Strategi Marketing di Instagram

Strategi marketing di instagram sangat diperlukan untuk meningkatkan penjualan. Bagi seorang marketer, memahami strategi marketing di Instagram dengan baik adalah hal yang sangat penting. Karena tanpa menggunakan strategi yang benar, anda tidak akan bisa meningkatkan penjualan dari situ. Apalagi saat ini jumlah pengguna Instagram semakin banyak. Maka dari itu, anda harus bisa memanfaatkan momen tersebut dengan benar.

Salah satunya dengan menggunakan cara yang bisa menarik hati konsumen, melalui strategi pemasaran yang tepat di Instagram. Seperti menggunakan konten video dan foto lengkap dengan caption atau deskripsi produknya yang menarik. Hal ini bisa membuat calon pembeli ingin membeli produk yang anda jual. Namun bagaimana cara memulainya?

Untuk bisa menghasilkan konten yang menarik sebaiknya manfaatkan beberapa fitur di Instagram. Misalnya saja seperti caption, post, followers, hastag, bio, dll. Beberapa fitur tersebut secara otomatis bisa meningkatkan penjualan dengan baik. Tidak hanya itu saja, anda juga bisa menggunakan layanan Instagram Ads untuk menarik banyak pelanggan.

Jadi sebenarnya ada banyak cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan lewat Instagram. Tinggal bagaimana cara anda memanfaatkan semua media yang ada untuk menarik banyak pelanggan. Maka dari itu, jika anda masih bingung bagaimana cara memulainya, perhatikan 9 strategi marketing di Instagram di bawah ini untuk meningkatkan penjualan:

1. Sesuaikan Trend Bisnis Saat Ini

Strategi konten yang disampaikan kepada audiens harus sesuai dengan perkembangan zaman. Anda harus melihat target pasarnya juga sebelum mempromosikan produk dan jasa di Instagram. Setelah target pasarnya dibuat, jangan lupa upload foto dan videonya yang menarik. Sehingga calon pelanggan akan penasaran dibuatnya.

Karena salah satu kesalahan terbesar para marketer dalam menjalankan bisnisnya adalah tidak menyesuaikan bisnisnya dengan perkembangan zaman. Sehingga disaat orang-orang sudah menggunakan pemasaran online, mereka masih saja tetap pada penjualan secara offline. Akibatnya penjualannya mulai meredup karena dikalahkan oleh mereka yang mengikuti perkembangan zaman.

2. Buat Akun Bisnis Instagram

Sebelum memasarkan produk, daftarkan akun bisnis Instagram dulu. Karena memiliki akun bisnis Instagram akan memudahkan anda dalam melakukan pemasaran di media sosial ini. Caranya buat nama brand sendiri dulu dengan masuk ke dalam menu pengaturan. Disinilah anda bisa beralih akun bisnis sebagai salah satu strategi marketing di Instagram yang tepat.

Dengan menggunakan akun bisnis akan membuat anda lebih mudah memilih kategori sesuai dengan produknya. Namun sebelum itu pastikan anda telah memasang nomor HP yang masih aktif. Setelah berhasil memiliki akun bisnis Instagram, selanjutnya adalah buat akunnya lebih profesional supaya semakin dipercaya pembeli.

3. Atur Profil Bisnis Instagram

Setelah membuat akun bisnis di instagram maka langkah selanjutnya adalah mengatur profil bisnis Instagram dengan baik. Dimana anda bisa memulainya dari logo atau foto brandnya dulu. Pastikan anda harus membuat foto berukuran 110×110 pixels dengan gambar yang menarik.

Setelah itu, jangan lupa atur juga bio, yaitu tempat deskripsi brand yang padat dan singkat lengkap dengan hastag-nya supaya para pembeli lebih mudah menemukan anda dalam kolom pencarian. Selanjutnya, jangan lupa follow akun bisnis yang memiliki passion sama. Cara ini efektif mempromosikan produk sendiri sekaligus mengetahui apa yang disukai konsumen.

4. Ciptakan Komunitas lewat Hashtag

Hastag yang digunakan pada Instagram itu sebenarnya hampir sama fungsinya seperti media sosial lainnya. Tidak lain yaitu supaya anda lebih mudah menjangkau para audiens yang lebih luas. Dengan mencantumkan hastag akan membuat semua foto dan video yang sudah dipost lebih mudah dilihat banyak orang, daripada tidak menggunakan tanda tagar ini.

Anda bisa menciptakan sebuah komunitas lewat hastag sekaligus sebagai campaign terbaik melalui Instagram. Dengan cara inilah akan membuat pengguna Instagram yang lain dengan ketertarikan sama, akan membagikan testimoni mereka terhadap produk anda kepada komunitasnya tersebut. Maka dari itu, ciptakan komunitas sebagai penerapan dari cara meningkatkan penjualan di Instagram.

5. Manfaatkan Fitur yang Ada

Salah satu strategi marketing di Instagram lainnya adalah manfaatkan fitur yang disediakan dengan baik. Seperti yang diketahui bahwa saat ini Instagram semakin niat meningkatkan layanannya kepada penggunanya. Hal ini terlihat dari banyaknya fitur yang semakin canggih, sehingga membuat penggunanya lebih mudah memenuhi kebutuhan promosinya.

Misalnya saja seperti Instagram story, dimana anda bisa membagikan video atau gambar secara real time kepada audiens dengan waktu tayang 24 jam. Sehingga dengan memanfaatkan fitur inilah akan membuat anda bisa menciptakan post yang lebih berkualitas dan berhasil menarik hati pelanggan.

6. Bangun Interaksi dengan Customer 

Salah satu cara jualan online di instagram yaitu dengan membangun interaksi langsung terhadap pelanggan. Mulai menjalankan dunia pemasaran lewat media sosial itu tidak mudah. Butuh waktu yang cukup lama untuk benar-benar berhasil menjalankan bisnis tersebut. Anda harus bisa meningkatkan brand awareness supaya para konsumen percaya terhadap produk tersebut.

Maka dari itu, sebaiknya lakukan interaksi dengan customer sebaik mungkin. Cara ini efektif membantu anda membangun engagement kepada mereka. Trik ini umumnya dilakukan oleh para admin media sosial, dimana mereka akan berdialog lewat kolom komentar atau langsung DM kepada target sasarannya.

7. Bangun Interaksi dengan Followers

Selain harus menjalin hubungan yang baik dengan customer, anda juga harus membalas komentar semua followers untuk meningkatkan penjualan lewat Instagram. Berinteraksi dengan followers secara langsung merupakan salah satu strategi marketing di Instagram yang tepat. Karena cara ini akan membuat followers lebih terbuka kepada anda.

Kalaupun ada komentar jelek yang tampil, sebaiknya jangan diambil pusing. Justru komentar jelek itulah yang nantinya akan membuat bisnis anda semakin maju. Anda hanya perlu melakukan evaluasi diri saja setelah melihat beberapa komentar jelek tersebut, supaya tidak mengulangi kesalahan yang sama. Jika jumlah followers ig masih sedikit maka anda dapat mempelajari cara menambah followers instagram secara gratis, mudah, dan cepat.

8. Ciptakan Style Sendiri

Salah satu strategi marketing di Instagram yang lain dan harus diingat adalah soal style! Anda harus memiliki style sendiri atau ciri khas terhadap bisnis tersebut. Misalnya saja memiliki desain khusus pada setiap unggahan foto dan video produknya. Bila perlu tambahkan caption di dalamnya untuk menarik pelanggan.

9. Promosikan Bisnis dengan Pihak Luar

Strategi marketing di Instagram lainnya adalah dengan mempromosikan bisnis kepada pihak luar. Anda bisa bekerja sama dengan pihak luar dengan saling mempromosikan akun kepada followers. Dengan begitu, anda dan pihak tersebut sama-sama mendapatkan keuntungan meraih banyak followers dari setiap akun yang bekerja sama.

Karena saat akun anda diperkenalkan yang lain ke followersnya, otomatis promosinya semakin baik dan lebih dikenal luas. Otomatis cara ini akan memungkinkan anda mendapatkan tambahan followers yang lebih cepat. Hanya saja sebaiknya ajak akun partner yang bisa dipercaya dan harus sesuai dengan bisnis anda supaya kerjasamanya berjalan lancar.

Baca Juga: Cara Mempromosikan Produk Secara Online

Dengan melakukan strategi marketing yang tepat pada akun Instagram milik anda, hal ini akan membuat bisnis semakin lancar. Karena saat menerapkan strategi dengan benar, peluang untuk meningkatkan penjualan semakin besar. Setelah memahami beberapa strategi marketing di Instagram di atas, sebaiknya lakukan cara tersebut dengan konsisten supaya hasilnya lebih maksimal.

error: Content is protected !!