Strategi Marketing Online

Jika zaman dulu strategi marketing online hanya mengandalkan konten pemasaran saja tanpa memperhitungkan SEO, maka itu salah besar! Karena ternyata kedua hal tersebut saling berkaitan dan perkembangannya sangat pesat dalam dunia pemasaran online. Mau tahu alasannya? Tidak lain yaitu karena Google suka konten berkualitas.

Konten yang berkualitas disini dalam artian bisa memberikan informasi yang berguna untuk para pengunjung. Strategi penerapan SEO yang salah seperti mencantumkan keyword hingga berlebihan di 1 halaman saja mulai ditinggalkan marketer. Karena hal tersebut dianggap tidak cukup membantu dalam pemasaran secara online.

Maka dari itu, banyak diantara dari mereka mulai fokus mencari tahu organic visitor untuk meningkatkan penghasilan secara online. Karena dari organic visitor inilah anda bisa menghasilkan konten yang berkualitas dan disukai oleh Google. Maka tak heran bila saat ini konten dijadikan sebagai salah satu strategi marketing online yang disukai, karena mampu memberikan hasil yang maksimal.

Jika tidak bisa mengikuti perkembangan marketing online, maka bukannya tidak mungkin bila bisnis anda pasti dikalahkan oleh para kompetitor lainnya. Jadi sebagai seorang marketer yang ingin sukses, seharusnya anda siap untuk mengikuti perkembangan zaman dan strategi yang digunakan. Di bawah ini adalah beberapa tips menerapkan strategi marketing secara online supaya menghasilkan banyak uang, diantaranya sebagai berikut.

1. Bangun Content Marketing Menggunakan Cara yang Berbeda

Tidak dapat dipungkiri bila content marketing akan membawa hasil yang nyata bila dilakukan dengan benar. Itu benar-benar terbukti! Meskipun sayangnya masih banyak brand yang terjebak dalam konten yang selalu sama setiap waktu. Sehingga mereka tidak bisa mengikuti perkembangan tren marketing yang ada. Akibatnya penghasilan yang didapatkan hanya sampai disitu saja.

Maka solusinya adalah ubah cara kerja anda, setidaknya gunakan cara yang berbeda dalam menampilkan konten kepada masyarakat. Bila anda ingin membuat deskripsi produk, jangan ditulis lengkap detail informasinya. Namun lebih fokuslah pada testimoni para konsumen supaya orang-orang percaya terhadap usaha yang anda jalankan tersebut.

2. Jaga Hubungan dengan Perusahaan Media

Ada banyak perusahaan media membuat konten yang viral terlihat alami sebagai salah satu strategi marketing online mereka. Bagi mereka yang belum paham mungkin akan mengira bila dibalik konten viral tersebut pasti ada content marketer profesional di belakangnya. Padahal belum tentu kenyataannya seperti itu. Strategi marketing itu berlaku untuk siapa saja.

Semua orang bisa menciptakan konten viral sebagai salah satu strategi marketing terbaik yang bisa dilakukan. Hanya saja mungkin meskipun terlihat natural, hasilnya masih jauh dari perusahaan media. Maka menjaga hubungan dengan baik kepada perusahaan media itu penting untuk menghasilkan konten marketing yang berkualitas. Sehingga anda bisa meningkatkan penghasilan.

3. Selalu Siap Menghadapi Platform Marketing Baru

Salah satu strategi marketing online adalah harus selalu siap menghadapi segala platform marketing yang baru. Karena tidak menutup kemungkinan bila apapun itu disekitar anda bisa menjadi media marketing. Seperti yang pernah diprediksikan oleh Rebecca Lieb, dia adalah digital analyst. Lieb memprediksi bila di tahun 2020 semuanya akan memakai sistem komputer.

Itu benar! Dimana saat ini kemunculan dari smart vacuum cleaner ataupun barang-barang elektronik lainnya merupakan salah satu bentuk platform marketing yang baru. Informasi ini memberikan keuntungan bagi para pengusaha. Karena tanpa bersusah payah sudah mendapat informasi seputar kebutuhan konsumennya. Oleh karena itu, setiap marketer harus siap menghadapi segala platform baru.

4. Ciptakan Efek Viral

Tidak dapat dipungkiri bila sampai saat ini, strategi marketing online yang paling efektif adalah dengan menciptakan efek viral. Misalnya saja seperti buzzword, itu merupakan topik atau isu yang sedang hot di mata masyarakat. Sehingga jika dikaitkan dalam dunia marketing online, buzzword bisa memberi dampak yang positif atau negatif.

Salah satu contohnya adalah tahu bulat. Tentu saja hal ini membuat pihak Own Games menciptakan permainan android bernama Tahu Bulat untuk menarik perhatian para pelanggan. Hasilnya ternyata luar biasa! Game Tahu Bulat telah berhasil mengalahkan CoC pada masa itu karena sedang viral.

5. Bangun Konten Visual yang Menarik

Ingat! Tidak semua konsumen memiliki waktu yang cukup untuk membaca tulisan panjang. Mereka itu lebih suka konten yang berbentuk gambar.  Bahkan di media sosial sendiri anda mungkin tidak asing dengan gambar, begitu juga pada blog saat ini. Hampir setiap website pasti ada gambarnya untuk menghasilkan konten visual yang menarik.

Karena memang salah satu strategi marketing online adalah dengan menciptakan konten visual yang menarik di hati konsumen. Bagaimanapun juga otak manusia itu lebih suka konten yang disajikan secara visual daripada hanya berupa tulisan saja. Maka dari itu, gabungkan tulisan dan gambar yang menarik untuk memikat hati pelanggan.

6. Buat Konten Bersambung

Membuat konten yang bersambung efektif membuat para pembaca semakin penasaran untuk mengetahui episode selanjutnya. Maka daripada membuat konten biasa, sebaiknya buatlah konten yang bersambung. Karena konten yang bersambung itu bisa memberikan efek jangka panjang dalam benak para konsumen. Sehingga mereka akan selalu ingat dengan produk anda.

Meskipun khusus untuk strategi marketing online yang satu ini anda harus bisa menentukan timing yang tepat. Jadi setiap episode konten tidak boleh diunggah sembarangan. Upload konten tersebut di momen yang tepat supaya berhasil memancing rasa penasaran para konsumen untuk melihat kelanjutan dari isinya.

7. Manfaatkan Sosial Media dengan Baik

Seperti yang diketahui bila media sosial merupakan salah satu cara memasarkan jasa dan produk paling populer saat ini. Hal ini dikarenakan jumlah pengguna media sosial ada jutaan orang di seluruh dunia, sehingga jika dimanfaatkan dengan benar akan menghasilkan pemasaran yang efektif. Dengan begitu anda bisa meningkatkan jumlah penjualan lebih mudah.

Namun yang pasti, dalam memasarkan produk lewat media sosial itu harus memperhatikan banyak hal. Diantaranya yaitu foto produk yang ditampilkan harus menarik, begitu juga dengan deskripsi usahanya. Bila perlu tambahkan juga link ke halaman situs anda untuk membuat pengunjung lebih mudah mencari tahu segala informasi tentang bisnis tersebut.

8. Manfaatkan Marketplace Online

Selain beberapa strategi marketing online di atas, Anda juga harus memanfaatkan marketplace dengan baik. Marketplace merupakan tempat berjualan yang disediakan pihak ketiga. Bagi seorang marketer online itu anda harus bergabung bersama marketplace untuk mendapatkan banyak pelanggan. Khususnya untuk marketer yang masih pemula.

Karena dengan bergabung ke marketplace memudahkan anda mengembangkan penjualan tanpa dipusingkan dengan masalah website. Untuk pilihan marketplacenya apa saja bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. Namun yang pasti ikuti saja peraturannya dan kemudian unggah foto produk terbaik anda untuk menarik banyak pembeli.

Melihat penjelasan di atas, maka sebagai seorang marketer anda harus siap mengikuti perkembangan zaman. Diantaranya yaitu dengan mengikuti teknik pemasaran online yang sedang trend saat ini. Selain itu, aplikasikan strategi marketing online di atas dengan baik untuk meningkatkan penghasilan anda.

error: Content is protected !!