Bagaimana Sistem Google Menentukan Posisi Iklan

Posisi iklan merupakan urutan iklan di hasil pencarian Google. Posisi iklan di deretan teratas hasil pencarian Google merupakan idaman bagi semua pengiklan yang menggunakan Google Ads tipe search. Namun untuk mencapai posisi teratas bukanlah suatu hal yang mudah jika tidak memahami sistem kerja Google ads.

Faktor-Faktor Penentu Posisi Iklan

Secara umum posisi iklan ditentukan oleh 2 faktor utama, yaitu:

1. Bidding

Bidding merupakan sistem lelang yang diterapkan oleh Google sebagai salah satu faktor penentu posisi iklan. Semakin besar nilai bidding maka akan semakin berpeluang untuk mendapatkan posisi teratas. Nilai bidding merupakan sejumlah uang yang rela anda bayarkan kepada Google untuk setiap klik iklan.

2. Quality Score

Quality score merupakan skor kualitas iklan. Quality score dihitung dari angka 1 sampai 10. Semakin bagus nilai skor kualitas maka akan semakin berpeluang mendapatkan posisi teratas.

Quality score diperhitungkan berdasarkan persentase CTR dan relevansi iklan. Semakin tinggi CTR dan semakin bagus relevansinya maka akan semakin bagus pula skor kualitas yang didapatkan.

Posisi Iklan No.1 = Ranking Iklan Terbaik

Sebelum sistem Google menentukan posisi iklan, Google terlebih dahulu akan memperhitungkan rangking iklan.

Rangking iklan = bidding x quality score

Berikut contoh tabel bagaimana sistem Google menentukan posisi iklan:

PengiklanBiddingQuality ScoreRangking IklanPosisi Iklan
RanoRp 10001010.0001
SantosoRp 2000480002
CecepRp 3000260003
DidinRp 4000140004

Dari tabel di atas terlihat jelas ada 4 pengiklan yang sedang bersaing untuk mendapatkan posisi iklan terbaik. Namun dari semua pengiklan, hanya Rano yang dapat meraih posisi no.1. Karena Rano yang mendapatkan rangking iklan paling tinggi sehingga Google menilai iklan Rano layak menempati posisi terbaik.

Dari studi kasus di atas dapat disimpulkan bahwa pengiklan dengan dana besar belum tentu bisa mendapatkan posisi no.1. Karena selain nilai bidding, Google juga menghitung quality score dari iklan yang telah dibuat. Secara umum, iklan berkualitas lebih baik biasanya menghasilkan biaya yang lebih murah, posisi iklan yang lebih tinggi, dan kesuksesan iklan yang lebih besar.

Jika anda masih bingung untuk melakukan pengaturan iklan, silahkan gunakan layanan jasa adwords dari kami. Tim kami selalu siap untuk membantu mempromosikan bisnis anda di hasil pencarian Google.

Baca Juga: Manfaat dan Keuntungan Google Adwords

error: Content is protected !!