Apa Itu Social Media Marketing

Apa itu social media marketing menjadi pertanyaan yang sering dilontarkan di era globalisasi seperti sekarang ini. Kecanggihan teknologi yang terus berkembang pesat, telah mengubah berbagai aspek kehidupan menjadi lebih mengandalkan digital. Mulai dari bidang pendidikan hingga bidang ekonomi pun tak luput dari yang namanya kecanggihan teknologi. Anda pun bisa merasakan pengaruhnya dalam kehidupan sehari-hari.

Kali ini, kami akan membahas tentang media sosial yang mulai dimanfaatkan untuk berbagai hal, misalnya untuk sektor ekonomi. Seperti yang kita tahu, promosi atau marketing sangat dibutuhkan dalam bisnis untuk memperkenalkan produk atau jasa anda ke khalayak umum. Bahkan sekarang media sosial sudah digunakan sebagai salah satu media marketing yang paling diandalkan.

1. Media Sosial yang Populer di Indonesia

Bagaimana anda bisa mengetahui apa itu social media marketing, jika belum mengetahui media sosial apa saja yang sedang menjadi perbincangan di Indonesia. Hingga saat ini, anda pasti sudah mengenal sejumlah media sosial yang mungkin sudah anda gunakan dari dulu hingga sekarang. Setiap negara pasti memiliki media sosial favoritnya masing-masing, begitu juga di Indonesia.

Misalnya saja, Twitter lebih populer di Indonesia dibanding di Myanmar, begitu juga dengan media sosial WhatsApp yang lebih dikenal di Indonesia dibanding di Korea Selatan. Bagi anda yang akan memilih media sosial sebagai media marketing, maka harus tahu media sosial apa saja yang populer di Indonesia jika target pasar anda adalah Indonesia.

Riset We Are Social 2018 menunjukkan bahwa ada 10 platform media sosial yang paling terkenal di Indonesia, yaitu Youtube, Facebook, WhatsApp, Instagram, LINE, BBM< Twitter, Google+, FB Messenger, dan LinkedIn. Jadi, setelah Anda mengetahui apa itu social media marketing, maka pilihlah media sosial yang paling populer saat ini agar promosi lebih maksimal.

2. Manfaat Media Sosial

Pada dasarnya, media sosial berfungsi sebagai media komunikasi dengan berbagai fitur yang menarik, mulai dari voice note, vcall, pengiriman dokumen, gambar dan video, stiker dalam chat dan lain sebagainya. Tidak heran jika sekarang ini, sudah semakin sedikit orang yang menggunakan telepon atau SMS, karena sebagian besar dari mereka sudah beralih ke media sosial.

Media sosial juga disebut sebagai tempat untuk mengekspresikan diri karena anda bisa berbagi pikiran dan perasaan. Jika dilihat dari manfaat ini, media sosial bisa disebut sebagai pisau bermata dua. Apabila anda tidak bijak dalam menggunakannya, maka itu bisa merugikan diri anda dan orang lain. Setelah mengetahui apa itu social media marketing anda akan mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Banyaknya fitur komunikasi yang tersedia dalam media sosial membuatnya bisa dimanfaatkan dalam bisnis, yaitu sebagai salah satu media untuk menjalankan marketing. Seperti yang anda tahu, bahwa sekarang ini hampir setiap orang memiliki akun media sosial. Apabila anda menggunakan media sosial dengan tepat, maka promosi akan berjalan dengan lancar.

3. Pengertian Media Sosial Marketing

Setelah mengetahui berbagai hal tentang media sosial, saatnya kita membahas tentang apa itu social media marketing. Sekarang ini, semakin banyak produsen yang bermunculan untuk menjajakan produk dan menawarkan jasa, sehingga persaingan di dunia bisnis sangatlah ketat. Banyak di antara mereka yang kemudian membuka sayapnya dengan memiliki website atau blog.

Bukan itu saja, bahkan mereka juga menggunakan media sosial sebagai media untuk menjalankan marketing dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan dan penjualan mereka. Jadi, pengertian dari social media marketing adalah penawaran atau pengenalan produk dan jasa yang dilakukan menggunakan media sosial, mulai dari Facebook, Twitter, Youtube, Instagram dan lain sebagainya.

Selain itu, media sosial juga membantu para produsen atau pelaku bisnis untuk berkomunikasi dengan para konsumen. Mereka bisa mendapatkan masukan dan mengetahui apa yang menjadi keinginan dari konsumen. Hal ini tentunya sangat berguna untuk meningkatkan mutu produk dan pelayanan. Dengan begitu, apa itu social media marketing tidak hanya berguna untuk promosi tapi juga berkomunikasi.

4. Komponen Penting pada Media Sosial Marketing

Kali ini anda akan mengetahui setiap komponen yang harus dimiliki social media marketing agar proses pemasaran berjalan lancar. Komponen pertama yang harus dipenuhi adalah fokus pada sasaran ketika anda melakukan pemasaran. Dalam bisnis, pasti anda memiliki target pasar sehingga berfokuslah pada target pasar anda, agar pemasaran berjalan sesuai dengan harapan.

Komponen kedua adalah bersabar karena tidak mudah untuk memulai sesuatu, termasuk dalam marketing menggunakan media sosial ini. Konversi penjualan yang tidak bisa dilihat secara langsung terkadang membuat anda menyerah begitu saja, padahal kabar baik bisa saja menanti anda. Komponen ketiga adalah menggabungkan banyak platform media sosial, agar bisa menyentuh berbagai kalangan.

Komponen keempat adalah menggunakan influencer yang berpengalaman dan profesional dalam memasarkan suatu produk, karena sekarang ini banyak selebgram atau selebriti yang membuka jasa endorse. Kemudian, komponen yang terakhir adalah interaksi yang aktif. Dengan begitu, anda bisa selalu memantau bagaimana kondisi pasar dan keinginan para konsumen, terhadap produk atau layanan yang diberikan.

5. Cara Kerja Media Sosial Marketing

Percuma jika anda hanya mengenal apa itu social media marketing, tanpa mengetahui bagaimana cara kerjanya dalam pemasaran. Apabila anda mengetahui cara kerja media sosial untuk marketing, maka anda bisa melakukan berbagai macam strategi yang sekiranya akan memberikan hasil lebih maksimal. Perlu diketahui bahwa media sosial tidak bekerja secara langsung terhadap proses marketing.

Bagi anda yang mengawali langkah ini atau baru membuka bisnis ini, maka diperlukan waktu cukup lama untuk menumbuhkan rasa trust dari masyarakat, sehingga konversi penjualan pun bisa dilihat dalam waktu yang lama. Apabila rasa percaya dari masyarakat sudah muncul, maka penjualan baru merasakan keuntungannya, seperti menggunakan selebgram sebagai strateginya.

Banyak marketer yang akhirnya menyerah karena tidak sabar, jika harus menunggu proses konversi dari promosi penjualan menggunakan media sosial ini. Memahami apa itu social media marketing saja tidak cukup untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Anda harus tahu kebutuhan pasar dan bisnis anda, sehingga akan mendapatkan strategi paling tepat untuk pemasaran.

6. Strategi Melakukan Media Sosial Marketing

Untuk melakukan strategi ini, anda harus memahami terlebih dahulu bagaimana kondisi pasar, mulai dari riset konsumen, riset kompetitor, dan lain sebagainya. Hasil dari riset inilah yang akan menjadi bekal bagi anda untuk menyusun strategi yang tepat dalam proses marketing. Jangan lupa untuk menentukan target dan goals anda dalam menjalankan marketing.

Kemudian, pilihlah platform apa saja yang akan digunakan dan pastikan bahwa anda telah membuat konten yang menarik, elegan dan menampilkan profesionalitas bisnis anda. Dalam memposting konten pun tidak boleh sembarangan, anda harus menentukan waktu yang tepat agar konten langsung dilihat oleh banyak orang. Setelah strategi dilakukan, jangan lupa untuk melakukan evaluasi untuk mengetahui keberhasilannya.

Pada dasarnya media sosial bisa digunakan sebagai salah satu media untuk melakukan proses pemasaran. Banyaknya pengguna media sosial mampu membuka pasar menjadi lebih luas lagi, sehingga lebih mudah untuk mendapatkan konsumen. Namun, mengetahui apa itu social media marketing tidak cukup, sehingga anda harus mencari strategi marketing yang tepat menggunakan media sosial.

error: Content is protected !!