Cara Menaikkan Traffic Website

Setiap pemilik blog pasti ingin tahu bagaimana cara menaikkan traffic website dengan cepat. Karena dengan meningkatnya traffic akan membuat websitenya lebih hidup dan dikenal banyak orang. Maka dari itu, seorang pemilik website harus bisa standout supaya trafficnya stabil diantara yang lain. Kemudian hal yang jadi pertanyaan sekarang adalah apakah traffic itu?

Traffic dalam sebuah website dapat diartikan menjadi banyaknya orang yang berkunjung ke dalam situs tertentu, dimana kunjungannya dilihat dari halamannya dan durasinya. Saat ada orang yang berkunjung ke sebuah website, kunjungan itu nanti dan link yang telah diklik langsung direkam oleh domain.  Sehingga anda bisa mengetahui trafficnya seperti apa.

Jumlah angka klik inilah yang bisa digunakan untuk melihat kepopuleran dari sebuah website. Lalu kenapa traffic itu sangat penting dalam sebuah website? Website yang tanpa kunjungan akan terancam tenggelam diantara web lainnya di internet. Oleh karena itu, setiap blog dan website itu butuh traffic untuk membuatnya tetap bertahan.

Seberapa bagus desainnya bila tidak ada pengunjungnya akan membuat website tersebut tidak dapat bertahan lama. Website akan bertahan bila memiliki traffic flow stabil. Beruntungnya sekarang ini sudah ada cara menaikkan traffic website untuk pemula tanpa menunggu lama. Maka mari simak ulasan berikut ini dan ketahui tipsnya secara detail untuk menaikkan traffic website.

1. Melakukan Riset Keyword

Mengisi konten website hanya didasarkan pada ide pribadi saja itu tidak cukup. Anda harus melakukan riset keyword dulu sebelum akhirnya menulis sebuah artikel untuk mengisi konten sebuah website. Karena bila anda tidak menggunakan riset keyword otomatis akan membuat website tersebut sulit ditemukan oleh mesin pencari seperti Google.

Anda harus ingat bahwa meskipun ide tulisannya terlihat menarik dan bagus menurut anda, namun bila tidak ada yang tertarik akan membuat traffic website sulit meningkat. Maka dari itu, carilah keyword yang paling sering digunakan supaya traffic website anda bisa langsung meningkat.

2. Buat Long Tail Keyword

Riset keyword terbagi menjadi 2 bagian, yaitu short dan long tail keyword. Untuk short tail keyword merupakan kata kunci yang tersusun atas 1 hingga 2 suku kata saja. Misalnya saja seperti kata kunci “jasa adwords” atau “jasa iklan”, dll. Jenis kata kunci ini biasanya memiliki volume pencarian yang cukup tinggi.

Sehingga supaya bisa memenangkan persaingan pencarian pada mesin pencari, cara menaikkan traffic website adalah dengan menggunakan long tail keyword. Hal yang dimaksud disini adalah kata kunci yang melebihi dari 3 suku kata. Misalnya saja seperti, “jasa pembuatan website”, “jasa pembuatan website profesional”, “jasa pembuatan website terbaik”, dll.

3. Manfaatkan LSI Keyword

Saat melakukan riset keyword, tentunya anda akan menemukan banyak kata kunci untuk membuat ide artikelnya. Hanya saja bila anda menggunakan tool biasanya kata kunci yang diberikan variasinya terbatas dan terlihat kaku. Karena cara kerja dari tool riset keyword hanya menyamakan beberapa kata kunci yang sama menjadi 1.

Maka dari itu manfaatkan LSI keyword untuk menemukan variasi kata kunci. Latent Semantic Indexing adalah kumpulan dari kata kunci yang terdapat pada 1 topik tertentu, dimana semuanya saling berkaitan. Beruntungnya saat ini ada banyak layanan untuk mencari cara menaikkan traffic website menggunakan LSI keyword.

4. Tulis Artikel yang Bermanfaat 

Panjang artikel menjadi faktor penilaian ranking anda dalam mesin pencarian. Artikel yang panjang selalu dianggap lengkap, namun anda harus menyesuaikan panjangnya juga sebelum menulis artikel. Dalam hal ini anda juga boleh menuliskan artikel yang padat namun harus jelas dan lengkap isinya, supaya bermanfaat bagi orang banyak. Jangan lupa untuk mempelajari cara menulis artikel yang SEO friendly.

5. Buat Judul yang Menarik

Judul itu termasuk salah satu elemen penting dalam sebuah artikel. Bahkan banyak orang langsung mengklik website ketika melihat judul yang unik secara langsung. Maka dari itu buatlah judul yang menarik supaya semakin dilirik oleh semua orang. Cara melakukannya mudah! Bisa memakai angka dan list.

Selain itu, salah satu cara menaikkan traffic website adalah dengan membuat judul yang jelas sesuai isi artikelnya. Misalnya bila anda ingin membuat konten seputar digital marketing, maka buat judul yang jelas di dalamnya seperti “Definisi Digital Marketing dan Fungsinya”. Dengan cara ini diharapkan traffic website akan langsung meningkat.

6. Beri Visual yang Menarik

Selain harus membuat artikel yang lengkap, pastikan memberikan tampilan visual menarik juga. Anda harus lebih kreatif mengolah isi konten supaya terlihat menarik, bebas bounce rate, dan tidak membosankan. Caranya cukup tambahkan visual yang menarik seperti gambar ilustrasi, foto, infografik, dll.

7. Tambahkan Video pada Artikel

Supaya bisa bersaing di dunia website, anda harus menulis artikel yang panjang dan lengkap. Bila sudah menambahkan gambar ilustrasi namun pembaca website tetap tidak bertahan lama, maka solusinya adalah tambahkan video juga di dalamnya. Dengan menggunakan cara menaikkan traffic website ini dijamin akan membuat pengunjung betah berlama-lama di blog anda.

8. Tingkatkan Kecepatan Website

Semua orang yang berkunjung ke website anda pasti tidak suka bila harus menunggu halaman loading yang lama. Maka bila anda merasa bahwa ranking website anda turun, sebaiknya kecepatannya harus ditingkatkan. Dengan begitu anda bisa terhindar dari masalah bounce rate dan sepinya traffic pada website. Silahkan baca cara optimasi kecepatan website untuk meningkatkan loading speed web anda.

9. Buat Website yang Responsif

Memiliki loading website yang cepat itu belum cukup untuk meningkatkan trafficnya. Maka salah satu cara menaikkan traffic website yang bisa dilakukan selanjutnya adalah pastikan blog tersebut harus mendukung secara responsif pada semua perangkat, seperti mobile phone dan desktop. Terlebih saat ini jumlah pengguna internet terbanyak adalah lewat perangkat mobile.

Maka pastikan website anda harus responsif dan mendukung untuk mobile phone juga supaya trafficnya bertahan lama. Caranya gunakan bantuan plugin supaya tampilan website terlihat lebih mobile friendly. Dengan plugin inilah akan membantu anda untuk mengelola website lebih mudah, sekalipun hanya seorang pemula.

10. Gunakan Internal Link

Internal link ini sangat penting sekali jika anda ingin tahu cara menaikkan traffic website yang benar. Internal link akan membantu para pembaca menemukan apa saja yang berkaitan dengan kontennya. Lewat internal link itu pula akan membuat mesin pencari lebih mudah menemukan halaman website anda yang paling penting dan sering dicari.

11. Aktif dalam Komunitas Online

Supaya website anda tetap bertahan, sebaiknya cobalah untuk aktif dalam komunitas online dan pilihlah salah satu komunitas yang paling cocok. Dengan begitu, anda bisa mendapat koneksi baru yang berkaitan dengan website tersebut. Selain itu, cara ini juga efektif untuk mempromosikan blog dikalangan para komunitas online tersebut, sehingga traffic menjadi lebih stabil.

Meningkatkan traffic website itu butuh proses dan banyak usaha. Tidak semua orang bisa menaikkan traffic dengan mudah, namun bukan berarti hal ini mustahil dilakukan. Anda hanya perlu belajar cara menaikkan traffic website seperti yang telah disampaikan di atas, maka blog anda akan berada dalam mesin pencarian pertama.

error: Content is protected !!