cara memulai bisnis online dari nol

Tips Membangun Bisnis Online

Banyak generasi millenial yang sukses membangun bisnis secara online. Bagaimanakah awal mula mereka membangun bisnis online tersebut? Bacalah cara memulai bisnis online secara lengkap di bawah ini:

1. Fokus Pada Market

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh seorang entrepreneur adalah fokus pada apa yang dibutuhkan oleh pasar. Apa maksudnya? Maksudnya adalah mulailah sebuah bisnis dengan melakukan riset terlebih dahulu. Cermatilah apa yang dibutuhkan oleh masyarakat saat ini dan anda berusaha untuk hadir memberikan solusi kepada masyarakat.

Sebagai contoh misalnya jika anda tinggal di jakarta dan ingin mengetahui apakah bisnis sewa mobil itu banyak yang membutuhkan atau tidak, maka anda bisa mengeceknya di google keyword planner. Berikut hasil pengecekannya:

data-pencarian-sewa-mobil-jakarta-dari-google

Dari data google tersebut terlihat jelas bahwa jumlah pencarian sewa mobil di jakarta berkisar antara 60K – 80K, yang berarti ada sekitar 60.000-80.000 orang yang membutuhkan penyewaan mobil setiap bulannya. Maka jika anda membuka usaha penyewaan mobil di Jakarta harus siap-siap kebanjiran orderan.

2. Bangun Website Anda

Setelah anda mengetahui bahwa bisnis penyewaan mobil mempunyai tingkat permintaan yang sangat tinggi, maka langkah selanjutnya adalah membuat website. Mengapa harus mempunyai website? Karena dengan adanya website maka bisnis anda akan lebih mudah dikenal oleh para pengguna internet di Indonesia bahkan dunia. Ini merupakah cara memulai bisnis online yang cukup efektif untuk membangun branding melalui internet. Anda bisa mempercayakan pembuatan website kepada jasa pembuatan website profesional untuk mempercepat langkah anda.

3. Mempromosikan Website Di Google

Setelah memiliki sebuah website maka langkah selanjutnya adalah mempromosikan website tersebut di Google. Gunakan layanan jasa adwords terpercaya untuk mengiklankan web anda di Google. Dengan munculnya website di halaman pertama google maka akan berpeluang besar untuk mendapatkan pengunjung web yang prospektif. Karena orang yang sedang mencari penyewaan mobil di Google adalah orang yang sedang butuh terhadap layanan anda. Sehingga pintu peluang untuk mendapatkan pelanggan sangatlah terbuka lebar.

4. Jangkau Pelanggan Melalui Sosial Media

Cara memulai bisnis online selanjutnya adalah membuat akun media sosial, seperti facebook, instagram, linkedin, twitter, dan lain-lain. Bangunlah akun bisnis secara serius dan tingkatkan terus jumlah follower dan koneksi anda di sosial media. Semakin banyak jumlah relasi maka akan semakin besar tingkat kesuksesan bisnis anda. Jika anda ingin mendapatkan ribuan follower instagram dengan cepat, silahkan gunakan auto followers.

5. Memahami Tingkat Kompetisi

Tidak ada sebuah bisnis yang berjalan secara sendirian, disana pasti selalu ada kompetitor. Adanya kompetitor atau pesaing merupakan hal yang wajar di semua bidang usaha. Cara paling sederhana untuk memenangkan kompetisi adalah dengan memiliki diferensiasi dan nilai tambah yang kuat pada bisnis anda. Pastikan bahwa semua layanaan dan produk anda adalah yang terbaik dari semua kompetitor anda.

6. Meningkatkan Layanan

Setelah memahami berapa banyak jumlah kompetitor anda, maka langkah selanjutnya adalah meningkatkan pelayanan terhadap seluruh customer. Mengapa layanan terhadap pelanggan perlu ditingkatkan? Karena jika hal ini tidak dilakukan maka bukan tidak mungkin pelanggan anda akan lari ke kompetitor anda. Dan ketahuilah bahwa sebuah bisnis tidak akan bertahan lama jika ditinggalkan oleh para customer. Karena setiap customer adalah nafas dari sebuah bisnis, yang berarti bahwa bisnis akan mati jika kehabisan nafas.

7. Melakukan Evaluasi Secara Berkala

Kesuksesan sebuah bisnis akan terus meningkat jika pemilik bisnis terus melakukan evaluasi terhadap kinerja usahanya. Fungsi dari evaluasi tersebut adalah untuk melakukan introspeksi terhadap apa yang telah dilakukan selama periode tertentu. Dengan melakukan evaluasi maka hal-hal yang menghambat tingkat kesuksesan bisnis bisa dihindari. Dan juga bisa melakukan perbaikan-perbaikan dari sisi kualitas produk, pemasaran, layanan pelanggan, dan lain sebagainya.

error: Content is protected !!