Ide Bisnis Makanan Modal Kecil Untung Besar

Ide bisnis makanan sangatlah banyak yang dapat anda aplikasikan saat ingin memulai usaha sendiri. Saat ini menjadi pebisnis adalah sebuah opsi yang banyak dipilih oleh masyarakat. Meskipun skala bisnis yang dijalankan masih sangat kecil, namun biar bagaimanapun pemilik berhak mengelola dan mengatur lahan usahanya sendiri.

Kuliner atau makanan merupakan salah satu usaha yang paling banyak digeluti pengusaha. Hal ini dikarenakan potensi pasar kuliner sangat luas. Apapun jenis makanannya, semua memiliki peminat masing-masing. Keuntungan yang diperoleh dari bisnis makanan pun tak bisa dianggap remeh. Meskipun terlihat sepele namun keuntungannya luar biasa.

Ide bisnis makanan kerap membuat para pengusaha terutama pemula tertarik untuk menggelutinya. Namun, letak permasalahannya berada pada jenis makanan apa yang hendak dijual nantinya. Hal ini tentu harus diputuskan berdasarkan beberapa pertimbangan. Misalnya segmen pembeli yang ditargetkan, minat masyarakat, ketersediaan modal, dan lain sebagainya.

Ada banyak jenis makanan yang bisa dijadikan ide bisnis makanan. Misalnya jenis makanan tradisional, modern, western, hingga fusion. Modal menjadi salah satu persoalan penting untuk dipertimbangkan. Banyak orang mengaku sangat ingin menjalankan bisnis kuliner tetap tidak memiliki modal yang cukup. Sehingga rencana belum bisa diwujudkan.

Namun anda tak perlu khawatir. Jika memiliki keterbatasan dalam hal modal, anda bisa memilih ide bisnis kuliner tanpa mengeluarkan dana dalam jumlah besar. Umumnya, bisnis kuliner dengan modal kecil tetap memiliki potensi untung besar. Agar tak penasaran simak ulasan mengenai referensi bisnis makanan berikut ini.

1. Bisnis Menjual Roti Bakar

Ide bisnis makanan pertama adalah roti bakar. Masyarakat Indonesia secara umum memiliki kesenangan terhadap makanan atau kudapan dengan cita rasa manis. Roti bakar saat ini memiliki cukup banyak peminat. Roti bakar sendiri relatif familiar dan disukai mayoritas orang Indonesia karena rasanya yang manis dan lembut.

Umumnya, roti bakar dijual dengan gerobak di pinggir jalan. Selain itu, banyak juga penjual roti bakar yang menjajakannya di taman atau tempat keramaian. Meski demikian, ada pula roti bakar yang harganya lebih mahal. Yakni yang dijual di tempat makan atau cafe terkenal dengan interior menarik.

Roti bakar pada umumnya terbuat dari beberapa bahan, antara lain roti tawar, mentega, susu, keju, cokelat, dan berbagai selai. Ide bisnis makanan yang satu ini terbilang cukup mudah karena proses pembuatannya tidak rumit. Roti dibakar dan diolesi mentega. Roti tawar tersebut sebelumnya sudah dibelah terlebih dahulu untuk mengisi isian.

Setelah roti tawar yang dibakar cukup kering, selanjutnya di bagian tengah diisi dengan berbagai pilihan. Misalnya keju, cokelat, selai strawberry, nanas, blueberry, dan lain-lain. Setelah diberi isian, roti ditumpuk lalu dipastikan agar benar-benar kering pas. Setelah proses pembuatan selesai, lalu memotong roti menjadi beberapa bagian.

Selain mudah, ide bisnis makanan ini juga tak memerlukan modal yang terlalu besar. Manfaatkan uang yang anda miliki sebaik mungkin untuk diinvestasikan ke bisnis. Jika bisnis sudah berjalan, anda dapat mengembangkannya menjadi lebih besar. Tak ada salahnya melakukan inovasi baru dengan tambahan pilihan topping lezat dan menarik.

2. Menjual Aneka Gorengan

Ide bisnis makanan berikutnya yaitu berjualan aneka gorengan. Gorengan adalah salah satu jenis makanan yang sangat akrab bagi orang Indonesia. Rasanya yang renyah dan gurih menjadikan gorengan sebagai makanan pelengkap paling digemari. Semua kalangan baik itu strata sosial tinggi atau rendah, lelaki maupun perempuan menyukai gorengan.

Meskipun sering dinyatakan sebagai makanan tidak sehat karena tinggi kalori dan minyaknya. Namun pada kenyataannya gorengan tetap menjadi primadona tersendiri sehingga banyak dicari. Anda dapat melihat hal ini sebagai peluang sangat bagus untuk menjadikannya lahan bisnis. Modal untuk berjualan gorengan pun sebenarnya terbilang sangat rendah.

Tentunya dengan menyesuaikan jenis gorengan yang akan dipilih. Apakah berupa bakwan, tempe, tahu kremes, tahu bulat, atau bahkan campuran. Selanjutnya anda bisa membelanjakan bahan makanan yang sesuai dengan kebutuhan. Ide bisnis makanan ini memiliki potensi menjanjikan untuk menghasilkan uang meskipun ada isu keterbatasan modal.

3. Membuka Usaha dengan Menjual Aneka Keripik

Ide bisnis makanan selanjutnya yaitu berjualan aneka keripik. Sama halnya dengan gorengan, makanan yang satu ini pun sangat digemari masyarakat. Keripik merupakan makanan yang dioleh dari bahan tertentu dengan cara memotong setipis mungkin lalu digoreng hingga garing. Beberapa bahan yang umum dijadikan keripik misalnya singkong, kentang, dan sebagainya.

Keripik singkong maupun kentang sering dijumpai di pinggir jalan. Biasanya dijajakan dengan gerobak. Pembeli dapat memilih beraneka bumbu yang tersedia. Apakah bumbu pedas, bumbu balado, jagung bakar, keju, dan lain-lain. Selain keripik singkong dan kentang, ada pula jenis keripik buah.

Yaitu buah-buahan yang dipotong tipis, dikurangi kandungan airnya, lalu digoreng hingga garis. Setelah digoreng, selanjutnya dilakukan pengeringan kembali agar kadar minyaknya hilang. Setelah semua proses terlalui, keripik buah dapat dikemas dengan packaging menarik. Ide bisnis makanan keripik buah ini biasanya terbuat dari nangka, salak, apel, dan sebagainya.

Anda dapat menggunakan ide ini untuk menghasilkan uang. Modal yang diperlukan pun relatif terjangkau. Meskipun peminat keripik tinggi, anda tetap perlu melakukan teknik pemasaran dengan kreatif dan inovatif. Hal ini akan membuat bisnis anda semakin lancar. Yang terpenting adalah tetap menjaga rasa dan kualitas keripik.

4. Membuka Usaha Rice Bowl

Anda juga dapat menjadikan menu rice bowl sebagai ide bisnis makanan. Rice bowl adalah sebuah paket makanan, umumnya terdiri dari nasi dan beraneka pilihan lauk pauk, yang menggunakan wadah semacam mangkok sebagai tempatnya. Rice bowl masih dianggap sebagai makanan praktis dan harganya terbilang hemat.

Ide bisnis makanan rice bowl ini biasanya sangat diminati untuk sarapan, baik di sekolah, kampus, maupun kantor. Rutinitas di pagi hari yang hectic seringkali membuat orang-orang tidak sempat menyiapkan sarapan. Nah, sebagai orang yang memiliki jiwa entrepreneurship kuat, sebaiknya anda melihat hal ini sebagai peluang usaha menguntungkan.

Sebagai permulaan, cobalah menjual rice bowl beraneka menu dengan sistem pre order. Jadi, anda membuat list pesanan pada hari sebelumnya agar dapat disiapkan dan di distribusikan ke alamat masing-masing pemesan. Ide bisnis makanan ini peminatnya terbilang banyak. Lakukan promosi melalui media digital atau melalui teman dan keluarga terdekat.

Agar tidak bosan dengan menu yang itu-itu saja, buatlah pilihan menu berbeda dan bervariasi. Perhatikan pula konsep dan bentuk bowl yang digunakan. Usahakan membuat semacam logo atau label makanan menarik dan agar pelanggan yang memesan rice bowl semakin banyak. Jika ditekuni dengan serius, ide bisnis makanan tersebut akan terus berkembang.

5. Menjual Aneka Macam Sambal

Ide bisnis makanan yang tak kalah menarik adalah menjual aneka sambal. Sambal merupakan salah satu pelengkap wajib saat tengah menyantap berbagai makanan. Rasa pedas pada sambal mampu membuat selera makan kian meningkat. Tak mengherankan jika sambal menjadi salah satu teman makan paling favorit bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Manfaatkan celah ini untuk membuat produk sambal dalam kemasan khusus kemudian dijual luas. Namun, untuk menghasilkan produk sambal berkualitas perlu memperhatikan banyak hal. Misalnya resep sambal yang sesuai dengan lidah orang Indonesia, ketahanan sambal, hingga pengemasannya. Sebelum memasarkan, anda tentu perlu mengujinya terlebih dahulu.

Buatlah kreasi sambal terbaik anda lalu simpan ke dalam wadah tertutup. Kemudian masukkan ke dalam lemari pendingin lalu amati berapa lama sambal tersebut mampu bertahan. Di awal, anda tak perlu membuat jenis sambal yang bermacam-macam. Tak ada salahnya mencoba ide bisnis makanan ini satu resep terlebih dahulu.

Berikan beberapa sampel kepada tetangga atau keluarga anda, lalu minta mereka untuk memberikan penilaian dan masukan. Jika berhasil, anda dapat mulai memasarkannya secara luas. Saat bisnis sudah berkembang, tak ada salahnya menambah variant sambal dengan jenis berbeda. Misalnya sambal roa, sambal cumi, sambal pete, sambal jengkol, dan sebagainya.

6. Membuka Usaha Kopi Angkringan

Ide bisnis makanan yang satu ini fokus pada kopi. Kopi adalah minuman yang sangat akrab dengan masyarakat Indonesia. Keharuman dan kelezatan di setiap seruputannya membuat kopi kerap menjadi pilihan utama. Baik anak muda hingga orang tua umum sekali menyukai kopi. Baik untuk teman nongkrong, bekerja, atau sekadar santai di rumah.

Kopi adalah ide bisnis makanan dan minuman yang tak pernah sepi peminat. Asalkan racikan kopinya pas dan mantap, orang pun tak akan kapok menikmatinya. Apalagi jika anda menyediakan tempat yang nyaman untuk bercengkerama antar teman. Untuk melengkapi secangkir kopi, sebaiknya anda juga menyediakan berbagai kudapan pelengkap.

Kudapan tersebut diletakkan di sebuah gerobak bernama angkringan. Beberapa kudapan tersebut misalnya aneka gorengan, sate telur puyuh, nasi kucing (nasi porsi kecil), dan sebagainya. Angkringan sangat populer di daerah Yogyakarta dan mulai berkembang di wilayah Jawa Tengah. Selain kopi, di angkringan juga menyediakan wedang jahe, susu, dan sebagainya.

Ide bisnis makanan berupa kopi angkringan modalnya pun terbilang terjangkau. Untuk modal investasi awal, anda hanya perlu membeli sebuah gerobak yang bisa dipakai seterusnya. Angkringan menjadi simbol keakraban dan kehangatan antar sahabat terutama di malam hari. Usaha yang satu ini juga patut dipertimbangkan.

7. Menjual Makanan Rumahan

Ide bisnis makanan terakhir yaitu menjual makanan rumahan. Beberapa jenis makanan rumahan kerap kali menjadi pilihan utama bagi sebagian orang. Makanan rumahan seperti sayur bayam, sayur sop, sayur tumis kangkung, kering tempe, pepes ikan, dan lain-lain lebih disukai dan banyak peminatnya.

Menu makanan rumahan juga bisa menjadi rekomendasi ide bisnis makanan dengan modal cukup terjangkau. Makanan rumahan termasuk ide bisnis rumahan mudah yang mudah dijalankan. Apalagi dengan tingkat kesibukan masyarakat yang kian menanjak. Aktivitas memasak menjadi bukan kegiatan wajib setiap hari. Tak jarang keluarga lebih memilih membeli makanan matang dibanding memasak.

Anda dapat menjual makanan rumahan secara langsung maupun online. Artinya, pemasaran digital juga perlu diupayakan agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Keuntungan dari berjualan makanan termasuk tinggi. Meski demikian, menjalankan ide bisnis makanan yang satu ini perlu mempersiapkan fisik.

Memiliki bisnis kuliner adalah salah satu bidang yang sangat banyak peminatnya. Anda bisa memiliki dan mengelola bisnis sendiri meskipun dengan modal yang kecil. Kunci keberhasilan sebuah bisnis adalah konsistensi, disiplin, kerja keras, dan keyakinan. Jika semua terpenuhi, maka eksekusi ide bisnis makanan akan berjalan dengan mulus dan lancar.

error: Content is protected !!