4 Cara Membuat Website Menggunakan WordPress

Cara membuat website menggunakan wordpress sangatlah mudah. Siapa yang tidak mengenal WordPress? Pada umumnya, WordPress ini dikenal sebagai salah satu software yang digunakan untuk membuat website. Dalam arti sebenarnya, WordPress adalah salah satu CMS (Content Management System) yang sangat terkenal di dunia. WordPress ini merupakan CMS yang memiliki sifat open source.

WordPress ini adalah CMS yang paling sering digunakan karena penggunaannya yang sangat mudah dan sederhana. Oleh karena itu, bagi para pemula yang akan membuat website, maka pilihlah WordPress karena sangat membantu. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. WordPress ini memberikan anda kemudahan dalam membuat sebuah website. Bagi anda yang masih bingung, di dalam artikel ini akan membahas mengenai cara membuat website menggunakan WordPress.

Dibawah ini ada 4 cara mudah yang bisa Anda coba. Yuk simak!

1. Kunjungi situs www.WordPress.com

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengunjungi situs www.WordPress.com. Setelah itu, akan muncul kolom nama blog yang bisa anda isi sesuai keinginan.Nama blog ini hanya dapat digunakan untuk 1 pengguna saja. Oleh karena itu, gunakanlah nama blog yang unik dan berbeda dari yang lainnya. Jika sudah yakin dengan nama blog, barulah anda dapat lanjut ke proses berikutnya dengan menekan tombol “Buat Situs Web”.

2. Isi dan lengkapi kolom form

Setelah itu, cara membuat website menggunakan WordPress yang selanjutnya adalah pada layar anda akan muncul kolom-kolom form yang harus diisi. Kolom form tersebut meliputi informasi-informasi penting seperti Alamat Surel (Email), Nama Pengguna, Kata Sandi, dan Alamat Blog. Untuk semua kolom wajib anda isi sesuai dengan data yang sebenarnya. Pada form alamat Blog ini berbeda dengan kolom yang lainnya.

Apabila nama blog yang sudah anda masukkan sebelumnya bertanda centang hijau, itu artinya nama blog anda telah diterima dan disetujui oleh WordPress. Namun sebaliknya, jika nama blog anda bertanda silang merah, maka artinya anda harus mencari nama yang lain. Jika semua kolom sudah terisi dengan benar, maka tekan tombol “Buat Blog” yang berada di bagian paling bawah halaman web.

3. Sesuaikan judul dan tema blog

Cara yang berikutnya adalah penyesuaian judul dan tema blog. Langkah pertama, anda harus memasukkan Judul Blog yang sudah direncanakan, Slogan (opsional), dan pilih Bahasa yang akan digunakan. Kemudian, langkah berikutnya adalah memilih tema blog yang sesuai dengan isi website. Pilihlah tema yang menarik dan juga cocok dengan isi website anda nantinya. Setelah itu, hubungkan website anda ke berbagai sosial media (jika ada) seperti Instagram, Facebook, dan Twitter.

4. Konfirmasi Email

Sebelum website dibuat, anda perlu mengecek kotak masuk terlebih dahulu pada email untuk melakukan registrasi. Registrasi yang dimaksud adalah anda harus melakukan verifikasi email termasuk kedalam cara membuat website WordPress. Hal ini bertujuan agar website anda aktif dan dapat digunakan dengan baik. Selain itu, website anda juga terjamin keamanannya.

Jadi, itulah 4 cara membuat website menggunakan WordPress. Cara ini tentunya sangat mudah untuk anda coba. Selain mudah, membuat website dengan WordPress ini tidak dipungut biaya. Meskipun gratis, namun tetap ada batasan penyimpanannya. Untuk menambah kapasitas penyimpanan, anda perlu membayarnya untuk upgrade.

error: Content is protected !!