Perhatikan Hal Ini Saat Membuat Website Dengan WordPress

Bagaimana cara membuat website untuk pemula? Membuat website bukan lah hal yang sulit, karena saat ini banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat website, salah satunya adalah membuat website dengan WordPress. Di zaman serba internet ini sangat sayang rasanya jika kita tidak ikut ambil bagian di dalamnya.

Contohnya saja dalam hal usaha bisnis. Orang yang memanfaatkan fasilitas internet untuk keperluan bisnisnya pasti memiliki peluang lebih besar dibanding yang tidak menggunakan internet. Karena internet memudahkan berbagai pekerjaan sekaligus juga memberikan peluang dan kesempatan yang lebih luas. 

Jika kamu memang serius mengembangkan usaha kamu, sudah saatnya kamu memanfaatkan fasilitas yang diberikan internet, yaitu dengan belajar cara membuat website perusahaan atau dengan menggunakan jasa pembuatan website. Membuat website sendiri merupakan salah satu langkah bijak dalam mengembangkan usaha. Kamu tinggal buat website tentang usaha kamu, lalu promosikan seluruh dagangan kamu di sana.

Jika kamu masih pemula dalam dunia internet, mungkin kamu masih bertanya bagaimana cara membuat website. Saat ini membuat website dengan WordPress merupakan cara paling mudah. Karena WordPress menyediakan berbagai kebutuhan kamu dalam membuat website. Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat membuat website dengan WordPress. 

Tentang WordPress

Sebelum kamu membuat website dengan WordPress ada baiknya kamu ketahui dulu lebih dalam tentang apa itu WordPress. WordPress dapat diartikan sebagai Content System Manajemen atau sistem manajemen konten yang bisa digunakan untuk membuat website ataupun menerbitkan konten, tanpa harus menguasai bidang bahasa pemrograman komputer.

Dengan menggunakan WordPress, pemilik website sendiri dapat mengelola sesuka hati konsep website sesuai dengan kebutuhannya. Kemudahan yang ditawarkan tersebut membuat orang yang tidak paham tentang dunia komputer dapat menjalankan dan memiliki website dengan sangat mudah. 

Website dapat digunakan semua orang karena aplikasi yang satu ini dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan juga basis data MySqL. Kedua perangkat tersebut merupakan perangkat lunak sumber terbuka.

Perangkat lunak sumber terbuka maksudnya kode sumber pada perangkat tersebut dapat diubah, dipelajari, ditingkatkan, dan juga disebarluaskan oleh siapapun. Hal ini membuat website lebih mudah digunakan dan dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

WordPress pertama kali diluncurkan pada tanggal 27 Mei 2003. Sejak saat itu WordPress sangat disukai banyak orang, dan langsung berkembang dengan pesat. Bahkan saat ini website ternama seperti The New York Times, CNN, dan Reuters juga menggunakan WordPress sebagai platformnya. 

Jenis WordPress

Cara membuat website bisnis sebenarnya cukup mudah. Namun sebelum itu, kamu harus ketahui dulu jenis WordPress mana yang hendak kamu gunakan.  WordPress sendiri terdiri dari dua bentuk, yaitu WordPress.com dan juga WordPress.org.

Kedua bentuk WordPress tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. jika kamu tidak bisa membedakan antara WordPress.com dengan WordPress.org, kamu akan kesulitan dalam memahami cara membuat website pribadi. Untuk lebih jelasnya berikut keunggulan masing masing WordPress tersebut. 

1. WordPress.com

WordPress.com dibuat oleh perusahaan Automatic. Platform yang satu ini dapat kamu gunakan untuk membuat blog. Nantinya kamu akan mendapatkan tipe domain myblog.wordpress.com.  Jika kamu ingin mengubahnya maka kamu harus rela merogoh kocek untuk membuat tipe domain seperti yang kamu inginkan.

Pada wordpress.com jika kamu menggunakan persis seperti apa yang disediakan oleh WordPress, maka kamu bisa menggunakannya secara gratis. Namun sayangnya WordPress.com memiliki banyak sekali keterbatasan. 

Buat kamu yang ingin tahu cara membuat online shop, kamu perlu menghindari wordpress.com karena platform yang satu ini tidak bisa kamu gunakan untuk keperluan bisnis. Kamu hanya bisa mempublish tulisan dan hal lainnya. Bahkan wordpress.com juga tidak bisa digunakan untuk memasang iklan. Oleh karena itu wordpress.com sebenarnya kurang cocok dijadikan sebagai website bisnis kamu. 

2. WordPress.org

Buat kamu yang ingin mempelajari cara membuat website jualan, mempelajarinya melalui wordpress.org merupakan pilihan yang paling tepat. Dapat dikatakan bahwa WordPress.org merupakan versi berbayar dari WordPress.com. Walau berbayar, kamu akan mendapatkan banyak keuntungan dari WordPress.org.

Salah satunya kamu bisa mengatur tema website kamu sesuai dengan kebutuhan. Kamu juga bisa memanfaatkan wordpress.org sebagai tempat jualan produk bisnis kamu. Keuntungan lainnya, adalah kamu juga bisa memasang iklan di website tersebut. Hal ini akan memungkinkan kamu mendapatkan penghasilan tambahan. 

Website yang Bisa Dibuat dengan WordPress

Sebelumnya telah disebutkan bahwa wordpress.com hanya bisa digunakan untuk membuat website blog saja. Sedangkan wordpress.org memiliki kemampuan yang lebih unggul dibandingkan dengan wordpress.com. Untuk kamu yang sedang mencari tahu cara bikin situs web, kamu  ketahui terlebih dahulu jenis jenis website yang bisa dibuat menggunakan wordpress berikut ini.

1. Blog

Salah satu jenis website yang dibuat orang melalui wordpress adalah blog. Menggunakan WordPress merupakan cara membuat blog untuk pemula yang paling mudah dan  efektif. Kamu bisa menggunakan wordpress.com dan juga wordpress.org untuk membuatnya.

Pada awal pembuatannya WordPress memang diperuntukkan sebagai tool blogging. Hal ini juga lah yang membuat wordpress menjadi platform blogging paling populer di dunia. Belajar cara membuat website html memang paling tepat menggunakan wordpress. 

2. Situs Bisnis

Selain membuat blog, WordPress juga sangat banyak digunakan orang untuk membuat situs bisnis mereka. Kamu bisa belajar cara membuat website bisnis dengan menggunakan WordPress.org.

Pada umumnya yang menggunakan wordpress sebagai website memang perusahaan kecil dan sedang. Tetapi beberapa perusahaan ternama juga ada yang menggunakan WordPress. Hal ini menunjukkan bahwa WordPress merupakan platform yang cocok untuk mengembangkan website bisnis kamu. 

3. Toko Online

WordPress juga bisa kamu gunakan untuk membuat website toko online kamu. Kamu cukup menggunakan wordpress.org, lalu rancang sendiri toko online kamu menggunakan WordPress. Kamu tak perlu mengubah bahasa pemrogramannya.

Cukup modifikasi tampilan WordPress sesuai dengan kebutuhan kamu, lalu pajang seluruh produkmu pada toko online yang kamu buat. Jika kamu tahu cara mempromosikannya dengan baik, toko online kamu pasti sukses nantinya. 

4. Situs Amal

Selain untuk kepentingan pribadi dan juga kepentingan bisnis, kamu juga bisa menggunakan WordPress untuk kepentingan yang lebih mulia, contohnya seperti membuat situs amal melalui WordPress. Banyak badan amal yang menggunakan WordPress sebagai platform mereka.

WordPress memiliki biaya yang relatif murah, sehingga tidak akan memberatkan jika digunakan sebagai situs amal. Jadi jika kamu ingin menggalang dana untuk kepentingan banyak orang, kamu bisa menggunakan wordpress untuk membuat web amalnya. 

Kelebihan WordPress

WordPress menjadi platform paling populer di dunia karena memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh pesaingnya. Salah satu kelebihan wordpress adalah kemudahan dalam penggunaannya. Orang yang masih awam dengan dunia website sekalipun bisa dengan mudah membuat website dengan WordPress tanpa harus ribet mempelajari banyak hal.

Kelebihan lainnya yang dimiliki WordPress adalah biayanya yang tergolong sangat murah. Jadi dengan biaya murah tersebut, kamu sudah bisa memiliki website sendiri yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan kamu. 

error: Content is protected !!