Membuat Web Dengan HTML

Membuat web dengan HTML sangatlah mudah. Baca penjelasan lengkapnya berikut ini:

1. Membuat Web Dengan HTML

Tidak jauh berbeda dengan cara membuat website di wordpress. Untuk membuat website html juga dilakukan dengan beberapa tahapan langkah yang harus Anda ikuti, di antaranya : 

  1. Pertama pastikanlah untuk memilih aplikasi yang akan Anda gunakan untuk membuat website dengan html. Salah satu aplikasi yang paling mudah untuk digunakan adalah Notepad. 
  2. Setelah itu masukan kode khusus pembuat website ke dalam Notepad tersebut. 
  3. Bagian selanjutnya adalah menyimpan file tersebut dengan memberikan nama sesuka Anda, namun pada bagian akhirnya pastikan untuk menggunakan (.html). Hal tersebut dilakukan agar file dapat terbaca sebagai html. 
  4. Untuk melihat bagaimana hasilnya, Anda hanya tinggal mengklik kanan pada file itu tadi kemudian lakukan open with dengan memilih browser yang akan Anda gunakan. 

2. Kelebihan Membuat Web Dengan HTML

Apa saja kelebihan membuat web dengan html? Bagi Anda yang tidak mengerti dengan bahasa pengkodean tentunya pembuatan website dengan html menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Namun dibalik kesulitan yang dimilikinya tersebut ada beberapa kelebihan yang ditawarkannya. Ingin tahu apa saja? Simaklah penjelasannya berikut ini : 

  • Html dikenal sebagai bahasa pengkodean lintas platform. Artinya bahasa pengkodean tersebut dapat digunakan pada berbagai macam jenis mesin komputer dengan sistem operasi yang berbeda. Dengan demikian penggunaannya sebagai pembuat website pun terbilang fleksibel. 
  • Selain kelebihan tersebut, website dengan html juga dapat disisipi oleh gambar statis ataupun gambar dinamis seperti halnya animasi. Lebih dari itu, gambar dalam bentuk hyperlink pun dapat ditunjukkannya dengan mudah. Artinya gambar tersebut ditujukan pada alamat dari halaman web lainnya. Baik itu halaman yang masih terdapat di dalam web tersebut atau bahkan keluar dari halaman web tersebut. 
  • Kelebihan lainnya adalah website dengan html juga dapat disisipi oleh jenis animasi Java Applet dan juga animasi yang berasal dari macromedia shockwave atau bahkan macromedia flash. Namun untuk mencantumkan animasi tersebut tentunya dibutuhkan plug-in khusus yang digunakan untuk menggerakan berbagai macam animasi tersebut. 
  • Selain beberapa hal di bagian atas tadi, website html juga dapat dipercantik dengan berbagai macam bahasa pemrograman dari VBScript, JavaScript, Perl, Active Server Pages, PHP, Tcl dan beragam jenis bahasa pemrograman lainnya. 
  • Tidak memerlukan kompiler dan dapat digunakan dengan mudah hanya dengan browser biasa saja. 

3. Kekurangan Membuat Web Dengan HTML

Selain dikenal dengan beberapa kelebihan, membuat web dengan html juga dikenal dengan beberapa kekurangan. Seperti halnya : 

  • Halaman yang dihasilkan umumnya bersifat statis. Karena itulah jika Anda ingin mendapatkan hasil halaman yang tampak dinamis maka Anda harus menggunakan bahasa pemrograman lain seperti halnya  VBScript, JavaScript dan lainnya. 
  • Sangat sulit bagi para pemula karena pembuatan website dengan html banyak menggunakan tag. 
  • Tidak dapat menghasilkan tampilan website yang interactive. Dalam hal ini interactive tersebut ditunjukkan melalui interaksi yang dilakukan secara langsung antara pihak pemilik web dengan klien yang mengunjunginya. Karena itulah, untuk menangani hal tersebut maka pembuatan website html dapat disertai dengan bantuan dari bahasa pemrograman lain seperti perl atau bahkan tcl. 

Demikianlah kiranya tahapan singkat dari cara membuat web dengan html sederhana.

error: Content is protected !!