Cara Optimasi SEO Off Page

Setiap pemilik website harus tahu bagaimana cara optimasi seo off page dengan benar dan beberapa faktor yang mempengaruhinya. Karena hal ini bisa mempengaruhi keberlangsungan hidup websitenya. Maka dari itu tak heran istilah SEO tentunya sudah tidak asing di telinga pemilik website.

SEO yang merupakan singkatan dari search engine optimization ini terbagi menjadi 2 macam, yaitu on page dan off page. Supaya hasilnya maksimal, keduanya harus berjalan secara beriringan. Jika tidak, dijamin strategi SEO yang digunakan dan keinginan untuk meningkatkan traffic visitor akan gagal.

Padahal dari awal seseorang belajar cara optimasi seo off page supaya websitenya berada di posisi paling atas di mesin pencari. Namun bila anda tidak bisa menjalankan strategi SEO dengan benar, semua yang sudah direncanakan akan sulit diwujudkan. Lalu, apa yang dimaksud SEO off page itu?

SEO off page itu adalah cara memberitahu mesin pencari tentang pendapat pengunjung seputar website yang dikunjungi oleh mereka. Sehingga dari situlah bisa diketahui seperti apakah kualitas dari sebuah website. Untuk lebih jelasnya akan dijelaskan tentang cara optimasi seo off page dan serba-serbinya di bawah ini:

1. Perbedaan SEO Off Page dari yang Lain

Sebelum membahas tentang cara optimasi seo off page dengan benar, sebaiknya pahami dulu perbedaannya. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa SEO terbagi menjadi 2 macam, dimana untuk off page itu tindakan di luar web untuk mempengaruhi peringkat situs pada mesin pencari.

Sedangkan SEO on page itu merupakan cara untuk memaksimalkan elemen yang ada dalam sebuah situs guna meningkatkan visibilitas mesin dan pencarian perangkat. Dalam SEO on page itu berkaitan dengan kode sumber HTML website dan kontennya. Jadi terlihat jelas bahwa perbedaan keduanya dapat dilihat berdasarkan optimasinya.

Untuk SEO on page itu cara optimasinya dilakukan dari blog atau websitenya sendiri. Sementara cara optimasi seo off page dilakukan dengan cara yang lainnya, yaitu selain websitenya sendiri. Itu adalah sedikit penjelasan dari perbedaan antara kedua optimasi di atas yang patut dipahami oleh pemilik website.

Tanpa memahami perbedaan keduanya, hasilnya tidak akan optimal. Sayangnya beberapa pemilik website ada yang tidak tahu bahwa ternyata optimasi SEO itu bisa dilakukan ke dalam 2 cara. Mereka hanya berpikir bila cara optimasinya hanya dapat dilakukan dari kontennya saja yang disebut dengan SEO on page.

Padahal bila anda menggabungkan diantara cara optimasi seo off page dengan memaksimalkan pembuatan konten yang benar, tidak butuh waktu lama website anda mudah dikenal semua orang. Sehingga bukannya tidak mungkin bila kemudian website anda bisa berada di peringkat teratas pada mesin pencari.

2. Alasan Belajar SEO Off Page

Melihat penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa belajar bagaimana cara optimasi seo off page dengan benar itu sangat penting sekali. Strategi ini sering digunakan oleh mereka yang ingin menyasar konsumen dari semua kalangan. Hanya saja tidak semua orang tahu cara mencari data dengan benar.

Padahal data sangat penting untuk memaksimalkan websitenya. Maka dari itu disini akan dijelaskan kenapa anda harus belajar bagaimana cara optimasi seo off page jika dilihat dari hasil studi yang pernah dilakukan MOZ. Saat itu mereka mengangkat tema tentang faktor yang mempengaruhi ranking di mesin pencari.

Survei MOZ dilakukan pada 150 pakar SEO lebih dengan cara meminta pendapatnya seputar 90 faktor yang bisa mempengaruhi SEO. Selanjutnya dibawah pimpinan Dr. Matthew Peters, tim MOZ menjalankan studi korelasi supaya bisa menetapkan fitur situs website dan halaman yang berkaitan dengan peringkat mesin pencari.

Dalam penelitian tersebut, MOZ bekerja sama dengan Ahrefs, DomainTools, dan SimilarWeb untuk mendapatkan beberapa kesimpulan tentang faktor yang mempengaruhi ranking website. Salah satu hasilnya menunjukkan bahwa memahami cara optimasi seo off page dengan benar dapat memberikan kontribusi peringkat melebihi dari 50%.

Itu artinya SEO off page itu harus dilakukan bagi pemilik website jika ingin bisnisnya tetap berjalan lancar. Maka dari itu di bawah ini akan dijelaskan seputar bagaimana cara optimasi seo off page dengan benar untuk pemula dan mastah yang sudah profesional untuk memaksimalkan websitenya.

3. Cara Optimasi SEO Off Page

Dalam belajar cara optimasi seo off page itu anda harus paham dulu seputar 2 hal ini. Yaitu link dan backlink. Link atau hyperlink jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti tautan. Link berupa kode HTML untuk memudahkan anda berpindah ke halaman web lainnya saat mengetik alamatnya.

Sedangkan backlink itu biasanya disebut dengan inbound, incoming link, dan tautan masuk. Backlink itu tautan yang diambil dari 1 website dari situs lainnya. Misalnya situs A punya 1 tautan ke website C. Ada lagi situs B yang punya 2 tautan ke website C. 

Dalam hal ini berarti website C punya 3 backlink. Selanjutnya untuk memulai cara optimasi seo off page, pahami yang dimaksud dengan link building. Link building merupakan cara mendapatkan backlink website lainnya. Sekarang ini cara mengoptimasi SEO off page paling efektif dilakukan dengan memanfaatkan link building.

Cara kerjanya sama seperti konten, untuk mendapat backlink berkualitas maka isi websitenya harus bagus. Karena tidak akan ada artinya bila anda memiliki backlink banyak namun isi kontennya buruk. Lebih baik memiliki backlink sedikit tapi kontennya berkualitas. Seperti itulah cara optimasi seo off page paling efektif.

4. Faktor Penentu Kualitas Backlink

Seperti yang dijelaskan sebelumnya mendapatkan backlink berkualitas itu wajib. Akan lebih baik bila anda memiliki backlink sedikit tapi isinya berkualitas dari pada kontennya jelek. Itulah sebabnya di bawah ini akan dijelaskan beberapa hal yang menentukan kualitas backlink supaya cara optimasi seo off page dapat bekerja maksimal:

Salah satu faktor yang menentukan kualitas backlink adalah sumbernya harus berasal dari website terpercaya. Oleh karena itu anda harus mengetahui cara mendapatkan backlink berkualitas untuk web anda. Umumnya anda bisa mendapatkannya dari website yang membahas topik sejenis dan kredibilitasnya sudah dikenal luas. Misalnya bila anda membahas kesehatan, maka silahkan dapatkan backlink dari web pemerintah.

Backlink yang bagus itu konteksnya harus sesuai. Bila artikel yang anda buat membicarakan seputar makanan sehat, kemudian website yang memberi backlink juga membahas kesehatan. Artinya konteks keduanya harus sesuai. Namun bila yang satunya membahas kesehatan, lainnya membicarakan otomotif maka jelas berbeda.

Anda bisa melihat kualitas backlink yang bagus dari jumlah kliknya. Poin yang satu ini harus diperhatikan bila ingin belajar cara optimasi seo off page dengan benar. Jadi pastikan backlinknya punya traffic bagus dimana ada yang mengunjungi website tersebut artinya situsnya layak.

Supaya cara optimasi SEO berhasil, pastikan text link yang dipilih harus sesuai dengan topiknya. Bila perlu gunakan keyword utama untuk text backlink. Yang pasti link tautannya harus sesuai dengan material kontennya. Selebihnya anda bisa memanfaatkan social media marketing untuk memaksimalkan potensi website.

5. Manfaat dari Backlink

Cara optimasi SEO lokal sepertinya sekarang ini semakin populer karena ada dukungan koneksi internet yang cepat dan jumlah pengguna smartphone lebih banyak dari zaman dahulu. Namun meskipun begitu anda harus tahu bahwa local SEO itu berbeda dengan metode search engine optimization pada umumnya. 

Local SEO yang fokus pada hasil lokasi penggunanya saja sehingga sering digunakan pada Google Place untuk bisnis. Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan Google disebutkan setidaknya ada sebanyak 87% pengguna smartphone seringkali menggunakan metode ini ketika perjalanan.

Sedangkan 95% pengguna smartphone lebih menyukai pencarian informasi lokal lewat aplikasi di HP-nya. Nah dari sinilah bisa ditarik kesimpulan bahwa pada dasarnya cara optimasi SEO menggunakan backlink itu bisa meningkatkan brand awareness sebuah website atau produk tertentu.

Sehingga hal ini bisa mempengaruhi konsumen karena umumnya mereka lebih menyukai produk yang mereknya sudah dikenal daripada brand baru. Hal ini juga berlaku pada dunia SEO, dimana NobleStudios menjelaskan fakta menarik tentang itu. Ada 82% orang biasanya memilih merk yang dikenalnya lewat hasil pencarian.

Jadi meskipun website anda menduduki peringkat 5 besar pada mesin pencari, namun karena mereknya lebih populer itu bisa berdampak baik. Bisa saja klik yang anda dapatkan lebih banyak dari situs dari peringkat pertama. Itu bisa terjadi bila brand anda lebih populer dibandingkan peringkat teratas tersebut.

6. Faktor Penentu Kualitas SEO Off Page

Setelah memahami tentang cara optimasi SEO, saatnya untuk memahami apa saja yang menentukan kualitasnya. Salah satu faktor penentu kualitasnya adalah dari pemanfaatan inbound links. Untuk membuat ranking sebuah website lebih baik sebaiknya perhatikan banyaknya link yang berkunjung.

Karena bisa membuktikan bahwa website anda memang berkualitas. Selain itu faktor lainnya yang menentukan kualitas SEO off page adalah penambahan anchor text dengan benar. Bagi seorang content writer dan website developer tentunya cara optimasi SEO dengan menambahkan anchor text sudah tidak asing lagi.

Itulah sebabnya jika ingin tahu bagaimana cara optimasi SEO yang berkualitas sebaiknya masukkan keyword berkaitan dengan isi hyperlinknya. Sehingga mesin pencari lebih mudah mengidentifikasi website dan mencari tahu keywordnya dari peringkatnya. Itulah sebabnya usahakan memilih keyword yang sesuai dengan hyperlinknya.

Tidak hanya itu saja, untuk bisa memaksimalkan cara optimasi seo off page, sebaiknya perhatikan kualitas linknya. Karena tidak semua link itu kualitasnya sama pada off page SEO. Link dari website populer tentunya nilainya tidak sama dengan blog pemula. Website selalu dianggap terpercaya bila memakai domain.

Selain beberapa hal tersebut, salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan cara optimasi seo di atas adalah kecepatan link building. Namun kecepatan link building yang dianggap terlalu cepat itu bisa berakibat penalty karena dianggap tidak wajar.

Seperti yang diketahui bahwa mesin pencari itu bisa mengetahui kecepatan link building dengan baik. Mereka bisa menemukan 100 link yang kualitasnya rendah dalam waktu sehari saja. Itu artinya bila kecepatan link building terlalu cepat pada website pemula pasti dianggap tidak wajar.

Melihat sedikit penjelasan di atas tentunya hal ini cukup menjelaskan bahwa memahami seputar optimasi SEO sangat penting bagi pemilik website. Dengan menggunakan SEO, website anda lebih mudah dikenal masyarkat. Untuk itu jika ingin tahu cara optimasi seo off page lebih jauh pahami penjelasannya di atas.

error: Content is protected !!