Peranan Internet Marketing

Pertumbuhan pengguna internet yang terus bertambah dari tahun ke tahun merupakan peluang besar bagi para pebisnis untuk memanfaatkan internet sebagai senjata marketing terbaru. Simak penjelasan lengkapnya!

A. Pengertian Strategi Pemasaran

Apa itu strategi pemasaran? Strategi pemasaran adalah taktik rencana bisnis secara keseluruhan untuk menjangkau calon konsumen dan mengubahnya menjadi pelanggan dari produk atau layanan yang diberikan perusahaan. Strategi pemasaran dikenal juga sebagai gambaran umum mengenai teknik pemasaran yang diperjelas secara rinci dalam sebuah program rencana pemasaran.

B. Strategi Pemasaran Era Digital

Seberapa siap anda atau bisnis anda menghadapi gelombang perubahan dalam dunia internet saat ini? Era ini disebut juga sebagai Era disruptive yaitu suatu era dimana gelombang internet seperti Tsunami yang menyapu bersih semua yang mencoba bertahan & tidak mau berubah.

Dulu belanja di pasar atau warung, lalu pindah belanja ke mall, sekarang mulai pindah belanja ke mall online, Hanya Lewat HP. Dulu naik ojek pangkalan, sekarang naik ojek online. Dulu baca berita di surat kabar cetak, sekarang baca berita di surat kabar online. 

Bagaimana dengan bisnis anda? Siap berubah atau siap punah?

Apakah bisnis anda sudah menggunakan strategi pemasaran jaman now? Jika belum, segera terapkan strategi pemasaran era digital berikut ini:

1. Bangunlah Website Bisnis Anda

Website merupakan platform digital yang dapat berperan sebagai virtual office atau profil perusahaan yang bisa diakses oleh seluruh pengguna internet di berbagai negara selama 24 jam non stop. Dengan adanya website maka calon pembeli atau pelanggan baru dapat dengan mudah menemukan informasi terkini dari bisnis anda di internet. Oleh karena itu peranan website sangatlah penting untuk meningkatkan branding dan kredibilitas usaha di era modern seperti sekarang ini. Segera hubungi jasa pembuatan website untuk membangun website bisnis anda.

2. Promosikan Website di Google

Setelah anda mempunyai website maka langkah selanjutnya adalah mempromosikan website tersebut di mesin pencari Google. Langkah ini merupakan strategi pemasaran yang paling efektif di jaman now. Karena Google merupakan mesin pencari terbesar di dunia dan digunakan lebih dari 96% pengguna internet di Indonesia. Siapapun yang sedang mencari informasi atau solusi dari permasalahannya di Google maka dalam hitungan detik saja bisa mendapatkan jawabannya dari Google. Promosikan website anda dengan menggunakan jasa iklan google supaya website anda bisa muncul di halaman satu Google ketika ada calon pelanggan yang mencarinya.

3. Gunakan Media Sosial

Media sosial saat ini telah digunakan oleh lebih dari 150 juta pengguna internet di Indonesia. Sebuah angka yang cukup besar jika bisa diolah menjadi pelanggan bisnis anda. Buatlah akun bisnis anda di social media seperti Facebook, Instagram, Twitter, Linkedin, Snapchat, dan lain sebagainya. Anda bisa menjangkau ribuan bahkan jutaan follower akun bisnis lain dengan gramcaster, sehingga anda bisa berkomunikasi langsung dengan pelanggan potensial yang mungkin membutuhkan produk dan layanan anda. Ini merupakan strategi pemasaran yang sangat kuat dan efektif untuk membangun branding bisnis anda.

4. Berpartner dengan Influencer

Influencer merupakan orang yang memiliki ribuan bahkan jutaan koneksi atau follower di akun sosial media miliknya. Oleh karena itu merupakan langkah yang tepat untuk menjalin kerjasama dengan para influencer. Temukan influencer yang tepat sesuai dengan niche bisnis anda. Ini bukan hanya tentang menyebarkan pesan anda. Tapi ini adalah strategi pemasaran langsung ke basis konsumen yang tepat. Jika anda dapat melakukannya dengan benar, maka anda mungkin dapat menjangkau audiens yang cukup besar. Meskipun berpartner dengan influencer membutuhkan biaya, namun hasil yang didapatkan akan jauh lebih bernilai dibandingkan dengan anggaran yang dikeluarkan.

5. Membuat Konten Youtube

YouTube adalah salah satu mesin pencari terbesar di bawah naungan Google dan merupakan tempat dimana orang mencari solusi untuk masalah mereka. Buatlah konten youtube yang relevan dengan produk atau layanan anda. Misalnya jika perusahaan anda menjual alat-alat berat maka anda dapat membuat konten youtube yang berisi tentang pengetahuan-pengetahuan penting tentang alat berat. Mulai dari cara merawat mesin alat berat, penggunaan sparepart, pengoperasian alat berat yang efektif, dan lain sebagainya. Dengan adanya konten tersebut maka secara tidak langsung anda telah mengumpulkan banyak viewer dengan niche yang sama dan relevan dengan bisnis anda.

6. Manfaatkan Email Marketing

Strategi pemasaran melalui email belum banyak digunakan oleh para pengusaha. Padahal strategi pemasaran ini cukup efektif untuk menjangkau para pelanggan yang sudah memberikan alamat email meraka kepada anda. Karena pada umumnya alamat email seseorang jarang sekali yang berubah, bahkan cenderung dipakai selamanya. Berbeda dengan nomor handphone yang sering sekali mengalami perubahan di setiap tahun. Oleh karena itu memanfaatkan data email yang sudah ada untuk melakukan promosi online merupakan sebuah langkah yang efektif untuk menjangkau pelanggan anda.

7. Affiliate Marketing

Strategi pemasaran jenis ini merupakan sebuah program pemasaran yang dinilai berdasarkan performa, yaitu hanya membayar seorang affiliate marketer yang telah berhasil mendatangkan transaksi. Cara termudah untuk merekrut seorang affiliate marketer adalah dengan memberikan komisi yang tinggi ketika terjadi penjualan. Sehingga akan meningkatkan motivasi yang tinggi untuk berusaha mendapatkan komisi sebanyak-banyaknya. Semakin besar komisi yang didapatkan oleh seorang affiliate marketer maka berbanding lurus dengan meningkatnya omset perusahaan. Strategi pemasaran affiliate marketing telah diterapkan oleh Amazon.com dan berhasil menjadikan Jeff Bezos sebagai orang terkaya di dunia tahun 2018 hingga sekarang.

C. Manfaat Strategi Pemasaran Melalui Internet

Dengan menerapkan strategi pemasaran melalui internet atau disebut juga internet marketing, maka sebuah bisnis akan tumbuh jauh lebih pesat jika dibandingkan dengan strategi pemasaran konvensional. Ada banyak keunggulan dari strategi pemasaran online dengan memanfaatkan internet marketing, antara lain:

  1. Pemasaran melalui internet mampu menjangkau calon pelanggan potensial dengan tanpa batasan ruang dan waktu. Internet bisa diakses selama 24 jam non stop dari berbagai penjuru dunia tanpa mengenal batas wilayah sebuah negara. Karena internet merupakan jaringan internasional yang menghubungkan para penggunanya di berbagai belahan bumi ini. Sehingga ketika bisnis anda sudah menerapkan strategi pemasaran melalui internet maka artinya pintu kesuksesan bisnis sudah terbuka lebar.
  2. Implementasi strategi pemasaran melalui internet jauh lebih murah jika dibandingkan dengan promosi secara offline. Karena pemasaran online dapat dilakukan melalui smartphone anda tanpa perlu mengeluarkan anggaran yang besar. Anda bisa memulai promosi melaui media sosial secara gratis dengan terus melakukan update konten informasi yang berkaitan dengan produk anda. Jika strategi pemasaran ini dilakukan secara terus menerus maka jumlah pelanggan tertarget akan terus bertambah dan bisnis anda akan terus membesar.
  3. Dengan menerapkan strategi promosi online maka tingkat interaksi dengan calon pelanggan akan meningkat sehingga konversi penjualan pun akan terus bertambah. Bisnis dan usaha anda pun akan semakin dikenal oleh masyarakat di berbagai penjuru Indonesia bahkan dunia. Oleh karena itu menjadikan internet marketing sebagai strategi promosi bisnis anda merupakan suatu langkah yang harus dijalankan. Tanpa mengenal tapi dan nanti, segera onlinekan bisnis anda sekarang juga!

Baca Juga: Manfaat Digital Marketing

Kategori: Bisnis

error: Content is protected !!