3 Faktor Utama SEO Google

SEO merupakan serangkaian langkah optimasi untuk menaikkan posisi website ke halaman 1 Google sesuai dengan kata kunci yang ditargetkan. Ada 3 faktor utama SEO Google, yaitu faktor internal, faktor eksternal, & user experience. Baca penjelasan lengkapnya berikut ini:

1. Faktor Internal

Faktor internal merupakan faktor dari dalam web yang dapat mempengaruhi posisi sebuah website di hasil pencarian Google. Bagi anda yang ingin melakukan optimasi SEO Google dari sisi internal maka harus memahami hal-hal berikut:

A. Otoritas Website

Website authority atau otoritas website, dikenal juga sebagai otoritas domain merupakan simbol dari kekuatan sebuah website. Otoritas website menurut Ahrefs diukur berdasarkan domain rating, sedangkan versi MOZ ditimbang berdasarkan domain authority. Otoritas website dinilai dari angka 1 sampai 100. Semakin tinggi nilai otoritasnya maka akan semakin mudah untuk merangking sebuah kata kunci di halaman 1 Google.

Perhatikan gambar di bawah ini!

ilustrasi-usia-domain

Berdasarkan data yang diterbitkan oleh Ahrefs di atas, terlihat jelas bahwa rata-rata web yang rangking di halaman 1 Google adalah web yang usianya sudah lebih dari 1 tahun. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Karena setiap web yang baru dibuat memiliki domain rating sebesar 1 poin. Sedangkan untuk bisa rangking dengan kata kunci persaingan rendah saja harus memiliki domain rating sebesar 10 poin.

Rata-rata otoritas website akan meningkat dari angka 1 ke angka 10 dalam waktu 1 tahun. Apakah ada cara yang lebih cepat? Ada. Jika anda mempunyai semangat yang tinggi untuk menaikkan otoritas website maka anda harus rela mengeluarkan isi dompet anda untuk biaya pengelolaan website anda.

Berikut segmentasi otoritas domain atau domain rating (DR) yang diperlukan untuk bisa rangking di halaman 1 Google:

DR 1 – 10 = cocok untuk SEO dengan kata kunci persaingan rendah. Kata kunci dengan persaingan rendah biasanya berupa long tail keywords, atau kata kunci yang terdiri dari 4 kata atau lebih dengan jumlah volume pencarian per bulannya mencapai angka puluhan hingga ratusan pencarian di Google.

DR 10 – 30 = cocok untuk SEO dengan kata kunci persaingan menengah. Kata kunci dengan persaingan menengah biasanya terdiri dari 3-4 kata dengan jumlah volume pencarian per bulannya mencapai angka ratusan hingga ribuan pencarian di Google.

DR 30 – 70 = cocok untuk SEO dengan kata kunci persaingan berat. Kata kunci dengan persaingan berat umumnya terdiri atas 2-3 kata dengan jumlah volume pencarian per bulannya mencapai ribuan hingga jutaan pencarian di Google.

DR 70 – 100 = cocok untuk SEO dengan kata kunci persaingan sangat berat. Untuk keywords persaingan berat umumnya terdiri dari 1-3 kata dengan jumlah volume pencarian per bulannya mencapai angka lebih dari 1 juta pencarian di Google.

Setelah mengetahui segmentasi domain rating maka silahkan naikkan domain rating web anda.

B. Durasi Registrasi Domain

Pada umumnya registrasi domain dilakukan untuk jangka waktu 1 tahun, kemudian diperpanjang pada tahun-tahun berikutnya. Namun ketahuilah bahwa Google memberikan penilaian lebih pada domain web yang diregistrasi lebih dari 1 tahun. Karena Google menganggap bahwa domain yang diregistrasi untuk jangka waktu yang lama merupakan bukti dari keseriusan bisnis pemilik web.

C. SEO On Page

SEO on page merupakan serangkaian langkah optimasi website untuk bisa ranking di hasil pencarian Google dengan fokus utama pada konten website. Langkah-langkah tersebut meliputi:

Menjadikan kata kunci sebagai judul konten. Sehingga pengunjung web bisa lebih mudah mengetahui isi konten web dari judul yang tertulis.

Menempatkan kata kunci pada URL sebuah konten. Dengan adanya URL yang mengandung kata kunci maka Googlebot akan lebih mudah memahami isi konten webnya.

Menyisipkan kata kunci pada meta deskripsi. Hal ini berfungsi untuk memperjelas isi dari konten web dan juga untuk meningkatkan nilai CTR web tersebut.

Menyebar kata kunci pada isi konten web secara proporsional. Supaya konten website terlihat natural dan enak dibaca. Hindarilah keywords stuffing yang dapat mengganggu kenyamanan pengunjung web.

Isi konten harus relevan, unik, lengkap, solutif, dan komprehensif. Sehingga user akan merasa puas karena mendapatkan jawaban terbaik dari apa yang dicarinya di halaman 1 Google.

Memiliki internal link yang relevan antar halaman web. Sehingga akan mampu mengurangi nilai bounce rate dan dapat meningkatkan posisi rangking website di halaman 1 Google.

Dan lain sebagainya…

D. Frekuensi Update Konten

Frekuensi update konten atau seberapa sering anda melakukan update konten lama atau menerbitkan konten baru di website anda. Semakin sering melakukan update konten maka akan semakin cepat masuk di halaman 1 Google. Dan semakin malas untuk melakukan update konten maka website anda akan semakin tenggelam di halaman antah berantah. Itulah alasan mengapa konten terbaru penting untuk situs web dan SEO anda.

2. Faktor Eksternal

Faktor eksternal merupakan faktor dari luar web yang dapat mempengaruhi posisi sebuah website di hasil pencarian Google. Bagi anda yang ingin melakukan optimasi SEO Google dari sisi eksternal maka harus membaca hal-hal berikut:

Adanya backlink dari website yang relevan dan berkualitas. Dengan backlink yang berkualitas maka rangking website akan cepat naik ke halaman 1 Google.

Meningkatkan popularitas website di sosial media. Supaya makin banyak orang yang mengenal website anda dan berpeluang untuk meningkatkan nilai trust Google terhadap website anda.

Mencantumkan web bisnis anda di Google Maps. Sehingga website anda lebih mudah muncul di halaman 1 Google untuk pencarian dari lokasi terdekat.

Mempromosikan web di jaringan periklanan online. Dengan tujuan untuk meningkatkan popularitas dan berpeluang mendapatkan backlink dari website lainnya yang relevan.

Dan lain sebagainya…

3. User Experience

User experience atau kepuasan pengunjung web merupakan bagian dari penilaian algoritma google terhadap kualitas sebuah website. Berikut hal-hal yang mempengaruhi user experience:

Page loading speed atau kecepatan akses konten web ketika dibuka. Idealnya sebuah web bisa dibuka dengan waktu kurang dari 3 detik saja. Semakin cepat dibuka halaman webnya maka akan semakin meningkatkan nilai user experience.

Mobile friendly atau disebut juga ramah seluler. Ini sangat penting karena lebih dari 50% pengguna internet menggunakan smartphone. Oleh karena itu jika web tidak responsive maka akan mengurangi kepuasan pengunjung web dari smartphone.

Penggunaan Https pada URL website. Dengan menggunakan https maka data-data user yang bersifat privasi akan terenkripsi secara aman dan terkendali.

Navigasi website yang komprehensif dan enak dilihat. Sehingga pengunjung web lebih mudah memahami isi dari web anda secara general.

Hindari pop up atau iklan yang menutupi konten web. Karena web yang mempunyai banyak iklan akan mengganggu kenyamanan pengunjung web ketika sedang membaca isi website tersebut.

Dan lain sebagainya…

Demikian 3 faktor utama SEO Google yang perlu anda terapkan pada website anda. Hendaklah bersabar ketika melakukan optimasi SEO karena membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Jika ingin cepat masuk ke halaman 1 Google, maka anda bisa menggunakan layanan periklanan dari Google ads. Dengan menggunakan Google ads maka website bisa muncul di halaman 1 Google dengan cepat sesuai dengan keywords yang ditargetkan. Dan jika anda belum mengerti cara pasang iklan di Google ads maka anda dapat menggunakan jasa adwords profesional untuk mengiklankannya.

Selamat berjuang dan sampai jumpa di halaman 1 Google.

error: Content is protected !!