Bagaimana Cara Kerja Mesin Pencari (Google)

Pernahkah anda memikirkan bagaimana cara kerja mesin pencari (Google) yang sangat cepat? Hanya dalam hitungan detik saja setiap pertanyaan yang masuk langsung dijawab. Apapun kata kunci yang dimasukkan ke dalam kotak pencarian, Google selalu memberikan jawaban yang relevan secara cepat dan tepat. Berikut gambaran umum cara kerja mesin pencari seperti Google:

gambar simulasi bagaimana cara kerja mesin pencari

A. Melakukan Crawling

Google selalu melakukan crawling atau perayapan terhadap situs-situs baru di internet. Google memerintahkan crawler yang disebut juga dengan googlebot untuk melakukan pencarian data-data baru di internet. Setiap mendapatkan halaman web baru, googlebot selalu membacanya secara seksama dan memahami inti dari isi halamannya. Googlebot juga mengikuti semua link do follow yang terdapat di halaman tersebut. Tujuannya adalah supaya googlebot mengetahui apakah link do follow tersebut masih relevan dengan isi konten yang ada atau tidak.

Untuk saat ini googlebot masih memiliki kelemahan yaitu hanya bisa membaca tulisan saja dan tidak bisa memahami konten selain tulisan. Sehingga ketika googlebot menemukan sebuah gambar atau video dalam sebuah konten, maka googlebot hanya bisa membaca keterangan alt atttribute yang terdapat pada gambar tersebut. Tapi mungkin saja dengan kecerdasan buatan yang terus dikembangkan oleh Google dapat menciptakan googlebot yang mampu memahami isi gambar & video di masa yang akan datang.

B. Melakukan Indexing

Setelah googlebot melalukan crawling dan mendapatkan data baru maka googlebot melakukan copy data dan menyimpannya dalam Google Index Database. Setiap data yang masuk disimpan dalam sebuah server raksasa yang tersebar di berbagai negara. Dengan tujuan ketika salah satau server mengalami down atau gangguan maka server lainnya bisa saling melakukan back up. Itulah mengapa jaringan google jarang sekali down atau mengalami gangguan.

C. Always Responding

Setelah menyimpan semua data dalam index google maka alur kerja berikutnya adalah memberikan responding atau jawaban atas pertanyaan netizen. Ketika ada pengguna google yang mengetikkan sebuah kata kunci di kotak pencarian, maka dalam hitungan detik saja google langsung memberikan jawaban yang relevan dengan pertanyaan tersebut. Googlebot langsung merespon pertanyaan yang masuk dengan cara melakukan sortir halaman yang relevan berdasarkan algoritma google terbaru dan menampilkannya di halaman pertama Google.

D. Monitoring User

Setelah Google menampilkan halaman-halaman web yang relevan di halaman 1 google, maka google akan melakukan monitoring pengguna google. Google akan memperhatikan tindakan yang dilakukan oleh pengguna. Ketika pengguna melakukan klik dan mengunjungi sebuah web, maka google akan menghitung durasi waktu kunjungan yang digunakan oleh user. Semakin lama pengguna google menyelami sebuah halaman web maka google menganggap halaman web tersebut berkualitas.

Proses monitoring user dilakukan oleh Google dengan menggunakan algoritma rankbrank dan BERT. Kedua algoritma tersebut merupakan algoritma terbaru yang telah dikembangkan dengan menggunakan kecerdasan buatan. Sehingga dengan kedua algoritma tersebut, Google mampu menilai apakah sebuah halaman web berkualitas atau tidak berdasarkan respon dari pengguna.

Ketika sebuah halaman web dinyatakan lebih berkualitas dari yang lainnya, maka halaman tersebut berpeluang untuk naik ke peringkat yang lebih tinggi di halaman pertamaa Google.

Bagaimana dengan halaman web anda? Apakah sudah masuk halaman pertama Google? Jika belum, segera hubungi jasa adwords jakarta untuk menampilkan web bisnis anda di halaman satu Google.

Baca Juga: Pengertian Google Adwords dan Peranannya Terhadap Bisnis

error: Content is protected !!