Strategi Pemasaran Produk

Strategi pemasaran produk erat kaitannya dengan pengusaha sukses masa kini. Tidak bisa dipungkiri saat ini persaingan yang sangat ketat makin meramaikan dunia bisnis dan usaha. Hampir setiap pengusaha merasakan ketatnya persaingan bisnis. Sehingga diperlukan strategi yang aman dan efektif dalam meningkatkan penjualan produk.

Memang umumnya, setiap orang yang membuka usaha dan bisnis mempunyai strategi masing-masing. Hal tersebut dilakukan agar tidak tergerus dengan persaingan yang berujung pada putusnya usaha di tengah jalan. Apalagi jika anda selama ini sudah menggelontorkan modal besar demi membangun sebuah usaha.

Strategi pemasaran produk tidak hanya efektif membuat anda bertahan dari gejolak bisnis saja. Dengan strategi yang tepat bisnis anda lebih mudah dikembangkan meski terjadi persaingan ketat di luar sana. Siapa sangka sebuah strategi yang dijalankan dengan benar dapat mempengaruhi nominal keuntungan bisnis anda.

Sebaliknya, menerapkan trik yang salah dalam hal pemasaran berdampak pada minimnya jumlah pembeli. Hal ini terjadi lantaran tidak ada adanya komunikasi antara pembeli dan penjual. Padahal strategi pemasaran produk yang kekinian bisa dilakukan dengan banyak cara. Termasuk menggunakan teknologi kekinian yang lebih praktis.

Demi mempertahankan sebuah usaha, anda perlu mempertimbangkan masalah cara penjualannya. Cara yang tepat akan mempercepat kesuksesan anda dalam menjalankan usaha. Sudahkah anda memiliki strategi pemasaran produk yang tepat selama ini? Agar maksimal, bekali diri anda dengan beragam strategi memasarkan produk unggulan di bawah ini.

1. Memaksimalkan Peran dari Media Sosial

Tanpa disadari anda sudah berada di zaman yang sangat modern. Hal tersebut ditandai dengan hadirnya kecanggihan teknologi. Bahkan saat ini bermunculan beragam media sosial yang unik dan memiliki manfaat besar. Lihat saja hampir setiap orang di dunia mempunyai akses ke berbagai media sosial.

Mengapa anda tidak menjadikannya sebagai strategi pemasaran produk unggulan? Pengusaha cerdas adalah mereka yang mampu melihat peluang dari banyak hal. Salah satunya melihat peluang jitu dari hadirnya media sosial. Jika anda hanya menggunakan media sosial untuk komunikasi kini ubahlah kebiasaan tersebut menjadi social media marketing untuk bisnis anda.

Tentu saja, banyak dari anda yang membagikan curhatan di laman media sosial. Bahkan beberapa orang kerap menggunggah momen bahagia mereka di media sosial. Hal tersebut memang wajar dan sah dilakukan oleh setiap orang. Namun, pikirkan kembali apakah sebatas itu saja manfaat media sosial?

Padahal media sosial bisa jadi strategi pemasaran produk yang handal. Hal ini mengingat media sosial digunakan oleh masyarakat dunia. Dengan kata lain, tidak sulit menjaring pelanggan lewat hadirnya media sosial tersebut. Hal sederhana yang bisa anda lakukan dengan media sosial adalah membagikan konten pemasaran produk.

Strategi pemasaran produk tersebut hanya bermodalkan media sosial, tulisan persuasif dan konten yang menarik. Anda dapat memasukkan gambar produk yang sudah diedit semenarik mungkin. Kemudian membagikannya di berbagai akun media sosial. Tambahkan ulasan singkat dan padat mengenai produk unggulan anda demi menarik perhatian pembaca.

2. Manfaatkan Peran para Influencer untuk Mempromosikan Produk

Bagi anda yang sudah menjalani bisnis pastinya tidak asing dengan istilah influencer. Lalu,  tahukah anda kini anda juga bisa memanfaatkannya sebagai strategi pemasaran produk. Apalagi mencari keuntungan lewat kehadiran influencer sangat mudah. Hal tersebut lantaran influencer memiliki basis penggemar yang besar dan jangkauan luas.

Apakah influencer hanya tertarik untuk mempromosikan produk dari perusahaan ternama dan besar? Jawabannya tentu tidak karena saat ini banyak sekali influencer yang tertarik mempromosikan produk meski bukan dari perusahaan. Tentu sayang sekali jika anda sampai melewatkan strategi pemasaran produk yang satu ini.

Pernahkah anda menjelajahi akun media sosial salah satu selebritis favorit anda? Nah, lewat akun media tersebut sang seleb biasanya mempromosikan produk. Bayangkan jika barang yang dipromosikan adalah produk anda. Tentu anda bisa menjaring lebih banyak konsumen berkat strategi pemasaran produk dari sang artis tersebut.

Tidak hanya selebritis ternama yang bisa anda gunakan sebagai brand ambasador. Anda bisa mengajak kerjasama selebgram untuk mempromosikan produk di media sosial mereka. Sebaiknya dalam hal ini pilihkan influencer yang mempunyai reputasi bagus. Hal tersebut penting demi menjaga kepercayaan produk yang anda kembangkan.

Anda juga bisa memilih strategi pemasaran produk dengan mengajak youtuber. Ajaklah youtuber yang biasanya memiliki penonton terbanyak. Sehingga produk anda lebih mudah untuk dijangkau pada masyarakat luas. Lebih youtuber yang memiliki konten senada dengan produk anda. Misalnya youtuber tutorial make up cocok mempromosikan produk kosmetik.

3. Menggunakan Media dari Marketplace Ternama

Salah satu strategi pemasaran produk yang efektif sekarang ini adalah dengan memanfaatkan media. Namun dalam hal ini bukanlah surat kabar atau koran. Media yang dimaksud adalah ruang yang mempertemukan antara penjual dan pembeli. Sebagai contohnya marketplace yang sudah populer di era sekarang.

Mengapa marketplace menjadi salah satu media yang paling efektif dalam memasarkan produk? Salah satu alasannya adalah karena marketplace sudah dirancang khusus sebagai tempat berdagang bagi para milenial. Sehingga saat anda mengunjungi laman marketplace akan tampak profil penjual hingga pembeli. Bahkan produk anda sangat mudah dilihat.

Strategi pemasaran produk lewat marketplace sudah bukan rahasia umum lagi. Para pengusaha besar sampai menengah ke bawah bahkan menggunakannya sebagai tempat berjualan. Umumnya, di dalamnya terdapat fitur-fitur yang bisa anda gunakan guna mempromosikan barang. Salah satunya adanya fitur kolom deskripsi yang memudahkan anda.

Tidak hanya itu saja, menggunakan marketplace sebagai strategi pemasaran produk sangat menguntungkan. Alasannya karena pembeli bisa mengakses barang-barang yang anda jual tanpa terbatas waktu dan tempat. Pembeli bahkan bisa memilih barang pada di sela-sela waktu kerja. Apalagi akses marketplace mudah dengan menggunakan smartphone.

Lebih-lebih berbelanja lewat marketplace disebut lebih praktis. Hal ini lantaran marketplace menyediakan metode pembayaran yang aman. Dengan kata lain, para pembeli tidak harus menggunakan uang cash untuk membayar barang belanjaan. Strategi pemasaran produk yang praktis tersebut juga ditunjang dengan hadirnya beragam diskon menarik.

4. Mengadakan Kontes Berhadiah

Sebagai masyarakat yang terus mengedepankan strategi modern tentu anda tidak ingin ketinggalan ide cemerlang, bukan? Kini ide untuk mempromosikan produk penjualan anda bisa dilakukan lewat kontes. Pernahkah anda mengikuti sebuah kontes berhadiah menarik? Jika pernah anda sudah masuk ke dalam jaringan strategi pemasaran produk kekinian.

Tentu saja, tanpa disadari banyak orang kontes yang dibuat dengan iming-iming hadiah menarik tersebut memiliki tujuan tersendiri. Tujuannya tidak lain adalah demi menjaring konsumen yang lebih luas. Cara pemasaran tersebut disebut persuasif karena tanpa sadar memasarkan produk lewat konsumen. Anda pun bisa menerapkannya saat ini.

Strategi pemasaran produk tersebut diawali dengan mengadakan kontes. Terlebih dahulu promosikan kontes berhadiah lewat berbagai macam media sosial. Buatlah konten yang menarik sehingga para pembaca tertarik mengikuti kontes tersebut. Untuk menjaring pelanggan sebaiknya buatlah kontes yang bisa diikuti oleh banyak kalangan tanpa terkecuali.

Setelah itu, buatlah aturan di dalam kontes tersebut. Misalnya membagikan link promosi produk yang sudah anda siapkan sebelumnya. Strategi pemasaran produk semakin efektif dengan syarat membagikannya link promosi ke banyak orang. Total teman yang diajak dalam kontes juga bisa menjadi pertimbangan pemenang nantinya.

Bagaimana dengan hadiahnya? Anda bisa menghadiahkan beragam produk yang menarik minat pembaca mengikuti kontes tersebut. Usahakan hadiah yang dipilih sesuai dengan isi kontes tersebut. Sehingga bisa dikatakan hadiahnya tepat sasaran. Misalnya untuk produk kosmetik anda bisa memberi voucher diskon sebagai langkah strategi pemasaran produk kekinian.

5. Memberikan Diskon Khusus bagi Pelanggan

Setiap pembeli pastinya mendambakan diskon guna menghemat pengeluaran. Anda pun bisa menjadikannya sebagai strategi yang manjur dalam menjaring pembeli. Diskon umumnya terdiri dari bermacam-macam bentuknya. Mulai dari diskon potongan harga sampai jenis lainnya. Anda dapat menempatkan jenis diskon pada waktu yang tepat.

Strategi pemasaran produk lewat diskon memang sudah terbukti mendatangkan banyak pelanggan. Dari sektor industri, retail sampai produk jasa lebih cepat mengenai sasaran dengan hadirnya diskon. Cobalah menganalisa diskon mana yang paling tepat untuk produk anda. Jika produk anda berupa pakaian berikan potongan harga spesial.

Bagaimana dengan diskon lainnya? Hal tersebut sebenarnya juga bisa berlaku untuk barang elektronik, gadget, dan layanan jasa. Sebaiknya berikan potongan harga pada waktu yang tepat seperti hari raya atau tahun baru. Pada waktu tersebut banyak orang memiliki kebiasaan membeli produk yang terjangkau dan awet.

Strategi pemasaran produk ini juga anda lakukan dengan memberikan syarat khusus. Seperti potongan harga 30 persen dengan syarat membeli dua pasang pakaian. Anda juga dapat memberikan syarat dengan banyak hal. Misalnya bagi pelanggan yang berhasil mengumpulkan struk pembelian terbanyak mendapatkan potongan harga khusus.

Lebih dari itu, syarat lainnya juga dapat diberikan seperti mengajak pembeli lain. Khususnya ajakan untuk membeli produks serupa. Maka bagi mereka yang berhasil mengajak pembeli lain berhak mendapatkan diskon. Strategi pemasaran produk tersebut banyak diminati oleh konsumen karena lebih mudah direalisasikan oleh pelanggan setia.

6. Memasarkan Produk Anda Lewat Sponsor

Pernahkah anda menonton pertandingan yang disponsori oleh beberapa perusahaan ternama? Tahukah hal tersebut sudah banyak dilakukan oleh perusahaan besar. Biasanya perusahaan termama menggunakan cara tersebut untuk menggaet lebih banyak lagi pelanggan dengan basis yang luas. Kini giliran anda menjadikannya sebagai salah satu strategi pemasaran produk.

Untuk melakukannya anda perlu menjadi sponsor sebuah acara atau pertandingan. Dari mana anda bisa mengetahui beragam acara maupun pertandingan? Caranya sederhana karena anda bisa menjaring beragam acara lewat kampus atau organisasi lain. Namun, sebelum menjaring acara anda perlu menyiapkan sebuah proposal guna sebagai pengantar kesepakatan.

Lewat proposal inilah anda memainkan strategi pemasaran produk. Biasanya kesepakatan promosi produk terjadi dalam beberapa jenis. Misalnya anda menerima imbalan dari acara tersebut. Jenis yang kedua adalah anda bisa mempromosikan produk promosi lewat acara tersebut. Jika acara dilakukan dalam basis besar maka promosi akan menguntungkan.

Anda juga dapat mendaftarkan diri sebagai sponsor sebuah pertandingan berskala besar. Mengapa harus berskala besar? Pasalnya orang-orang yang berada di pertandingan tersebut juga lumayan besar. Produk anda akan ditampilkan sebagai sponsor utama yang dilihat oleh ratusan ribu orang. Ini tentu sangat menguntungkan penjualan anda.

Secara garis besar, pemasaran yang tepat menentukan seberapa banyak penghasilan yang anda perolah dalam berjualan. Karena itu, mengupayakan strategi yang tepat sudah menjadi kewajiban setiap pengusaha maupun pebisnis. Dengan menerapkan 6 strategi pemasaran produk yang tepat, diharapkan angka penjualannya ikut meningkat.

error: Content is protected !!