Cara Membuat Website Untuk Jualan Dengan CMS atau Manual

Cara membuat website untuk jualan sangatlah gampang. Memiliki usaha sendiri memanglah suatu kebanggaan tersendiri, khususnya bagi para pemuda. Untuk memulai usaha baru memanglah tidak mudah. Namun, saat ini teknologi sudah semakin maju dan berkembang sehingga dapat memudahkan anda dalam segala hal. Ketika akan membuka usaha, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan dan salah satunya adalah pemasaran.

Anda harus bisa memasarkan produk atau jasa kepada umum. Untuk dapat menjangkau publik dengan mudah, ada beberapa cara yang dapat digunakan seperti dengan sosial media. Sayangnya, tidak semua masyarakat memiliki sosial media yang padahal saat ini sudah sangat viral.

Anda tidak perlu khawatir, karena masih ada cara lainnya yaitu dengan menggunakan website. Masyarakat dapat mengakses website tanpa harus memiliki akun sosial media. Oleh karena itu, website juga sangat penting untuk meningkatkan pemasaran usaha anda.

Pada umumnya, ada 2 metode yang bisa anda gunakan dalam pembuatan website yaitu dengan Content Management System (CMS) atau secara manual. Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai cara membuat website untuk jualan dengan kedua metode tersebut. Namun sebelumnya, dibawah ini akan membahas lebih lengkap tentang manfaat dari penggunaan website untuk jualan.

Manfaat Website

1. Website ini memiliki banyak sekali manfaatnya, yaitu:

2. Hemat biaya dan waktu

3. Mudah diakses dimana saja dan kapan saja

4. Meningkatkan kualitas usaha, mulai dari level rendah hingga ke tinggi

5. Informasi yang ada di dalam website lebih lengkap (adanya katalog) dan selalu up to date

6. Jangkauan target pasar lebih luas daripada dengan sosial media

7. Menyediakan pelayanan ramah kepada pelanggan setiap saat bahkan hingga 24 jam

CMS (Content Management System)

Penggunaan CMS dalam membuat website ini memang tidak perlu diragukan lagi. Hal ini dikarenakan pembuatan website dengan CMS ini lebih mudah dan juga tidak terlalu rumit. Oleh karena itu, banyak sekali yang lebih memilih memanfaatkan CMS untuk membuat website jualan mereka. Berikut ini adalah contoh cara membuat website WordPress.

1. Mengunjungi website resmi WordPress (www.WordPress.com)

2. Masukkan nama blog yang sesuai dengan keinginan. Usahakan nama blog unik sehingga tidak sama dengan pengguna lainnya.

3. Lengkapilah form yang sesuai dan pastikan semuanya terisi tanpa ada satu kolom pun yang terlewat.

4. Apabila nama blog anda diterima oleh WordPress, maka pada kolom “Alamat Blog” akan muncul nama blog dengan tanda centang hijau. Sebaliknya, nama blog anda akan ditandai dengan silang merah jika ditolak oleh WordPress. Hal ini dapat disebabkan karena nama tersebut sudah pernah digunakan oleh orang lain.

5. Berilah judul website yang menarik dan pilihlah tema blog yang sesuai.

6. Kaitkan website dengan sosial media untuk meningkatkan pemasaran.

7. Verifikasi dengan akun email agar keamanannya terjaga.

Manual (mulai dari awal)

Cara membuat website untuk jualan yang kedua adalah dengan cara manual. Untuk membuat website secara manual memang cukup rumit dan menghabiskan waktu yang lama. Hal ini dikarenakan pembuatan website dengan cara ini membutuhkan keahlian seorang programmer seperti pemahaman tentang HTML, Javascript, Python, PHP, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Anda juga harus memahami domain hosting dan website security. Meskipun begitu, Anda juga tetap mencoba membuat website dari awal.

2 cara membuat website untuk jualan di atas memang sangatlah berbeda. Masing-masing tetaplah memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi, cara manakah yang ingin anda gunakan?

error: Content is protected !!