Cara Meningkatkan Penjualan Online

Bagaimana cara meningkatkan penjualan online paling cepat? Pertanyaan ini sering tersirat pada seorang pebisnis. Profit adalah tujuan dari berbisnis baik online maupun offline. Bahkan saat ini bisnis online begitu menjamurnya ditengah masyarakat Indonesia. Tren konsumen era digital sudah bergeser dari pasar konvensional menjadi online atau yang sering kita sebut marketplace. 

Kemudahan berbelanja melalui internet menjadi magnet yang tidak dapat ditolak. Adanya perkembangan gadget dengan segala fiturnya semakin mendukung kebiasaan ini. Tak perlu lagi menyediakan waktu untuk datang ke toko atau kedai, cukup dari rumah atau kantor semua keperluan dapat dipenuhi. Lebih efisien waktu terutama bagi yang memiliki aktivitas padat sehari-hari. 

Berjualan di internet melalui media sosial, marketplace, atau website perlu audiens dan follower. Jika anda memiliki akun media sosial bisnis namun traffic pengunjung atau audiens sedikit maka persentase kemungkinan closingnya juga kecil. Maka dari itu, hal pertama yang harus dilakukan oleh seorang pebisnis adalah meningkatkan follower atau kunjungan audiens dulu.

Tren konsumen era digital mendukung perkembangan bisnis online. Produk apa saja bisa dipasarkan melalui internet. Hasil pertanian, makanan, minuman, fashion, gadget sampai properti bisa dicari melalui internet. Biaya promosi murah serta jangkauan pasar tak terbatas menjadi alasan para pebisnis dalam memaksimalkan media internet. Berikut cara meningkatkan penjualan yang bisa dicoba.

1. Tentukan Tujuan yang Pasti

Tujuan utama berbisnis tentu saja mendapat keuntungan dari hasil penjualan. Maksimalkan jumlah follower yang ada sebagai target market. Buat konten menarik secara berkala, sisipkan tips atau info terkini dengan cara upload foto dan video produk yang menarik. Sehingga pengunjung mendapatkan informasi produk lebih lengkap. Dengan begitu peningkatan penjualan lebih tinggi. 

2. Rencanakan Budget Marketing dengan Baik

Cara meningkatkan penjualan online ini sangat penting, yaitu merencanakan budget marketing. Anggaran yang harus disiapkan dalam proses promosi dan penjualan tidak sedikit. Karena merupakan proses yang menjadi ujung tombak suksesnya suatu bisnis. Menggunakan fasilitas online untuk tujuan pemasaran tetap membutuhkan biaya. Seperti biaya jasa pembuatan website, iklan sosial media, optimasi blog, dan sebagainya.

Maka perlu mempelajari strategi marketing online dengan baik dan benar. Sehingga biaya pemasaran melalui online yang sudah dikeluarkan dapat memberikan hasil maksimal. Teknik marketing bisa dipelajari sendiri secara otodidak, bergabung dengan komunitas marketing online, dapat juga dengan mengikuti training online. Semua ini adalah investasi bisnis yang berguna dalam jangka panjang.

3. Memberikan Penawaran Pengiriman Gratis

Cara meningkatkan penjualan online yang tak kalah efektif adalah dengan menawarkan fasilitas gratis biaya pengiriman. Kebanyakan konsumen keberatan dengan biaya pengiriman karena dirasa menjadikan harga produk lebih mahal. Maka bisa disiasati dengan memberikan subsidi biaya untuk pengiriman wilayah tertentu. Atau gratis biaya pengiriman pada momen tertentu misalnya khusus weekend.

Cara ini banyak dilakukan oleh ecommerce untuk meningkatkan traffic penjualan. Pebisnis pemula juga bisa menggunakan strategi ini untuk mendapatkan konsumen. Karena terbukti efektif menarik minat masyarakat untuk berbelanja online. Tentukan margin harga terlebih dahulu sebelum memberikan gratis biaya pengiriman, sehingga tidak mengalami kerugian. Karena biaya pengiriman nantinya menjadi beban pebisnis.

4. Tampilkan Visual yang Unik

Tampilan visual produk dalam halaman bisnis harus unik dan menarik. Buat foto produk sebaik mungkin dengan pencahayaan pas dan latar yang sesuai. Jika tidak memiliki bakat dibidang seni dan fotografi bisa meminta bantuan fotografer profesional. Sehingga toko online yang dimiliki tampil lebih rapi, unik, elegan dan mudah menarik perhatian audiens. 

Membuat tampilan menarik ini adalah cara meningkatkan penjualan online yang wajib dilakukan pebisnis. Karena calon konsumen tidak dapat melihat secara langsung produk yang dijual. Maka acuannya hanyalah foto dan video produk. Berikan foto dan informasi produk yang real tidak banyak menggunakan filter. Sehingga calon konsumen mendapatkan pengetahuan produk yang jelas. 

5. Fokus pada SEO

Fokus SEO adalah cara meningkatkan penjualan online berikutnya yang juga penting dilakukan. Meningkatkan rating website atau toko online akan mudah menarik calon konsumen. Visibilitas pada mesin pencarian lebih tinggi sehingga mudah ditemukan oleh audiens. Semakin banyak dilihat semakin besar kemungkinan penjualan online dilakukan. Untuk hal ini perlu keahlian di bidang SEO.

6. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial adalah sara pemasaran paling murah dan mudah. Banyak digunakan pebisnis online baik pemula maupun yang sudah lama. Masyarakat milenial adalah pasar produk online yang sangat potensial. Hampir seluruh lapisan masyarakat Indonesia saat ini sangat akrab dengan gadget dan media sosial. Sebagai salah satu pusat informasi yang mudah diakses.

Memanfaatkan pemasaran media sosial atau social media marketing adalah cara meningkatkan penjualan online yang sudah banyak dilakukan. Mulai dari lingkaran pertemanan yang dimiliki penjualan akan lebih mudah. Dari sini akan lebih mudah memperluas jaringan pemasaran. Membuka pertemanan baru, meminta rekomendasi konsumen bisa dilakukan secara mandiri tanpa memerlukan bantuan tenaga pemasar. Biaya yang dikeluarkan lebih murah.

7. Tunjukkan Testimoni Pelanggan

Testimoni pelanggan merupakan bukti bahwa produk yang dijual berkualitas. Bisnis online yang dijalankan kredibel dan bisa dipercaya. Bagi sebagian orang testimonial ini penting karena menjadi acuan bahwa toko online tersebut nyata, sehingga meminimalisir kerugian. Karena banyak sekali kasus penipuan jual beli online. Masyarakat lebih aware dan sangat teliti memilih toko. 

Mengupload bukti pembelian konsumen, review positif, jumlah orderan merupakan cara meningkatkan penjualan online yang efektif. Calon konsumen akan semakin yakin dan tertarik untuk membeli. Karena kebenaran transaksi bisa dipertanggungjawabkan. Toko online jelas dengan banyaknya kepercayaan pelanggan yang sudah didapat. Testimoni pelanggan sekaligus menjadi branding dan promosi yang dapat meningkatkan penjualan. 

8. Siapkan Berbagai Macam Metode Pembayaran

Konsumen online memiliki fasilitas berbeda dalam proses pembayaran. Berikan kemudahan dengan menyediakan beberapa alternatif cara bayar. Sehingga konsumen tidak terkendala, proses jual beli lebih lancar dan mudah. Misalnya dengan transfer ATM bersama, setor melalui gerai minimarket, melalui kantor pos dan sebagainya. Cara meningkatkan penjualan online ini sekaligus menghindari keterlambatan pembayaran.

Saat ini metode pembayaran juga bisa difasilitasi dengan berbagai aplikasi pay later dan dompet digital. Kaum milenial tentu sudah sangat akrab dengan fasilitas pembayaran semacam ini. Maka bisa dimanfaatkan juga sebagai media pembayaran produk yang kita jual. Pebisnis dan konsumen sama-sama mendapatkan keuntungan dari fasilitas ini. Transaksi bisa dilakukan real time. 

9. Buat Iklan yang Realistis dan Jujur

Sebagai pebisnis profesional, bukan hanya wajib membuat konten menarik dan unik yang mengundang perhatian banyak audiens. Tetapi juga harus jujur dan apa adanya dalam menjelaskan suatu produk. Bahasa yang digunakan harus sesuai dengan kondisi sebenarnya. Biarkan konsumen menentukan sendiri kebutuhannya. Sehingga tidak terjadi komplain konsumen yang dapat menurunkan rating toko. 

Jangan memberikan informasi produk yang ambigu. Tampilkan informasi secara singkat dan jelas. Tidak overclaim terhadap kualitas karena dapat menurunkan kredibilitas pebisnis. Dengan memberikan informasi iklan yang jujur akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan konsumen. Cara meningkatkan penjualan online ini bisa dilakukan sesuai dengan kondisi bisnis dan produk masing-masing sehingga hasilnya maksimal. 

Jika anda belum menguasai teknik periklanan online, maka anda dapat memanfaatkan layanan jasa google ads untuk mempromosikan bisnis dan usaha anda di Google. Karena dengan beriklan di Google maka anda dapat menjangkau calon pelanggan secara tertarget di berbagai penjuru dunia.

error: Content is protected !!