Peranan Digital Marketing Terhadap Pengembangan Bisnis

I. Pengertian Digital Marketing

Apa itu digital marketing? Digital marketing atau disebut juga pemasaran digital adalah cara memasarkan produk barang atau layanan jasa dengan menggunakan teknologi digital. Terutama menggunakan internet, namun juga tidak terbatas pada penggunaan telepon seluler, iklan bergambar, dan media digital lainnya.

Perkembangan digital marketing telah merubah strategi pemasaran yang dilakukan oleh banyak pengusaha. Mulai dari usaha mikro, kecil, menengah, bahkan perusahaan besar. Dan para konsumen juga sudah jarang yang berbelanja secara langsung di toko atau pasar. Mereka lebih senang mencari berbagai informasi dan solusi lewat google. Sehingga menggunakan jasa adwords profesional untuk membantu promosi bisnis anda adalah langkah yang tepat untuk menjangkau pelanggan potensial di google.

Digital marketing sering disebut juga sebagai online marketing, internet marketing, atau web marketing. Istilah pemasaran digital telah tumbuh secara terus menerus dari waktu ke waktu. Di Amerika Serikat lebih dikenal dengan nama online marketing. Sedangkan di Italia lebih populer dengan istilah web marketing. Namun secara umum lebih dikenal dengan penyebutan digital marketing di hampir seluruh negara di dunia ini.

II. Media Digital Marketing

Digital marketing mempunyai banyak saluran channels yang dapat dipilih sesuai dengan anggaran pemasaran yang dimiliki oleh perusahaan. Berikut beberapa media yang dapat digunakan untuk melakukan promosi online, antara lain:

A. Search Engine Marketing

Pemasaran mesin pencari (SEM) adalah bentuk pemasaran Internet yang melibatkan promosi situs web dengan meningkatkan visibilitasnya di halaman hasil mesin pencari (SERP) terutama melalui iklan berbayar, seperti Google Ads. SEM dapat memasukkan optimasi mesin pencari, yang menyesuaikan atau menulis ulang konten situs web dan arsitektur situs untuk mencapai peringkat yang lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari untuk meningkatkan daftar bayar per klik (PPC).

Langkah yang harus dilakukan ketika ingin melakukan pemasaran menggunakan mesin pencari seperti Google adalah dengan memiliki sebuah website bisnis. Dengan website tersebut maka sebuah bisnis dapat dipromosikan di google untuk menjangkau para pelanggan potensial di Google. Jika belum mempunyai website, silahkan hubungi jasa pembuatan website profesional yang siap membantu design web anda.

Selain web bisnis yang diperlukan untuk promosi di mesin pencari, anda juga perlu mengetahui cara pasang iklan di Google. Dengan mengetahui cara pemasangan iklan di Google maka anda akan lebih mudah dalam melakukan promosi di Google.

B. Search Engine Optimization

Search Engine Optimization atau disebut juga SEO merupakan saudara kandung dari search engine marketing. Bedanya untuk SEO adalah natural tanpa iklan, sedangkan search engine marketing harus bayar ke Google, Bing, atau search engine lainnya. Untuk bisa menerapkan SEO maka anda harus membaca 3 faktor utama SEO Google supaya lebih cepat masuk halaman 1 Google.

C. Display Advertising

Seperti yang tersirat dalam istilah ini, iklan display online berhubungan dengan menampilkan pesan atau ide promosi kepada konsumen di internet. Ini termasuk berbagai iklan seperti blog periklanan, jaringan, interstitial ads, data kontekstual, iklan di mesin pencari, iklan baris atau dinamis, dan lain-lain. Metode ini dapat menargetkan pemirsa audiens tertentu dari berbagai jenis penduduk setempat untuk melihat iklan tertentu, variasi dapat ditemukan sebagai elemen paling produktif dari metode ini.

D. Social Media Marketing

Menggunakan media sosial sebagai sarana untuk berinteraksi dengan para pelanggan potensial adalah langkah yang tepat untuk meningkatkan omset bisnis. Karena jumlah pengguna media sosial seperti Facebook, Linkedin, Instagram, Twitter, dan sejenisnya sudah mencapai milyaran orang. Sebuah ceruk pasar yang cukup besar jika diolah dengan pendekatan konsumen yang interaktif. Sehingga mampu menghasilkan sales revenue yang signifikan dari tahun ke tahun. Itulah mengapa social media marketing perlu diterapkan pada semua bisnis.

Baca Juga: Aplikasi Auto Followers Instagram

E. Video Advertising

Youtube merupakan platform mesin pencari yang menyajikan konten jawaban dalam bentuk video. Siapapun yang mencari informasi di Youtube merupakan orang yang sedang haus akan informasi tersebut. Ketika Youtube sudah memberikan jawaban berupa konten video maka biasanya langsung ditonton. Dan saat itulah waktu yang tepat untuk menayangkan iklan video anda di Youtube tersebut. Jika viewer tertarik dengan iklan anda maka biasanya akan menonton iklan video tersebut hingga selesai. Bahkan bisa jadi melakukan take action setelah menonton iklan tersebut.

Baca Juga: Pilih Google Adwords Atau SEO, Mana Yang Terbaik?

error: Content is protected !!