, Atom, Vim dan Brackets.

Web browser juga salah satu tools yang harus dipelajari oleh pemula sebagai bagian cara membuat website dari nol. Web browser berfungsi untuk memastikan semua modul bisa digunakan, membersihkan cache tidak terpakai yang seringkali membuat kinerja website lambat. Serta memastikan keamanan HTTP yang dikirim oleh browser. 

HTTP sendiri tentunya tidak asing bagi anda pengguna aktif internet. Software yang membuat website bisa dijalankan di laptop atau komputer anda. Sering kita baca pada alamat website ketika kita mencari informasi melalui internet. Cukup banyak yang harus dikuasai dalam cara membuat website dari nol. 

6. Pakai LAMPP dan XAMPP

Cara membuat website dari nol yang bisa dicoba lainnya adalah memanfaatkan XAMPP dan LAMPP. Meskipun anda bukan programmer atau developer website, tetapi tidak ada salahnya menguasai istilah seperti ini. Anda akan menjadi handal dalam mengelola website pribadi. Tidak perlu membayar teknisi jika terjadi kendala website. 

XAMPP digunakan pada windows sedangkan LAMPP digunakan pada linux. Keduanya adalah software yang dapat menampilkan konten website kepada pengunjung dan memeriksa kinerja fitur. XAMPP digunakan untuk melihat tampilan website sebelum dibuat online dengan web hosting. Sehingga anda bisa mengevaluasi desain website yang sudah anda bangun.

XAMPP dan LAMPP bisa dengan mudah diinstal di laptop atau PC pribadi. File software ini bisa diunduh secara mandiri melalui internet. Kemudian tinggal mengikuti instruksi yang sudah ada. Bagi anda yang biasa mendownload file, tentu cara membuat website dari nol dengan cara ini sudah familiar. 

Jika masih merasa kesulitan dalam menginstal software secara mandiri, anda bisa mempelajarinya melalui tutorial yang ada di youtube. Ikuti langkah-langkah mudahnya secara teratur agar hasilnya sesuai. Banyak cara membuat website dari nol yang dibagikan melalui video tutorial youtube. Semakin mudahnya belajar dengan waktu yang fleksibel.

7. Manfaatkan Domain dan Hosting

Mempelajari cara membuat website dari nol anda harus familiar dengan domain dan hosting. Domain adalah alamat sebuah website sedangkan hosting adalah lokasi penyimpanan file. Tanpa keduanya website dan internet tidak dapat dijalankan. Membuat website anda wajib tahu pengetahuan dasar ini agar paham cara kerja internet. 

Lebih mudahnya domain dicirikan dengan akhiran com, net, org, edu, gov, mil, info dan sebagainya yang merupakan top level domain. Dari alamat domain orang akan paham jenis website yang diakses. Misalnya com untuk tujuan komersil, gov untuk website pemerintahan, mil untuk website kemiliteran dan sebagainya. 

Hosting sebagai penyimpan database, email dan file berhubungan dengan kapasitas atau space penyimpanan biasa kita kenal dengan megabytes, gigabytes dan seterusnya. Bandwidth atau besarnya kuota setiap bulannya, jumlah database dan akun email yang bisa dibuat. Juga berhubungan dengan add-on domain, banyaknya domain yang bisa ditambahkan.

Cukup sederhana bukan kedua istilah ini sebagai pengetahuan dasar cara membuat website dari nol yang perlu dikuasai. Karena sering kita jumpai dalam aktivitas berselancar di internet setiap hari. Hanya tidak dipahami secara mendalam karena dianggap tidak penting, cukup tahu saja.

Setelah mempelajari semua cara di atas, saatnya mempraktekkan pembuatan website. Tidak ada salahnya melakukan trial dan error. Anda akan semakin handal dalam mengoprek setiap fitur website yang anda bangun. Dengan pengetahuan dasar ini cara membuat website dari nol akan mudah diaplikasikan. 

error: Content is protected !!