Cara Membuat Website di WordPress Anti Ribet

Tak dapat dipungkiri bahwa saat ini website memiliki pengaruh yang sangat penting dalam berbagai bidang usaha. Hal ini juga lah yang membuat banyak orang ingin belajar cara membuat website di WordPress.

Pada umumnya perusahaan besar maupun kecil telah memiliki website sendiri. Apalagi dengan kemajuan teknologi yang serba internet ini, website sangat penting dimiliki oleh seluruh lini usaha. Dengan adanya website maka para pelanggan akan dengan mudah menemukan informasi terkait produk yang dibutuhkan, dan mudah juga mempromosikan berbagai produk yang dimiliki. 

Jika ada perusahaan yang belum mempunyai website maka bisa menggunakan jasa pembuatan website untuk mendesign web yang diinginkan. Sehingga profil bisnis perusahaan akan semakin dikenal di dunia internet.

Cara bikin website sendiri saat ini sangatlah mudah dilakukan. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan WordPress sebagai platformnya. WordPress saat ini menjadi sistem manajemen konten yang paling banyak digunakan di dunia.

Tutorial dan info info penting tentang wordpress pun sudah banyak bertebaran di Internet. pada artikel kali ini kami akan memberikan sedikit tips buat kamu tentang cara membuat website pribadi atau juga cara membuat website bisnis menggunakan WordPress. 

Sekilas Tentang WordPress

Secara sederhananya dapat dikatakan bahwa WordPress merupakan aplikasi sumber terbuka. Maksudnya aplikasi sumber terbuka adalah aplikasi tersebut dapat dimodifikasi oleh siapapun baik termasuk pengguna wordpress tersebut.

Jadi kamu nantinya bisa memodifikasi seluruh hal dalam wordpress sesuai dengan kebutuhan kamu.  Pada WordPress sendiri bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL digunakan sebagai fondasi dasarnya. Hal ini lah yang memungkinkan wordpress dapat digunakan sebagai blog dan juga dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan. 

Oleh karena itu, kamu perlu mempelajari bagaimana cara membuat blog, cara membuat alamat blog, dan cara membuat blog wordpress.

Lebih dari 75 juta situs web saat ini dibuat menggunakan WordPress. Hal ini menjadi bukti bahwa WordPress merupakan platform terbaik untuk membuat website. Jika kamu ingin membuat website dengan PHP, menggunakan wordpress merupakan cara yang paling tepat. Cara membuat website sederhana melalui WordPress sangat mudah.

Walaupun kamu buta sama sekali dengan bahasa pemrograman, kamu tetap bisa membuat website. Karena WordPress tidak memerlukan pemahaman kamu tentang bahasa pemrograman. 

WordPress.com & WordPress.org

Sebelum kamu pelajari cara membuat website di WordPress, kamu harus pahami terlebih dahulu bahwa WordPress terdiri dari dua bentuk, yakni WordPress.com dan juga wordpress.org. Salah satu perbedaan yang paling jelas antara keduanya adalah, yang satu dapat kamu gunakan secara gratis, dan yang satunya lagi hanya bisa kamu gunakan lewat berbayar. 

WordPress.com merupakan platform yang gratis. Namun WordPress yang satu ini memiliki banyak sekali keterbatasan. Salah satunya kamu hanya bisa membuat website blog di WordPress.com. Untuk website lain seperti bisnis dan yang lainya tidak bisa dibuat melalui WordPress.com.

Selain itu pilihan tema dan akses modifikasinya juga sangat terbatas.  WordPress.com hanya cocok digunakan untuk kepentingan pribadi saja, bukan kepentingan bisnis atau yang lainnya. Jika kamu sedang ingin belajar cara bikin blog pribadi, WordPress.com merupakan pilihan yang sangat tepat. 

Untuk wordpress.org sendiri dapat dikatakan sebagai versi premium dari WordPress. WordPress.org sistemnya berbayar. Tetapi walaupun berbayar, harga yang harus kamu bayarkan relatif sangat murah. Keuntungan menggunakan wordpress.org adalah akses yang kamu dapatkan tentunya semakin banyak.

Kamu bisa membuat berbagai jenis situs melalui wordpres.org, seperti situs bisnis, toko online, situs amal, dan yang lainnya. Kamu juga akan mendapatkan berbagai tema menarik sehingga kamu bisa merubah tampilan website kamu sesuai dengan kebutuhan kamu. Jika kamu ingin belajar cara membuat website toko online atau belajar cara membuat website online shop, menggunakan wordpress.org merupakan pilihan paling tepat. 

Cara Membuat Website di WordPress

Cara membuat website di WordPress itu sebenarnya sangat mudah. Setidaknya terdapat delapan langkah yang perlu kamu lakukan dalam membuat website. Delapan langkah tersebut adalah sebagai berikut.

1. Instal WordPress

Langkah pertama tentu saja kamu harus menginstal WordPress terlebih dahulu. Untuk dapat menginstal WordPress secara otomatis, kamu bisa menggunakan softaculous dari control panel. Sebaiknya kamu menggunakan software yang asli agar lebih aman dan kualitasnya terpercaya.

Kamu cukup menjalankan domain web yang sudah kamu beli, kemudian lakukan penginstalan WordPress secara otomatis. Sebelum WordPress terinstal kamu terlebih dahulu harus mengisi data terkait website kamu, mulai dari nama domain, judul website, deskripsi website, username, dan juga password untuk wordpress kamu. Setelah semua data terisi, wordpress dapat diinstal dengan mudah dan siap dijalankan. 

2. Kelola Dashboard

Jika WordPress sudah terinstal dan bisa dijalankan, maka kamu perlu mengelola dashboard wordpress kamu. Mengelola dashboard sangat penting dilakukan agar nantinya kamu bisa mudah melakukan banyak hal, seperti mengganti tema, menambah halaman, menambah plugin, atau juga menerbitkan artikel. 

Untuk mengelola dashboard, kamu cukup menambahkan ‘wp-admin’ pada domain yang sudah kamu buat sebelumnya. Jika misalnya nama domain yang kamu buat ‘www.budibelajar.com’ maka tinggal tambahkan ‘wp-admin’ di belakangnya, jadinya ‘www.budibelajar.com/wp-admin’. Nanti akan muncul jendela yang meminta username dan password wordpress kamu.  

Kamu tinggal memasukkan username dan password kamu sebelumnya lalu akan muncul 3 jendela yang menandakan bahwa dashboard wordpress telah sukses dibuka. 3 jendela tersebut terdiri dari toolbar, menu navigasi, dan juga area kerja. Nantinya pada bagian dashboard lah kamu bisa mengatur wordpress kamu sesuai dengan kebutuhan kamu. 

3. Instal Tema

Jika kedua langkah di atas sudah sukses kamu lakukan, kamu kini bisa menginstal tema pada wordpress kamu sehingga tampilannya jadi lebih menarik. Cara instal tema cukup mudah. Kamu tinggal masuk ke menu dashboard, lalu pilih menu navigasi Appearance. Kamu bisa menggunakan tema yang terdapat pada wordpress atau juga menggunakan tema dari website lain. Kamu bisa membuat web dengan html atau juga membuat website dengan php melalui wordpress.org tersebut. 

4. Instal Plugin

Jika kamu telah membuat tema website kamu dengan menarik, maka kamu juga perlu menginstal plugin pada wordpress kamu. Plugin diperlukan untuk meningkatkan kinerja WordPress tersebut. Pada WordPress terdapat banyak plugin yang bisa kamu gunakan.

Tetapi beberapa plugin berikut wajib kamu instal agar WordPress kamu memiliki kinerja yang baik. Plugin tersebut seperti Google XML Sitemaps, Yoast SEO, Contact Form 7, dan yang lainnya. Plugin tersebut akan membuat mesin pencari Google dapat dengan mudah menemukan website kamu. 

5. Posting Tulisan

Jika wordpress kamu sudah memiliki tampilan yang menarik, dan sesuai dengan yang kamu inginkan, maka kamu tinggal memposting tulisan kamu pada website tersebut.

Cara memposting tulisan sebenarnya sangat mudah. Kamu tinggal klik menu Add New yang letaknya berada di bawah Post. Nantinya akan muncul editor blog post tempat kamu mengedit postingan tersebut. Kamu tinggal memasukkan judul postingannya beserta tulisan yang ingin kamu posting, lalu kamu pun bisa segera mempostingnya.

Sebelum memposting usahakan selalu membuat kategori tulisan terlebih dahulu dan juga sertakan gambar yang menarik. Hal ini akan membuat postingan kamu lebih mudah ditemukan oleh pembaca. Itu lah beberapa cara membuat website di WordPress.

error: Content is protected !!