Pilih Google Adwords Atau SEO, Hmmm…?

google adwords (ads) atau seo

Google adwords VS SEO, mana yang terbaik? ini adalah kebingungan yang sering dialami oleh para pemilik bisnis yang baru memiliki website. Mereka terombang-ambing oleh informasi yang beredar di internet. Ada yang menyarankan untuk menggunakan google adwords, ada juga yang menyarankan untuk menggunakan SEO. Lalu, harus pilih yang mana? Tenang dan jangan galau, kami akan berikan fakta dibalik Google Ads VS SEO. Sehingga anda bisa mengambil keputusan secara bijak dan cermat dalam mempromosikan bisnis anda melalui internet. Cek ulasannya berikut ini!

A. Google Adwords (Ads)

Google adwords atau sekarang dikenal dengan google ads merupakan platform periklanan PPC yang disediakan oleh Google untuk promosi di google dan partner google.

Dengan menggunakan google adwords, maka proses untuk masuk di halaman 1 google sangat cepat, bahkan tidak sampai 1 jam sudah bisa tayang di halaman pertama google. Dan untuk masuk di urutan pertama juga tidaklah sulit. Karena google ads menggunakan sistem lelang, siapa yang bayar lebih tinggi maka webnya yang akan berada di posisi teratas. Tentunya quality score juga menjadi bahan pertimbangan google dalam menempatkan posisi web yang diiklankan. Quality score diperhitungkan berdasarkan relevansi antara iklan dan landing page, user experience, CTR, dan lain-lain.

Dengan munculnya web anda di deretan teratas google maka secara otomatis berpeluang mendapatkan pelanggan baru secara cepat. Website akan muncul ketika ada netizen yang mengetikkan kata kunci yang telah ditargetkan. Sehingga penggunaan anggaran iklan akan efektif sesuai dengan jumlah klik yang diperoleh dari kata kunci yang ditargetkan. Semakin besar anggaran beriklan maka akan semakin banyak jumlah pengunjung web, dan semakin besar pula peluang mendapatkan pelanggan baru.

Selain iklan pencarian (search ads), Google adwords juga memiliki fitur iklan display, iklan video, shopping, dan aplikasi. Penempatan iklan bisa di semua produk dan partner google, seperti youtube, gmail, google maps, play store, dan juga website-website yang telah bekerja sama dengan google dalam program google adsense.

Baca Juga: Mengapa Jasa Adwords Tidak Menjamin Kenaikan Omset Anda

Dengan menggunakan google ads maka pengiklan dapat menargetkan konsumen berdasarkan kata kunci, perangkat yang digunakan, lokasi, waktu, gender, usia, penghasilan, dan lain-lain. Sehingga iklan bisa benar-benar dilihat oleh orang yang tepat.

B. Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah langkah-langkah untuk mengoptimasi sebuah website supaya bisa masuk halaman 1 mesin pencari seperti google secara organik dan natural.

Strategi SEO membutuhkan variasi waktu yang berbeda untuk bisa masuk halaman pertama google. Bisa masuk halaman 1 google dalam waktu 6 bulan bahkan ada yang sampai bertahun-tahun. Hal tersebut terjadi karena tingkat persaingan kata kunci yang semakin kompetitif. Terutama untuk kata kunci transaksi atau jual beli sudah sangat berat persaingannya.

Hampir semua marketplace besar sudah menggunakan kata kunci komersial. Dan ini menjadi tantangan bagi pemilik usaha kecil dan menengah yang ingin menggunakan SEO untuk menampilkan webnya di halaman 1 Google.

Ketika anda sedang melakukan optimasi SEO terhadap web bisnis anda, maka anda harus bersabar dan terus melakukan optimasi tanpa henti. Ketahuilah bahwa ketika anda melakukan optimasi web, kompetitor anda juga melakukan hal yang sama. Anda harus berjuang untuk sama-sama memberikan web yang terbaik kepada mesin pencari Google. Selama proses optimasi SEO belum mencapai halaman 1 Google, maka selama itu anda belum mendapatkan pelanggan baru dari mesin pencari Google.

C. Google Ads VS SEO

  • Google Adwords VS SEO sama-sama membutuhkan biaya untuk melakukannya. Perbedaan yang sangat terlihat adalah ROI (Return of Investment) google adwords lebih cepat dari pada ROI SEO.
  • Posisi iklan selalu berada di 4 deret teratas hasil pencarian google, sedangkan web SEO berada di bawah iklan.
  • Web yang menggunakan google ads bisa menargetkan jumlah kata kunci yang tak terbatas, sedangkan web SEO memiliki batasan jumlah kata kunci di setiap kontennya. Semakin banyak kata kunci yang ditargetkan maka akan semakin besar biaya yang dibutuhkan.
  • Web yang menggunakan SEO akan bertahan lebih lama di halaman pertama Google, sedangkan web yang menggunakan iklan adwords akan hilang dari deretan teratas jika saldo iklan habis.
  • Dengan google adwords maka pemilik web bisa melakukan pemasaran ulang (remarketing) sehingga iklan akan terus mengikuti orang yang menjadi target market. Berbeda sengan SEO yang hanya bisa muncul ketika ada netizen yang melakukan pencarian di google sesuai dengan kata kunci yang ditargetkan.
  • Web yang menggunakan Google Ads atau pun SEO sama-sama mendapatkan penilaian dari Google. Penilaian tersebut mencakup site speed, CTR, tingkat relevansi, pengalaman pengguna, dan lain-lain. Semakin relevan antara kata kunci, judul, dan isi konten maka akan semakin murah biaya iklannya dan dari segi SEO akan semakin cepat masuk halaman 1 Google.
  • Baik menggunakan google ads ataupun SEO, keduanya tidak bisa mempertahankan posisi web di posisi yang sama. Karena bisnis adalah persaingan. Diperlukan skill yang harus terus update dengan perkembangan algoritma google terbaru. Dan dengan semakin banyaknya para pengusaha yang masuk ke dunia online, membuat persaingan antar bisnis semakin kompetitif. Semua berlomba-lomba menjadi yang terbaik dengan skill dan modal yang dimiliki.

D. Resolusi Akhir Google Adwords VS SEO

Melihat fakta deskripsi Google Adwords VS SEO di atas, strategi pemasaran yang mana yang harus dipilih, google ads atau SEO? Jawabannya adalah gunakan google adwords dan SEO secara bersamaan. Karena keduanya adalah senjata yang sangat ampuh untuk menaikkan omset bisnis anda melalui mesin internet.

Anda dapat menggunakan iklan adwords untuk mendapatkan pelanggan baru dengan cepat dan menggunakan SEO untuk kesuksesan pemasaran online jangka panjang.

Pertanyaannya adalah…

Apakah anda sudah mempunyai skill google ads dan SEO? Jika belum, silahkan membaca artikel tentang SEO di blog kami atau menggunakan layanan jasa adwords terbaik untuk mempromosikan web bisnis anda.

Baca Juga: Cara Agar Website Muncul Di Halaman Pertama Google

error: Content is protected !!