Contoh Peluang Usaha yang Bisa Dijalankan dengan Modal Kecil

Contoh peluang usaha yang dapat anda jalankan sangatlah banyak. Tidak perlu membutuhkan modal yang besar. Kini ada banyak sekali jenis usaha yang bisa dimulai meskipun modalnya terbatas. Keterbatasan modal sebaiknya tidak menghalangi anda untuk mendirikan usaha, baik itu dilakukan secara sendiri maupun berkelompok.

Modal merupakan salah satu hal yang menjadi momok terbesar bagi para pebisnis pemula. Hal ini bisa terjadi jika rencana bisnis yang akan dijalankan mengharuskan ketersediaan dana usaha dalam jumlah besar. Lain halnya jika anda bergerak pada bidang usaha kecil. Tentu dana awal yang diperlukan lebih rendah dan terjangkau.

Usaha kini menjadi tren positif di masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan hidup. Banyak orang terutama dari kalangan anak muda, tak segan membangun usaha agar mendapatkan penghasilan tambahan selagi bekerja di perusahaan pada saat bersamaan. Oleh karena itu, contoh peluang usaha yang digeluti pun bukan dengan modal tinggi.

Meski demikian, seiring berjalannya waktu bisnis yang telah anda mulai akan berangsur-angsur berkembang. Hal ini tentunya sesuai dengan bagaimana anda mengatur bisnis dengan sebaik mungkin. Ada banyak sekali contoh pengusaha yang hanya mengandalkan modal kecil namun pada akhirnya sukses membesarkan bisnisnya.

Generasi muda saat ini memiliki kemampuan dan kreativitas jauh lebih baik dibanding generasi-generasi sebelumnya. Sehingga tak heran jika semakin banyak anak muda yang mulai memiliki bisnis sendiri. Jika anda ingin menjalankan usaha namun terkendala modal, tak ada salahnya mempertimbangkan beberapa contoh peluang usaha berikut ini.

1. Membuka Bisnis Jastip

Contoh peluang usaha yang pertama yaitu membuka layanan jasa titip alias jastip. Jastip kini menjadi suatu bisnis yang banyak digeluti dan digemari. Khususnya bagi mereka yang sering bepergian ke luar kota atau bahkan ke luar negeri. Kesempatan ini dijadikan momen untuk menawarkan jasa kepada orang-orang yang ingin membeli barang.

Pengertian jastip sendiri yaitu suatu contoh peluang usaha di mana seseorang membuka jasa penitipan membeli sejumlah barang saat mengunjungi suatu destinasi tertentu. Orang yang menitip kemudian akan membayar sejumlah uang jasa sesuai dengan kesepakatan. Misalnya, anda akan bepergian ke Italia. Kemudian menawarkan jasa titip kepada siapapun untuk membeli sepatu.

Orang yang ingin menitip membeli sepatu di Italia akan memberikan sejumlah uang sebagai biasa jasa membelikan barang sesuai keinginan customer. Bisnis ini terbilang mudah dan simple untuk dijalankan. Contoh peluang usaha ini bahkan bisa saja tak memerlukan modal awal. Tak harus ke luar negeri.

Peluang usaha jastip barang juga bisa dilakukan saat bepergian ke luar kota. Misalnya ada yang menitip membeli makanan, tas, sepatu, pakaian merek tertentu, dan sebagainya. Bahkan saat ini bisnis jastip telah dipandang sebagai lahan yang cukup menjanjikan. Hal ini karena keuntungan yang dihasilkan juga terbilang sangat besar.

Bagi anda yang memiliki intensitas perjalanan cukup tinggi, tak ada salahnya menjalankan contoh peluang usaha ini. Menjadi seorang pebelanja pribadi alias personal shopper rupanya dapat dijadikan lahan bisnis tersendiri. Hanya dengan bermodalkan iklan melalui media sosial atau aplikasi messenger, anda dapat menarik peminat untuk menggunakan jasa titip.

2. Menjual Pulsa Elektrik

Contoh peluang usaha dengan modal kecil lainnya yaitu menjual pulsa elektrik. Bisnis yang satu ini mampu menghasilkan keuntungan cukup menggiurkan. Anda dapat membuka counter pulsa elektrik dan menjual produk lain yang berkaitan dengan handphone. Misalnya softcase, earphone, flip cover, paket internet, dan sebagainya.

Akan tetapi, membuka counter pulsa tentu memerlukan modal cukup tinggi. Karena anda perlu membayar sewa tempat, membeli aksesoris, dan lain sebagainya. Nah, jika modal tersebut tidak anda miliki, tak perlu berkecil hati. Bisnis jual pulsa elektrik tetap dapat berjalan dengan deposit pulsa melalui agen terpercaya.

Modal yang perlu disiapkan adalah perangkat handphone dan uang untuk deposit pulsa. Tak harus tinggi, dengan uang sebesar 50 ribu pun anda sudah dapat melakukan deposit. Setelah memiliki sejumlah pulsa, pulsa tersebut dapat dijual langsung kepada pembeli. Contoh peluang usaha ini sangat menarik karena risiko kerugian sangat kecil.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pulsa telah menjadi kebutuhan penting bagi pengguna handphone. Baik untuk komunikasi melalui saluran telepon maupun untuk mengakses internet. Kalau pun pulsa tidak terjual, anda tidak akan rugi karena sisa pulsa dapat digunakan sendiri. Namun umumnya tingkat penjualan pulsa selalu tinggi.

Contoh peluang usaha ini dapat dijalankan secara perlahan namun pasti. Tawarkan pulsa kepada orang-orang terdekat seperti keluarga, tetangga, teman kuliah, teman kerja, dan lainnya. Meskipun keuntungannya terbilang kecil, namun jika jumlah transaksi tinggi maka keuntungan yang dihasilkan semakin besar.

3. Menjadi Seorang Reseller pada Toko

Contoh peluang usaha berikutnya yang tak kalah menarik adalah dengan menjadi seorang reseller. Bisnis reseller mengalami perkembangan begitu pesat seiring dengan adanya toko online. Bahkan banyak sekali anak muda maupun ibu rumah tangga yang menjalankan bisnis ini dari rumah karena sangat mudah.

Reseller adalah seseorang yang bekerja sama dengan penjual untuk menjual kembali produk mereka. Reseller berperan sebagai pencari customer agar mau membeli produk atau menggunakan jasa. Namun contoh peluang usaha ini juga perlu mengeluarkan sejumlah modal untuk membeli produk tersebut terlebih dahulu alias untuk stok barang.

Namun umumnya modal yang diperlukan tak begitu tinggi. Anda dapat menentukan jenis produk yang hendak dijual kembali. Apakah akan memilih produk pakaian, perawatan tubuh, kecantikan, makanan, dan lain sebagainya. Contoh peluang usaha menjadi seorang reseller memiliki keuntungan tersendiri. Reseller dapat menentukan harga sendiri.

4. Membuka Layanan Jasa Penerjemah

Contoh peluang usaha menjadi penerjemah bahkan bisa dilakukan tanpa modal uang sekalipun. Bisnis ini mengandalkan penguasaan bahasa asing dan skill menulis sehingga dapat menjadi dokumen utuh yang enak dibaca dan mudah dipahami. Penerjemah merupakan suatu profesi yang masih kerap dipandang sebelah mata.

Padahal penghasilan dari jasa penerjemahan bisa dibilang cukup memuaskan. Secara umum penerjemah dibedakan menjadi penerjemah professional atau tersumpah dan pemula. Umumnya penerjemah professional adalah mereka yang telah memiliki pengalaman sesuai ketentuan tertentu serta disumpah profesi. Namun ini tidak berlaku untuk penerjemah yang masih pemula.

Anda yang menguasai bahasa asing seperti Inggris, Mandarin, Korea, Jepang, Prancis, dan lain-lain dapat memanfaatkan kemampuan tersebut untuk menghasilkan uang. Untuk pemula, anda dapat memulai dengan menerjemahkan dokumen seperti skripsi, makalah, artikel, atau jurnal. Contoh peluang usaha ini juga memerlukan laptop atau PC untuk mengetik hasil penerjemahan.

Tawarkan jasa anda melalui berbagai platform, seperti media sosial, website pribadi, atau situs yang mewadahi pekerja lepas (freelance). Pendapatan yang diperoleh dari menerjemah cukup menggiurkan. Pasalnya, perhitungan dilakukan berdasarkan jumlah kata. Jadi, apabila per kata dihargai Rp 50, maka honor anda adalah 25 ribu untuk setiap 500 kata.

5. Bisnis Produk Makanan Ringan

Contoh peluang usaha berikutnya adalah menjual produk makanan ringan. Makanan adalah produk yang selalu tinggi peminatnya. Makanan selalu disambut baik oleh pasar karena semua orang membutuhkan dan menyukai makanan. Agar tak mengeluarkan banyak modal, anda bisa memulai dari bisnis makanan ringan skala kecil.

Aneka snack memiliki peminat dari berbagai kalangan. Baik pria atau wanita, kecil maupun dewasa semua senang ngemil alias snacking. Itulah mengapa bisnis yang satu ini memiliki peluang cukup menjanjikan di antara usaha lainnya. Kunci dari bisnis makanan ringan adalah kualitas produk dan rasa serta unsur orisinalitasnya.

Semakin orisinil dan unik produk anda, maka potensi contoh peluang usaha ini semakin besar dibanding produk makanan tiruan atau yang sudah umum. Apalagi jika mampu mengemasnya dengan packaging menarik dan mengundang perhatian. Packaging memiliki pengaruh penting terhadap besarnya ketertarikan calon konsumen untuk membeli produk tersebut.

6. Bisnis Waralaba yang Menguntungkan

Contoh peluang usaha waralaba tak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya bisnis waralaba kini semakin meningkat. Waralaba makanan atau minuman saat ini masih menjadi primadona. Misalnya untuk produk fried chicken, kebab, kopi, teh boba, dan beraneka macam lainnya. Waralaba adalah sistem kemitraan di mana pengusaha bekerja sama dengan perusahaan.

Perusahaan memiliki produk tertentu yang sudah memiliki nama di tengah masyarakat. Bisnis waralaba termasuk ide bisnis kreatif yang cukup menjanjikan. Oleh sebab itu, umumnya waralaba memiliki kenaikan pelanggan lebih cepat. Keuntungan memilih usaha ini adalah anda tak harus bersusah payah memperkenalkan nama produk karena sudah dikenal terlebih dahulu oleh masyarakat.

Contoh peluang usaha ini seringkali dianggap harus memiliki modal besar. Kenyatannya saat ini perkembangan waralaba sudah semakin luas dan muncul franchise dengan modal kecil. Tak hanya di bidang kuliner. Waralaba juga terdapat di bidang laundry, pengiriman barang, pelatihan, dan sebagainya.

Dana memang menjadi modal penting saat membuka usaha. Namun dengan dana kecil pun anda dapat memulai bisnis sendiri. Semua usaha bisa berkembang dan sukses jika disertai dengan kerja keras, optimisme, dan doa. Contoh peluang usaha tersebut bisa anda jadikan pertimbangan sebelum memilih bidang yang tepat.

Jangan lupa untuk mempromosikan bisnis dan usaha anda di jaringan periklanan Google adwords. segera hubungi jasa google adwords untuk menayangkan iklan anda di pencarian Google dan juga website-website yang bekerjasama dengan Google.

error: Content is protected !!