Pengertian Search Engine, Cara Kerja, Manfaat dan Jenis-Jenisnya

Pengertian search engine beserta cara kerja, manfaat dan jenis-jenisnya merupakan pengetahuan dasar yang harus anda pahami sebelum mengelola website atau menjadi pengguna internet. Kemajuan teknologi yang semakin pesat membuat berbagai macam produk canggih bermunculan untuk membantu meringankan kegiatan manusia. Misalnya saja, dengan kehadiran search engine yang semakin beragam jenisnya.

Sebenarnya, terdapat banyak jenis search engine yang bisa kita gunakan namun kita sudah terlalu terbiasa dengan Google. Tidak heran jika Google merupakan salah satu search engine yang paling banyak digunakan dibanding dengan search engine lainnya, bahkan sudah mendominasi di dunia dengan angka 92%. Sisanya diduduki oleh Yahoo, Bing, Yandex, Ask.com dan lain sebagainya.

Sejak pertama kali beredar di dunia maya, keberadaan situs mesin pencari ini tidak pernah tergantikan, karena memiliki manfaat dan fungsi yang sangat mendasar dalam kehidupan kita sekarang ini. Sudah banyak orang yang terbantu dengan keberadaan mesin pencari, mulai dari para pekerja, pelajar, pendidik, ibu rumah tangga, pelaku bisnis dan lain sebagainya sehingga pengertian search engine wajib dipahami.

Selain memudahkan kita untuk menemukan berbagai dokumen atau informasi, keberadaan mesin pencari ini juga berperan dalam menyumbangkan trafik pengunjung ke website. Tidak heran jika hampir semua sektor industri memanfaatkan keberadaan mesin pencari, untuk mendukungnya mendapatkan pasar yang lebih luas. Oleh karena itu, sekarang mari kita simak bersama mengenai hal-hal yang berkaitan dengan search engine.

1. Pengertian Search Engine

Sebenarnya, kita sudah menggunakan search engine sejak dulu dan hampir setiap hari kita menggunakan mesin pencari untuk berbagai keperluan. Meskipun kita sudah sering memanfaatkan search enginer, tapi masih banyak yang belum memahaminya. Apakah anda yakin sudah mengetahui pengertian dari search engine?

Pengertian search engine disampaikan pada laman Webopedia yang menunjukkan bahwa, search engine merupakan kumpulan program yang berguna untuk mencari informasi atau dokumen dengan keyword spesifik. Hasil pencarian akan ditampilkan berdasarkan keyword yang berhasil ditemukan dalam bentuk daftar. Sebagian besar orang menganggap bahwa mesin pencari adalah Google, Yahoo dan Bing. Padahal ketiganya merupakan sebagian dari jenis mesin pencari.

Berbagai jenis berkas bisa anda temukan setelah memasukkan target pencarian, mulai dari situs web, gambar, buku, berita atau jenis berkas lainnya. Segala informasi atau dokumen ini tersimpan dalam direktori website atau basis data, sehingga siapapun bisa mengaksesnya. Berbeda dengan mesin pencari yang dijalankan oleh perusahaan swasta, maka akan digunakan basis data tertutup.

Sebagian besar orang menganggap bahwa pengertian search engine hampir sama dengan konsep website, karena di website anda juga bisa menemukan beragam informasi dan dokumen pada dunia internet. Namun, search engine lebih fokus untuk mengumpulkan informasi dan kemudian mengorganisir informasi tersebut. Sehingga bisa ditampilkan sesuai dengan keyword yang dimasukkan. Hasil pencarian ini dinamakan SERP (Search Engine Result Page).

2. Manfaat Search Engine

Kehadiran search engine memang sangat berdampak pada kehidupan di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini. Dengan search engine, kita bisa mengakses berbagai informasi dan dokumen yang dibutuhkan untuk keperluan kita, seperti untuk sekolah, bisnis, dan lain sebagainya. Selain itu, search engine memiliki tiga manfaat utama yang akan kita simak kali ini.

Jika anda sudah mengetahui pengertian search engine, pasti sangat memahami manfaat yang satu ini, yaitu mampu memberikan beragam informasi. Search engine telah menyimpan banyak dokumen dan informasi yang sangat berguna. Jadi, anda bisa mengakses informasi atau dokumen tersebut untuk berbagai keperluan, mulai dari ensiklopedia, lowongan kerja, diskusi umum, dan informasi lainnya.

Manfaat search engine yang kedua adalah mampu memberikan hasil pencarian dengan tepat. Hal ini dikarenakan hasil pencarian yang ditampilkan biasanya disesuaikan dengan website yang paling akurat dan relevan dengan keyword yang anda masukkan terlebih dahulu. Dengan begitu, anda akan mendapatkan informasi sesuai yang dibutuhkan tanpa membuang waktu memilih informasi tersebut.

Manfaat terakhir dari search engine adalah mampu memberikan keteraturan dalam dunia internet dan website. Server di seluruh dunia berkumpul menjadi satu dalam search engine, sehingga akan lebih mudah untuk diakses. Anda bisa mengakses data tersebut dimana saja dan kapan saja ketika membutuhkan, sesuai dengan pengertian search engine yang sudah kita pelajari.

3. Jenis-jenis Search Engine

Sebagian besar orang dapat menemukan dokumen atau informasi melalui search engine, sehingga keberadaan mesin pencari ini sangat berguna bagi pemilik situs untuk meningkatkan jumlah visitor. Untuk lebih mengoptimalkan penggunaan search engine, maka penting bagi kita untuk mengenal berbagai jenis search engine yang akan kita bahas kali ini.

Crawler-Based Search Engine adalah jenis pertama yang akan kita bahas. Jenis ini menggunakan program software otomatis untuk menggolongkan banyak laman web dan program ini disebut sebagai spide. Jenis kedua adalah Direktori Search Engine yang menggunakan SDM atau editor manual, untuk menentukan kategori suatu situs secara spesifik pada database direktori sesuai dengan pengertian search engine.

Jenis ketiga adalah Hybrid Search Engine yang mengandalkan kombinasi sempurna, antara direktori dengan hasil crawl-based dan konsep ini sudah digunakan lebih dulu oleh Google dan Yahoo. Jenis keempat adalah Meta Search Engine, search engine ini memiliki daftar pencarian lebih besar karena mengambil data dari semua hasil yang ditampilkan oleh search engine lainnya.

Jenis kelima adalah Search Engine Khusus yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pencarian lebih spesifik. Beberapa layanan search engine yang menerapkan jenis ini antara lain Yahoo Shopping, freeparking, nzs, downloads.com dan lainnya. Selain pengertian search engine, jenis Pay per Click (PPC) ini juga sering digunakan untuk keperluan promosi web atau marketing.

4. Cara Kerja Search Engine

Jika kita sudah memahami tentang pengertian dari mesin pencari, pasti kita sudah bisa membayangkan bagaimana cara kerja mesin pencari. Untuk lebih mudahnya, kita bisa membayangkan bahwa mesin pencari ini berperan layaknya perpustakaan elektronik. Perpustakaan yang terhubung ke miliaran database website di seluruh penjuru dunia, sehingga informasi dan dokumen yang tersimpan jauh lebih banyak.

Awalnya, pengunjung akan memasukkan keyword atau kata kunci pada kotak mesin pencari. Kemudian seluruh data yang ditemukan dalam database dan sesuai dengan keyword akan ditampilkan sesuai dengan tingkat keakuratannya dengan keyword. Mesin pencari menggunakan berbagai program untuk mengumpulkan dokumen tersebut, mulai dari web crawler, web spider, indexer hingga robot spider. 

Konsep jaringan website yang serupa dengan jaring laba-laba ini membuat namanya pun berkaitan dengan spider. Konsep ini digunakan mesin pencari untuk membangun index internet yang nantinya akan ditampilkan. Jadi, dokumen atau informasi yang ditampilkan sudah disesuaikan dengan keyword, kategori dan relevansi untuk memudahkan pengguna dalam menemukan informasi atau dokumen yang diinginkan.

Jadi, bukan hanya pengertian yang penting untuk dipahami, tapi anda juga harus memahami manfaat dari search engine, jenis-jenisnya dan juga cara kerja dari search engine. Apabila kita sudah memahami semua hal tentang search engine, maka kita bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. Maka dari itu, pahami lagi tentang pengertian search engine dan semua hal tentangnya dengan baik.

error: Content is protected !!