Kelebihan Dan Kekurangan Membuat Website Dengan PHP

Apa saja kelebihan yang bisa anda dapatkan jika membuat website dengan php? Sebelum memberikan jawaban dari berbagai kelebihan yang bisa Anda dapatkan darinya, ada baiknya jika Anda mengetahui apa arti dari PHP itu sendiri. Berikut penjelasannya : 

Apa itu PHP? 

PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman yang secara khusus digunakan dalam pembuatan aplikasi atau bahkan website berbasis web. Merujuk pada hal tersebut, banyak orang yang memanfaatkannya untuk membuat website.

Hal ini juga tidak lepas dari berbagai kelebihan yang dimilikinya, seperti halnya beberapa kelebihan di bagian bawah ini : 

1. Mudah dipelajari 

PHP mudah untuk anda pelajari karena menggunakan sistem konfigurasi. Dengan kata lain bahasa tersebut mudah untuk dimengerti oleh kalangan entry level yaitu tingkatan yang berada dalam tahap belajar. Dengan demikian para pemula yang ingin melakukan pengembangan pada website yang ia miliki pun dapat melakukannya dengan mudah. 

2. Memiliki komunitas besar 

PHP juga memiliki komunitas yang besar, sehingga setiap anggota atau bahkan siapa pun yang merasa kesulitan dalam mempelajarinya dapat saling berbagi ilmu dan bertukar pikiran dengan mudah. 

3. Ringkas 

Keunggulan lainnya terlihat melalui pemrogramannya yang lebih ringkas. Hal ini terbukti dari proses instalnya yang bahkan tidak membutuhkan setting berlebih, seperti halnya pada cara membuat website di wordpress yang lebih cepat.

4. Berkembang dengan cepat 

Perkembangan PHP juga terbilang cepat jika kita bandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Hal ini berkaitan dengan keberadaan tools, boiler, dan beragam fasilitas lainnya yang ada di PHP dan juga tersedia secara open source. 

5. Open source

Selain beberapa kelebihan di bagian atas tadi, PHP juga terkenal sebagai bahasa pemrograman yang open source. Dengan demikian, setiap pengguna dapat menggunakan PHP dengan lebih bebas dan bahkan hal ini tersedia secara gratis. Setiap pengguna PHP tidak perlu memberi royalti dalam bentuk apa pun. Namun untuk menggunakannya membutuhkan license yang dikeluarkan oleh PHP Group. 

6. Maintenance yang mudah 

Kelebihan lain yang bisa Anda nikmati dari penggunaan website PHP adalah proses update yang dapat anda lakukan dengan lebih mudah. Hal ini berkaitan dengan keberadaan PHP yang bersifat interpreter. Selain itu ketika melakukan proses update, Anda juga tidak harus melakukan konfigurasi ulang. 

Selain memiliki beberapa kelebihan di bagian atas tadi, membuat website dengan php juga terdapat beberapa kekurangan, seperti : 

1. Hadir dengan banyak kompetisi

Dikenal dengan jumlah komunitas yang banyak menjadikan kompetisi yang cukup ketat di antara para penggunanya. Apalagi web developer terus bertambah setiap harinya. 

2. Tidak ada tipe data 

PHP tidak memiliki tipe data, sehingga dalam bahasa pemrograman pun seringkali muncul bug-bug yang tidak berkaitan dengannya. 

3. Rawan tindak pembajakan

Memiliki sifat interpreter memang dapat mempermudah para pengguna karena dapat anda gunakan dengan lebih bebas. Namun hal tersebut juga cenderung menjadikan tindak pembajakan dapat dilakukan dengan lebih mudah. 

4. Kurang prestisius

Apabila kita bandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya, PHP dinyatakan kurang prestisius karena memiliki kesan yang kurang aman dan bahkan memiliki celah yang terbatas.

Demikianlah kiranya beragam kelebihan serta kekurangan membuat website dengan php yang dapat penulis jelaskan kali ini. Jika masih mengalami kebingungan, maka anda dapat mencari layanan jasa pembuatan website di Google. Sehingga anda dapat memiliki website bisnis dengan cepat.

error: Content is protected !!