Standar EAT

Standar Expertise, Authoritativeness, & Trustworthiness (Standar EAT) adalah bagian dari Algoritma Google untuk menentukan kualitas sebuah website. Dengan menerapkan EAT maka Google dapat menilai otoritas sebuah website berdasarkan keahlian pembuat konten web yang bisa dipercaya oleh publik. Simak penjelasan lengkap EAT berikut ini!

A. Expertise

Expertise yang memiliki arti keahlian, merupakan hal yang paling mendasar untuk menilai sebuah website. Keahlian tersebut harus relevan dengan konten website secara menyeluruh.

Misalnya jika website anda menawarkan jasa google ads, maka website tersebut harus memiliki konten-konten yang relevan dengan google ads. Seperti tentang pengertian google ads, manfaat google ads, cara kerja iklan google ads, strategi iklan google ads, biaya iklan google ads, dan lain sebagainya. Itulah beberapa contoh konten marketing yang relevan untuk website jasa google ads anda.

B. Authoritativeness

Authoritativeness yang bermakna otoritas, adalah orang atau web siapa yang dapat dipercaya secara akurat, benar kontennya, dan dapat diandalkan. Oleh karena itu dalam sebuah website hendaknya memiliki halaman khusus yang berisi tentang kami, tentang perusahaan, atau tentang pemilik web.

Dengan adanya halaman tentang perusahaan maka pengunjung web bisa menilai tingkat otoritas sebuah website. Demikian juga dengan mesin pencari Google yang pasti memberikan penilaian terhadap perkembangan website setiap bulannya.

Tanpa adanya halaman khusus yang menjelaskan tentang website maka tingkat otoritas website menjadi rendah. Karena pengunjung web kesulitan mencari data-data yang lengkap tentang website tersebut. oleh sebab itu pastikan website yang dibuat selalu memiliki halaman tentang perusahaan atau penanggung jawab konten website.

C. Trustworthiness

Trustworthiness yang berarti kepercayaan, merupakan hal yang sangat penting dalam website anda. Website anda harus bisa meyakinkan para pengunjung bahwa ketika mereka mengakses web tersebut mereka merasa aman. Untuk memberikan rasa aman maka setiap website sebaiknya menerapkan sertifikat SSL(Socket Secure Layer) supaya tidak terjadi peretasan data.

Selain dengan menggunakan SSL, konten website juga harus berisi hal-hal yang bermanfaat bagi pengunjung web. Dan juga harus bisa memberikan solusi dari masalah yang user hadapi. Karena pengunjung web biasanya mencari jawaban lewat pencarian di Google hingga berlanjut masuk ke sebuah website.

Standar Expertise, Authoritativeness, & Trustworthiness merupakan 3 pertimbangan penting Google dalam memberikan peringkat pada sebuah website. Jadi jika sebuah web belum memenuhi standar expertise, authoritativeness, & trustworthiness maka sudah dapat dipastikan bahwa website tersebut tidak akan masuk halaman 1 Google.

Standar EAT sangat diperlukan untuk website yang berisi tentang YMYL (Your Money or Your Life), uang anda atau hidup anda. Diantara website yang berisi tentang YMYL adalah kesehatatan, medis, hukum, asuransi, pinjaman uang, bisnis, keuangan, jual beli, dan lain-lain.

Jangan lupa untuk menerapkan standar EAT pada website anda supaya web tersebut dapat peringkat yang lebih baik di mesin pencari Google. Karena standar EAT merupakan bagian yang tak terpisahkan dari strategi SEO yang harus diterapkan jika ingin menaikkan peringkat web. Silahkan baca selengkapnya >>> pengertian SEO.

error: Content is protected !!