Cara Optimasi Website YMYL

Cara optimasi website YMYL (Your Money Your Life) bisa membantu anda untuk meningkatkan rangking website di hasil pencarian. Website yang masuk dalam kategori YMYL ini biasanya dapat memengaruhi keamanan, kebahagiaan, kesejahteraan dan kesehatan pengguna Google ke depannya. Sehingga anda harus melihat terlebih dulu, apakah website anda masuk ke dalam kategori YMYL ini.

Terdapat beberapa website yang masuk ke dalam kategori YMYL, antara lain website penawaran jasa, website yang menawarkan investasi, asuransi, website jual beli, website dengan informasi keuangan, kesehatan, hukum, website yang melibatkan transaksi online dan masih banyak website lain yang bisa masuk ke dalam kategori YMYL ini dan berikut cara optimasi yang bisa dilakukan.

1. Menuliskan Identitas atau Latar Belakang

Keahlian menjadi salah satu elemen penting dalam cara optimasi website YMYL (Your Money Your Life). Sebelumnya, mungkin setiap orang bisa berbicara atau menulis tentang berbagai niche, meskipun ia tidak memiliki keahlian atau tidak mendalami hal tersebut. Namun, tidak untuk website YMYL di mana penulis dituntut untuk memahami dan menguasai setiap pembahasan yang ada di website.

Itulah mengapa pentingnya menuliskan identitas atau latar belakang sebagai pertanggungjawaban, bahwa apa yang kita tulis memang sesuai dengan keahlian. Misalnya, anda memiliki website yang membahas tentang psikologi, maka pastikan bahwa anda memilih latar belakang yang berkaitan dengan psikologi, seperti sarjana psikologi, suka membaca buku psikologi, mengikuti pelatihan psikologi dan lainnya.

2. Melengkapi Alamat dan Kontak

Selain latar belakang yang berkaitan dengan keahlian yang dimiliki, anda juga perlu mencantumkan alamat dan kontak yang bisa dihubungi. Meskipun website merupakan media online, tapi penting untuk mencantumkan alamat anda atau alamat kantor jika memang website tersebut memiliki kantor. Pastikan bahwa informasi mengenai alamat ditampilkan secara lengkap dan jelas.

Cara optimasi website YMYL (Your Money Your Life) akan semakin maksimal, jika anda juga menyertakan kontak pada menu TENTANG KAMI atau HUBUNGI KAMI. Kontak yang ditampilkan bisa beragam sesuai dengan yang anda gunakan, apakah live chat, nomor telepon, nomor WhatsApp atau akun media sosial yang bisa dihubungi oleh para visitor website.

3. Membuat Materi yang Lengkap

Sebelumnya, mungkin anda sudah menuliskan latar belakang atau keahlian anda sesuai dengan niche atau tema yang diusung. Namun, menuliskan latar belakang itu saja belum cukup untuk membuktikan, bahwa anda benar-benar ahli atau memahami apa yang anda tulis. Oleh karena itu, pastikan bahwa materi yang anda tulis memiliki pembahasan yang lengkap.

Bukan hanya lengkap, cara optimasi website YMYL (Your Money Your Life) akan lebih maksimal, jika anda mampu menyajikan artikel dengan pembahasan yang mendalam. Materi yang terlalu dangkal dan terlihat hanya di permukaan saja menunjukkan bahwa penulis kurang menguasai. Oleh karena itu, perlihatkan keahlian anda dalam niche tersebut, sehingga artikel yang dihasillkan pun akan lebih berkualitas.

4. Memiliki Backlink yang Sesuai

Dalam optimasi SEO, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah backlink. Ternyata, backlink juga diperlukan ketika anda ingin optimasi website YMYL. Bahkan, semakin banyak backlink yang ada di website atau konten anda. Maka akan lebih mudah untuk mengoptimasinya, sehingga ranking di hasil pencarian akan meningkat.

Meski jumlah backlink yang banyak bagus sebagai cara optimasi website YMYL (Your Money Your Life), bukan berarti anda bisa menggunakan backlink secara sembarangan atau backlink yang tidak relevan dengan pembahasan. Misalnya, saja konten anda berisi tentang ekonomi di Indonesia, maka backlink yang disertakan juga harus membahas tentang hal tersebut agar lebih relevan dan terpercaya.

5. Menghindari Hal-hal Berbau Spam

Apapun bentuk spam pasti sangat tidak disukai oleh mesin pencari, sehingga sebisa mungkin anda harus menghindari segala bentuk spam pada website anda. Beberapa orang terkadang menggunakan keyword yang banyak dengan tujuan akan mudah ditemukan oleh mesin pencari, tapi keyword yang terlalu banyak dengan penempatan spamming justru dihindari oleh mesin pencari, bahkan tidak disukai.

Apabila anda ingin mendapatkan perhatian dari mesin pencari, maka solusinya bukan spamming keyword melainkan harus meningkatkan kualitas artikel dan menerapkan teknik SEO sesuai dengan kebutuhan. Apalagi bagi anda yang memiliki website dengan kategori YMYL, maka harus berpikir ulang jika ingin melakukan segala bentuk spamming. Karena menghindari spamming bisa menjadi cara optimasi website YMYL (Your Money Your Life).

6. Membeli Nama Domain untuk Beberapa Tahun Sekaligus

Nama domain secara tidak langsung dapat memperlihatkan apakah kita profesional di bidang ini atau tidak. Pertama, anda harus menggunakan nama domain berbayar, agar anda bisa mendesain nama domain sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Hindari penggunaan domain gratis karena hal ini pasti akan menurunkan profesionalitas dan bisa berpengaruh terhadap optimasi website YMYL.

Cara optimasi website YMYL (Your Money Your Life) bisa anda lakukan dengan membeli nama domain untuk beberapa tahun sekaligus. Paket nama domain biasanya disediakan minimal untuk satu tahun. Bagi mereka yang masih pemula atau belum profesional, pasti akan memilih paket dengan masa yang paling sebentar dan anda harus menghindari hal ini.

7. Menggunakan Hosting Berbayar

Selain domain, anda juga harus menggunakan hosting berbayar karena dapat memenuhi kebutuhan anda dalam blogging. Hosting berbayar memiliki berbagai macam fitur dan fasilitas yang bisa membantu anda dalam penyimpanan data-data pada website. Hal ini bertujuan agar lebih aman dan mampu memuat data dengan kapasitas yang lebih besar. Dengan begitu, anda bisa melakukan blogging dengan lebih mudah.

Selain itu, penggunaan hosting berbayar merupakan salah satu cara optimasi website YMYL (Your Money Your Life). Website YMYL harus terlihat profesional dan terpercaya, sehingga menggunakan hosting berbayar bisa jadi pilihannya. Dengan banyaknya hosting berbayar yang bisa dijumpai, anda harus menyimak dan memastikan terlebih dahulu hosting seperti apa yang dibutuhkan oleh website anda.

8. Rajin Melakukan Update Artikel

Untuk membuat website YMYL terlihat lebih meyakinkan, maka anda harus rajin melakukan update artikel, bahkan penting untuk membuat jadwal update. Misalnya, anda harus update 2 kali dalam seminggu, 3 kali dalam seminggu dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan pada website anda. Hal yang terpenting bukanlah seberapa banyak kita bisa update, tapi adalah konsistensi.

Website juga memiliki fitur untuk update artikel secara otomatis. Jadi, ketika anda memiliki waktu luang yang lebih untuk menulis, jangan langsung memposting semua artikel tersebut. Anda bisa menyimpannya dan kemudian website akan menerbitkan artikel tersebut sesuai dengan jadwal. Dengan begitu, cara optimasi website YMYL (Your Money Your Life) akan lebih maksimal.

9. Tidak Memproteksi Data Whois

Beberapa data yang termasuk dalam data Whois adalah nama pemilik domain, server, IP Address, dan informasi lainnya mengenai pemilik dan website tersebut. Apabila anda ingin meningkatkan optimasi website YMYL, maka pastikan bahwa anda tidak memproteksi data ini sehingga siapa pun bisa melihatnya dengan jelas.

Jadi, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk optimasi website YMYL, mulai dari menampilkan identitas atau latar belakang penulis hingga tidak memproteksi data Whois. Semua itu dilakukan untuk mendapatkan kepercayaan dari visitor, sehingga website harus terlihat profesional dan meyakinkan. Dengan begitu, cara optimasi website YMYL (Your Money Your Life) akan lebih mudah untuk dilakukan.

error: Content is protected !!