Panduan Sukses Beriklan Di Google Adwords

Panduan Sukses Beriklan Di Google Adwords merupakan langkah pertama yang harus diterapkan oleh siapapun yang ingin mendapatkan konversi terbaik dari iklan di Google Ads. Simak tips & strategi beriklan di Google Ads berikut ini!

A. Optimasi Landing Page

Landing page adalah halaman tempat berlabuhnya orang-orang yang melakukan klik dari hasil pencarian di mesin pencari. Landing page dapat berupa website, blog, fans page, dan lain-lain. Bagaimanakah optimasi landing page yang dapat menghasilkan konversi penjualan? Berikut kriterianya:

  • Harus mempunyai judul yang menarik.
  • Isi konten landing page harus relevan dengan judulnya.
  • Tampilan landing page harus mobile friendly dan enak dilihat.
  • Memiliki konten yang menarik, baik berupa foto atau pun video.
  • Kecepatan website atau landing page yang uptime dan bisa diakses dalam waktu kurang dari 5 detik sehingga dapat mengurangi persentase bounce rate.
  • Sebaiknya mencantumkan manfaat bagi calon pelanggan jika mereka menggunakan jasa atau membeli produk yang ada di landing page tersebut.
  • Terdapat pengakuan dari pelanggan atau pihak ketiga yang sudah lebih dulu menggunakan jasa atau membeli produk di web tersebut. Pegakuan tersebut merupakan testimoni yang diberikan oleh pelanggan secara sukarela dan tanpa adanya unsur keterpaksaan sedikitpun.
  • Terdapat kalimat ajakan untuk melakukan tindakan yang jelas, seperti “Beli Sekarang!”, “Pesan Sekarang!”, “Telepon sekarang!”.
  • Web yang dijadikan sebagai landing page sebaiknya dilengkapi tombol telepon dan whatsapp yang mudah ditemukan.

B. Target Kata Kunci Yang Tepat

Setelah landing page anda sesuai dengan kriteria di atas maka tips sukses iklan google selanjutnya adalah penggunaan target kata kunci yang tepat. Dalam menggunakan kata kunci sebaiknya disesuaikan dengan produk atau jasa yang akan dipromosikan. Pastikan anda menerapkan kata kunci yang tepat sehingga dapat menghasilkan konversi yang maksimal.

Ada 4 jenis kata kunci yang harus anda pahami, antara lain:

  • Broad match, yaitu pencocokan relevansi kata kunci paling luas.
  • Broad match modifier, yaitu pencocokan kata kunci yang lebih sempit.
  • Phrase match, yaitu pencocokan kata kunci berdasarkan frasa.
  • Exact match, yaitu pencocokan kata kunci secara tepat 100%.

Jika iklan anda menggunakan kata kunci dengan tipe broad atau phrase match maka anda harus menyisipkan kata kunci negatif di waktu yang bersamaan. Namun bila anda menggunakan exact match maka anda tidak perlu menyisipkan kata kunci negatif. Karena fungsi utama dari kata kunci negatif adalah untuk mencegah iklan dari penayangan yang kurang relevan pada tipe penayangan luas.

C. Penempatan Iklan Pada Platform Yang Tepat

Ada 3 jenis platform untuk menayangkan iklan, yaitu desktop, tablet, dan mobile. Pastikan anda menggunakan platform sesuai dengan target konsumen yang akan dijangkau. Jika calon pelanggan anda adalah orang-orang yang selalu aktif di depan komputer maka menayangkan iklan pada platform desktop adalah suatu langkah yang tepat. Namun bila calon pelanggan anda lebih sering menggunakan smartphone maka pilihlah platform mobile atau tablet sebagai platform penayangan iklan yang tepat.

D. Penargetan Calon Customer Yang Tepat

Setelah anda menerapkan 3 tips sukses iklan google di atas maka langkah selanjutnya ialah melakukan penargetan calon pelanggan. Pastikan anda telah menargetkan calon konsumen yang tepat. Penargetan calon pelanggan mencakup penargetan gender, usia, dan pendapatan rumah tangga. Pastikan produk atau jasa anda dilihat oleh orang yang tepat.

Misalnya bila anda mempromosikan gramcaster, maka cara penargetan yang paling tepat yaitu pada semua gender dengan rentang usia 17 – 35 tahun dan pada kelas ekonomi menengah ke atas. Karena jika dipromosikan pada kelas ekonomi menengah kebawah maka kemungkinan penjualannya sangat kecil. Mungkin saja produk anda hanya ditawar harganya secara murah dan akhirnya tidak jadi dibeli karena terbatas oleh ekonomi.

E. Target Lokasi Yang Tepat

Tips sukses iklan google selanjutnya yaitu penargetan wilayah penayangan iklan, atau sering disebut dengan penargetan lokasi. Sebelum melakukan promosi pastikan anda telah memahami produk atau jasa yang akan anda iklankan.

Sebagai contoh misalnya anda menjalankan usaha service AC maka lokasi yang tepat untuk penayangan iklan anda adalah di perkotaan. Karena para pemilik AC umumnya tinggal di perkotaan, walaupun di pedesaan juga ada yang menggunakan AC. Namun jumlah pengguna AC di pedesaan sangat sedikit jika dibandingkan dengan pengguna AC di perkotaan.

F. Timing Yang Tepat

Kapan waktu penayangan iklan yang paling tepat? Jawabannya adalah sesuaikan dengan jam layanan operasional bisnis anda. Jika anda siap untuk merespon calon konsumen secara full time 24 jam non stop maka penayangan yang tepat adalah 24 jam. Jika bisnis dan usaha anda hanya buka di hari senin-jum’at maka penayangan iklannya juga disesuaikan hanya pada hari senin-jum’at.

Setelah anda memahami 6 poin utama dari tips sukses iklan google, maka langkah selanjutnya adalah menerapkannya pada iklan anda. Jika anda masih belum faham mengenai cara pasang iklan google, maka silahkan menggunakan layanan jasa iklan adwords kami. Tim kami selalu siap membantu pengembangan bisnis dan usaha anda secara online di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Bagaimana Sistem Google Menentukan Posisi Iklan

error: Content is protected !!