Cara Optimasi SEO On Page

Cara optimasi SEO on page penting untuk dilakukan agar bisa meningkatkan peringkat blog atau website anda pada hasil mesin pencari. Untuk mengoptimasi SEO on page, maka kita akan lebih fokus pada konten yang diterbitkan dengan memperhatikan faktor-faktor yang ada dalam konten. Dengan kualitas konten yang baik, maka pengunjung akan merasa senang dan tak segan untuk berlangganan.

Optimasi ini juga berguna untuk memudahkan search engine menemukan blog atau website anda, dengan kata kunci yang relevan dengan konten. Jika anda ingin merasakan keuntungan dari optimasi SEO on page ini, maka anda harus tahu cara optimasi yang tepat. Oleh karena itu, wajib bagi anda untuk menyimak ulasan yang akan kita bahas kali ini. 

1. Buat Judul Konten yang Menarik

Judul memiliki peran penting dalam menarik perhatian para pengunjung. Judul yang menarik tentu akan membuat pengunjung merasa penasaran dengan isi artikel tersebut dan akhirnya membacanya. Angka dan kata sifat bisa anda tambahkan untuk memberikan daya tarik tersendiri pada judul artikel sebagai salah satu cara optimasi SEO on page yang harus dilakukan.

Meskipun anda ingin membuat judul yang menarik dan membuat orang penasaran, jangan sampai judul yang anda tulis tidak sesuai dengan isi artikel. Hal ini banyak terjadi pada artikel-artikel sekarang, mereka hanya mementingkan judul, tapi isi artikel tidak sesuai dan pada akhirnya akan mengecewakan pembaca. Oleh karena itu, anda harus membuat judul yang menarik dengan benar.

2. Tambahkan Gambar atau Video

Melihat atau membaca tulisan saja pasti sangat membosankan, bukan? Sebelum mulai membaca, mungkin kita sudah enggan untuk menyelesaikan membaca artikel tersebut. Konten yang hanya berisi tulisan biasanya kurang diminati, apalagi jika tulisannya panjang-panjang. Maka hal ini akan membuat pembaca merasa lelah meskipun belum menyelesaikan artikel tersebut, sehingga mereka akan meninggalkan halaman itu dengan segera.

Untuk mencegah hal ini terjadi, anda bisa menambahkan unsur lain yang lebih memikat, seperti gambar atau video. Gambar atau video tidak hanya berguna untuk membuat tampilan konten lebih hidup dan tidak membosankan, tapi terkadang gambar atau pun video memang dibutuhkan untuk memperkuat isi dari konten tersebut sebagai cara optimasi SEO on page.

3. Manfaatkan Heading dan Subheading

Struktur konten yang jelas sangat dibutuhkan untuk membantu pembaca atau pengunjung memahami dari isi konten tersebut dengan lebih mudah. Bayangkan jika artikel tersebut berisi deskripsi dengan font dan size yang sama, maka kita harus lebih ekstra dalam memahami konten tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan heading dan subheading dalam setiap artikel.

Penggunaan heading dan subheading bisa dijadikan cara optimasi SEO on page. Heading dan subheading berguna untuk memecah konten, agar lebih mudah untuk dipahami. Pada umumnya, kita akan lebih mudah memahami konten dalam bentuk poin-poin dibanding deskripsi atau narasi yang penuh dengan paragraf. Penggunaan heading dan subheading ini bisa membuat pengunjung lebih betah berada di website anda.

4. Letakkan Keyword di 100 Kata Pertama

Paragraf pertama bisa dikatakan sebagai kunci untuk memikat pengunjung, agar melanjutkan membaca hingga akhir artikel. Jika anda terlalu bertele-tele dalam paragraf pertama, maka itu akan membuat pengunjung website merasa bosan dan malas untuk melanjutkan pada paragraf berikutnya. Untuk itu, disarankan bagi anda agar menulis dengan to the point agar pengunjung semakin tertarik.

Hal lain yang harus anda perhatikan adalah penempatan keyword, karena disarankan untuk meletakkan keyword pada 100 kata pertama agar lebih SEO friendly. Namun, tidak semua keyword cocok untuk ditempatkan pada 100 kata pertama. Sehingga anda tidak perlu memasakannya karena akan membuat pembahasan terasa aneh. Cara optimasi SEO on page pun bisa dilakukan dengan cara lainnya.

5. Tingkatkan Kecepatan Website

Untuk membuka website, dibutuhkan waktu loading yang berbeda-beda. Beberapa website sudah bisa membuka artikel dengan waktu yang sebentar, tapi ada juga yang membutuhkan waktu loading yang lama. Pengunjung yang terlalu lama menunggu untuk bisa membaca artikel di website anda, pasti akan segera menutup halaman dan berganti pada website lainnya.

Menunggu adalah kegiatan yang paling membosankan, sehingga anda harus memaksimalkan kecepatan website dengan lebih baik sebagai cara optimasi SEO on page. Halaman website yang terlalu banyak mengandung iklan, gambar, atau video pasti membutuhkan waktu loading yang lama. Maka dari itu, anda harus lebih bijak dalam menempatkan beberapa fitur pada halaman website tersebut.

6. Sisipkan Outbound Link

Selain tentang kualitas penulisan dalam artikel, anda juga harus mengetahui teknik lain yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan SEO on page pada artikel. Disarankan bagi anda untuk memasukkan paling tidak satu outbond link atau link ke website lain saat membuat konten. Namun, bukan sembarangan link yang bisa digunakan, tetapi link dari website dengan reputasi yang baik.

Dengan adanya outbound link ini membuat artikel yang anda buat terlihat lebih kredibel dan meyakinkan. Pastikan bahwa link yang anda sertakan memiliki pembahasan yang sesuai dengan artikel yang anda tulis. Dengan topik rujukan ini, pengunjung akan mendapatkan lebih banyak referensi yang tepercaya dan inilah yang disebut sebagai cara optimasi SEO on page.

7. Tambahkan Tombol Share Media Sosial

Memberikan tombol share media sosial pada konten mungkin tidak berpengaruh terhadap kualitas dari suatu konten secara langsung. Meski begitu, tombol ini bisa membangun audiens baru di berbagai platform sehingga bisa menambah pengunjung pada website anda. Apalagi dengan banyaknya masyarakat Indonesia yang aktif menggunakan berbagai media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya.

Apabila ada pengunjung yang mengaktifkan tombol media sosial, maka followers dari akun tersebut pasti juga akan melihat konten tersebut. Jika memang konten yang dibagikan berkualitas, maka mereka juga akan penasaran dan berkunjung ke website tersebut. Untuk menambahkan fitur ini, anda bisa menggunakan plugin media sosial yang cocok sebagai cara optimasi SEO on page.

8. Perhatikan Panjang Konten

Selain kualitas yang diperhatikan, panjang konten juga tidak boleh diabaikan begitu saja. Sebanyak apapun materi yang ingin anda bahas, tidak semuanya harus dimasukkan dalam satu halaman atau satu judul artikel. Dengan melihat banyaknya paragraf atau pembahasan pasti akan membuat kita malas atau tidak tertarik untuk membacanya sampai selesai.

Umumnya, panjang konten yang paling ideal adalah sekitar 500 kata, namun hal ini juga harus disesuaikan dengan kebutuhan. Jika memang terpaksa harus menulis artikel yang panjang, maka pastikan anda membuat subheading atau subjudul untuk membagi pembahasan. Dengan begitu, maka akan lebih ringkas dan mudah dipahami, serta cara optimasi SEO on page bisa lebih maksimal.

9. Buatlah Konten Berkualitas dan Solutif

Selain beberapa cara teknis, anda juga harus memperhatikan kualitas dari konten itu sendiri, seperti menjaga originalitas, tatanan bahasa yang mudah dipahami, hingga memberikan pembahasan yang solutif. Dengan kualitas artikel yang memuaskan, maka akan semakin banyak pengunjung yang betah dan mempercayakan informasi yang dicarinya dari website anda.

Jadi, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan SEO on page pada website anda, yaitu membuat judul yang menarik, menambahkan gambar atau video, memanfaatkan heading dan subheading. Selain itu, juga meletakkan keyword pada 100 kata pertama, meningkatkan kecepatan website, menyisipkan outbound link, menambahkan tombol share media sosial, panjang konten dan membuat konten yang berkualitas sebagai cara optimasi SEO on page.

error: Content is protected !!