Cara Membuat Website Penjualan : WordPress.org & WordPress.com

Pada umumnya, cara membuat website penjualan yang mudah dan sederhana adalah dengan memanfaatkan WordPress. Dikarenakan sangat sederhana, oleh karena itu anda hanya memerlukan waktu sebanyak 5 menit saja untuk membuat website baru.

Selain itu, alasan lain WordPress banyak digunakan adalah memiliki banyak tema sehingga anda dapat mengubah tampilan website kapan saja. Pada dasarnya, WordPress ini dikenal dengan 2 istilah, yaitu WordPress.org dan WordPress.com. Hingga saat ini, masih banyak sekali yang belum bisa membedakan antara 2 istilah tersebut. Inilah maksud dan perbedaan antara kedua istilah WordPress tersebut.

WorPress.org

WordPress.org adalah suatu software CMS (Content Management System) yang diciptakan pada tahun 2003 dan bertujuan untuk membantu anda dalam membuat sebuah website. Kebanyakan orang menggunakan cara membuat website penjualan dengan menggunakan WordPress.org.

CMS yang satu ini memang sangat sederhana sekali sehingga sudah lebih dari 25% website yang ada di internet ini dibuat dengan menggunakan WordPress. CMS yang digunakan oleh WordPress.org ini bersifat open source. WordPress.org ini sering dikenal dengan sebutan ”self-hosted” atau yang artinya adalah para pengguna dapat mengatur domain dan hosting yang website secara mandiri dan tentunya sesuai dengan keinginan.

Kelebihan WordPress.org

Kelebihan utama dari WordPress.org adalah sebagai pemegang penuh website yang anda buat. Selain itu, banyak perusahaan besar yang menggunakan WordPress.org karena para pengguna dapat memasukkan dan memilih iklan yang sesuai dengan keinginan. Iklan-iklan tersebut akan dimasukkan ke dalam website tanpa harus memberikan sebagian pendapatan iklan ke WordPress.

Tidak hanya bebas dalam beriklan, para pengguna juga dapat mengunduh dan menggunakan tema yang sudah tersedia di WordPress.org tanpa adanya batasan. Selain itu, desain tema yang ada di WordPress.org ini gratis, tidak dipungut biaya.

WordPress.com

Jika WordPress.org adalah sebuah software atau perangkat lunak, hal ini tentunya berbeda jauh dengan WordPress.com. Arti dari WordPress.com adalah sebuah jasa pelayanan hosting WordPress yang diciptakan oleh Matt Mullenweg. WordPress.com ini akan membantu anda dalam segala kebutuhan hosting pada website. Hal ini dikarenakan, WordPress.com memiliki fungsi untuk menghosting website anda ke server WordPress.

Kelebihan WordPress.com

WordPres.com ini memiliki banyak sekali kelebihannya seperti para pengguna tidak perlu mempelajari atau memahami bahasa pemrograman. Hal ini dikarenakan cara membuat website WordPress ini sangat mudah. Anda hanya perlu mengikuti dan mengisi setiap langkahnya untuk membuat website.

Selain itu, WordPress.com ini tersedia secara gratis sehingga anda tidak perlu menyiapkan biaya. Namun, WordPress.com yang tidak dipungut biaya ini memiliki kapasitas penyimpanan yang terbatas. Untuk meningkatkan kapasitasnya, ada 4 plan yang bisa anda gunakan mulai dari Personal, Premium, Premium, Business, dan VIP. Setiap plan memiliki harga dan jumlah kapasitas yang berbeda-beda.

Itulah 2 istilah yang sering dianggap sama bagi orang-orang yang menggunakan cara membuat website penjualan dengan WordPress. Semoga setelah membaca artikel ini anda dapat memahami perbedaan antara WordPress.org dan WordPress.com

error: Content is protected !!