Algoritma Google 2020

Algoritma Google 2020 merupakan update algoritma Google terbaru. Algoritma Google atau Google Algorithm selalu diperbarui dari waktu ke waktu. Dengan tujuan untuk memperbaiki masalah dan juga untuk meningkatkan kualitas layanan. Sehingga para pengguna Google akan merasa puas ketika menggunakan mesin pencari Google.

Contohnya ketika pengguna internet mengetikkan kata kunci algoritma google 2020, dalam hitungan detik Google langsung menampilkan website-website yang relevan sebagai jawaban atas kata kunci tersebut.

A. Apa Itu Algoritma Google?

Algoritma Google merupakan serangkaian langkah-langkah atau prosedur yang digunakan Google untuk perhitungan, pemrosesan data, dan penalaran secara otomatis. Dengan adanya algoritma maka pengolahan sebuah data akan lebih cepat dan efisien. Sehingga Google mampu memberikan jawaban yang tepat dalam hitungan detik kepada orang yang sedang bertanya kepada Google.

B. Algoritma Google Terbaru 2020

Algoritma google saat ini selalu berubah bahkan update terus setiap hari. Berikut algoritma google terbaru tahun 2020:

1. Algoritma BERT

BERT merupakan singkatan dari Bidirectional Encoder Representations from Transformers. Yaitu algoritma google yang berkaitan dengan pengolahan kata-kata dalam kaitannya dengan kata lain dalam sebuah kalimat, bukan satu persatu secara berurutan.

Algoritma BERT akan lebih berperan dalam menampilkan hasil pencarian yang lebih relevan terhadap maksud dan tujuan bahasa pengguna. Tujuan utamanya adalah supaya pengguna google merasa puas atas jawaban yang diberikan google terhadap kata kunci yang diketik oleh pengguna.

Algoritma BERT merupakan generasi artificial intelligence setelah algoritma rankbrain. Kedua algoritma google tersebut akan fokus kepada user experience atau kepuasan pengguna.

User experience terlihat dari seberapa lama seorang netizen menyelami sebuah konten web. Semakin lama waktu yang digunakan netizen berarti konten web tersebut berkualitas. Sehingga algoritma BERT dan rankbrain akan menyimpulkan bahwa konten web tersebut berkualitas dan layak berada di posisi teratas.

2. Standar EAT

EAT adalah singkatan dari Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness. Merupakan nilai otoritas sebuah website yang diperhitungkan oleh algoritma google berdasarkan keahlian yang dimiliki oleh penulisnya dan dapat dipercaya oleh publik.

Isi konten web dapat dipercaya oleh google jika ditulis oleh orang yang ahli di bidangnya. Tingkat keahlian tersebut dapat dilihat dari isi konten yang ilmiah dan berkualitas.

Misalnya ada 2 buah website yang sama-sama menulis tentang kesehatan mata. Web pertama berisi penjelasan tentang kesehatan mata secara terperinci dilengkapi dengan data-data ilmiah dan ditulis oleh seorang dokter spesialis mata, sedangkan web kedua hanya ditulis ala kadarnya oleh seorang blogger newbie. Tentunya google akan menilai bahwa web pertama lebih unggul dibandingkan web kedua.

Standar EAT juga akan melihat seberapa lama sebuah domain web diregistrasi. Domain yang diregistrasi untuk jangka waktu 2 atau 3 tahun sekaligus akan lebih dipercaya oleh Google dari pada domain web yang diregistrasi untuk rentang waktu 1 tahun.

Dengan adanya standar EAT maka secara otomatis akan menyingkirkan blog gratisan dari halaman 1 Google. Terutama blog gratisan yang digunakan untuk tujuan bisnis online atau yang berisi konten YMYL. Jadi jika ingin konten web anda masuk halaman satu google jangan menggunakan blog gratisan, seperti blogspot, weebly, dan lain-lain.

3. Standar YMYL

YMYL adalah singkatan dari your money your life. Merupakan standar yang diberlakukan oleh google kepada website-website yang berisi tentang keuangan dan kehidupan. Mencakup dan tidak terbatas pada website finansial, investasi, perbankan, asuransi, kesehatan, hukum, obat-obatan, jual beli, pajak, dan lain sebagainya.

Untuk web dengan kategori YMYL akan mendapatkan penilaian secara lebih ketat oleh google. Bahkan penilaian tidak hanya dilakukan oleh algoritma google, tetapi juga dilakukan oleh karyawan dan tim ahli google. Mereka akan mengecek keabsahan halaman web yang berisi tentang perusahaan, atau tentang kami, atau tentang penulis, atau tentang admin web.

Jika website anda termasuk kategori YMYL maka pastikan halaman tentang kontributor web sudah ada. Jika halaman tersebut tidak ada, maka web tersebut sangat sulit untuk bisa lolos dari pemeriksaan YMYL.

C. Update Algoritma Google

1. Panda Algorithm

Diluncurkan: 24 Februari 2011
Updates: Setiap Bulan
Tujuan: Memindahkan posisi situs konten berkualitas rendah

Algoritma Google Panda digunakan untuk mendeteksi halaman dengan konten yang tidak asli, konten yang dibanjiri dengan kata kunci, spam atau konten auto generated. Algoritma ini juga dapat memengaruhi sumber daya yang menggandakan informasi pada sejumlah halaman situs dan situs dengan konten yang tidak mencukupi. Halaman dan situs semacam ini biasanya diturunkan peringkatnya oleh sistem peringkat Google.

Awalnya, “Panda” bukan bagian dari algoritma utama Page Rank, tetapi bekerja sebagai filter Google, yang berarti bahwa itu mempengaruhi kategori situs tertentu dengan setiap pembaruan baru. Namun pada Januari 2016, “Panda” secara resmi dimasukkan dalam algoritma peringkat dasar.

Di satu sisi, ini meningkatkan peluang untuk pesimisasi yang lebih cepat dari situs zona risiko oleh “Panda.” Di sisi lain, ini memungkinkan pemilik situs yang sebelumnya menderita dari algoritma untuk memulihkan posisi dan lalu lintas traffic website yang lebih cepat.

Algoritma Google Panda secara otomatis akan mengesampingkan website-website yang memiliki konten plagiarism, duplikat konten, konten auto generated, konten yang didominasi oleh kata kunci, konten spam, dan lain sebagainya.

2. Penguin Algorithm

Diluncurkan: 24 April 2012
Updates: Setiap Bulan
Tujuan: Memindahkan posisi situs yang memiliki link spam

Link telah lama menjadi faktor penentu dalam sistem peringkat Google, dan algoritma Penguin diperkenalkan untuk mendeteksi dan menerapkan sanksi pada situs dengan bobot referensi yang tidak wajar. Algoritma ini mengubah pemahaman promosi situs sesuai dengan standar Google dan menjadi mimpi buruk bagi banyak pengguna backlink spam.

Penguin ternyata menjadi awal dari akhir era tautan sewaan yang dipandang sebagai komponen utama promosi yang sukses. Sejak musim gugur 2016, algoritma google penguin telah resmi menjadi bagian dari algoritma utama.

Algoritma penguin telah berhasil menurunkan peringkat website-website yang memiliki backlink spam, backlink yang tidak natural, backlink yang tidak relevan, dan lain sebagainya.

3. Pirate Algorithm

Diluncurkan: Agustus 2012
Updates: Oktober 2014
Tujuan: Memindahkan posisi situs yang memiliki konten bajakan (melanggar hak cipta)

Algoritma ini dikembangkan untuk situs-situs dengan banyak keluhan tentang konten bajakan untuk tidak bisa mendapatkan peringkat lebih tinggi di Google SERP. Mayoritas situs yang dipengaruhi oleh algoritma pirate berisi film, musik atau buku yang tersedia untuk diunduh atau ditonton. Google juga menyertakan pelacak torrent dan agregator tautan layanan bersama ke kategori situs tersebut.

4. Hummingbird Algorithm

Diluncurkan: 30 Agustus 2013
Updates:
Tujuan: Untuk memberikan hasil yang lebih relevan, berdasarkan komponen semantik dari permintaan pencarian

Algoritma Hummingbird membawa perubahan besar ke ruang lingkup interpretasi mesin pencari terhadap permintaan pengguna. Setelah rilis algoritma ini, penekanan utama dibuat pada penyediaan hasil berdasarkan pemahaman niat pengguna, bukan pada kata kunci langsung, seperti dulu. Karena Hummingbird Google telah meningkatkan pemahamannya tentang sinonim dan pembagian konten berdasarkan subjek.

5. Pigeon Algorithm

Diluncurkan: 24 Juli 2014
Updates: 22 Desember 2014
Tujuan: Untuk memberikan hasil pencarian lokal yang lebih relevan

Algoritma ini memengaruhi hasil pencarian yang mempertimbangkan lokasi pengguna. Terlepas dari harapan banyak spesialis, sebagian besar hanya menyentuh segmen pengguna berbahasa Inggris.

Setelah merilis algoritma ini, lokasi pengguna dan jaraknya ke objek yang ditawarkan sebagai hasil pencarian telah diperhitungkan sebagai faktor peringkat. Algoritma “Pigeon” memungkinkan bisnis niche lokal (restoran, kafe, dan institusi pendidikan) untuk mengalahkan situs-situs besar yang meledak dalam hasil pencarian dan menerima lebih banyak traffic web.

6. Mobile Friendly Update

Diluncurkan: 21 April 2015
Updates:
Tujuan: Untuk mempromosikan halaman yang dioptimalkan untuk seluler dalam hasil pencarian yang dikirim ke perangkat seluler

Perubahan ini memungkinkan halaman ramah seluler untuk peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian seluler. Pembaruan ini tidak memengaruhi hasil pencarian desktop. Itu ditugaskan untuk memberikan pengguna dengan halaman yang lebih nyaman yang cocok untuk perangkat seluler, tanpa perlu melakukan penskalaan atau pengguliran horizontal untuk membaca teks, dan dengan elemen yang mudah diklik.

Perlu dicatat bahwa aktivitas algoritma secara khusus ditargetkan pada halaman tertentu, dan bukan pada situs secara keseluruhan. Dengan demikian, satu halaman dapat dikenali sebagai dioptimalkan untuk perangkat seluler dan dipromosikan dalam penentuan posisi, sementara yang lain, sebaliknya, diturunkan peringkatnya dalam hasil pencarian.

7. RankBrain Algorithm

Diluncurkan: 26 Oktober 2015
Updates:
Tujuan: Untuk memberikan hasil terbaik berdasarkan relevansi dan pembelajaran mesin

RankBrain adalah sistem pembelajaran mesin yang memungkinkan Google untuk menguraikan lebih baik dan memahami arti dari permintaan pengguna dan memberikan hasil pencarian yang lebih relevan tergantung pada konteks permintaan.

Dalam arti yang longgar, algoritma ini mendefinisikan materi pokok halaman dan menentukan seberapa relevan konten dengan permintaan pengguna. Bergantung pada perilaku pengunjung situs, sistem pembelajaran mesin memungkinkan mesin pencari untuk menentukan seberapa bermanfaat konten itu, kemudian mendidik diri sendiri dan memberikan hasil yang paling berguna pada waktunya.

8. Possum Algorithm

Diluncurkan: 01 September 2016
Updates:
Tujuan: Untuk memberikan hasil pencarian lokal yang lebih baik dan lebih relevan berdasarkan lokasi pengguna

Algoritma Google Possum ditugaskan untuk meningkatkan hasil pencarian lokal dan menyaring organisasi yang berbagi alamat yang sama. Sehingga bisnis lokal akan tumbuh lebih cepat dengan meningkatnya traffic dari pencarian Google.

9. Fred Algorithm

Diluncurkan: 08 Maret 2017
Updates:
Tujuan: Untuk menyaring halaman berkualitas rendah dari hasil pencarian yang memiliki tujuan utama untuk mendapat untung dari iklan dan tautan ke situs lain

Algoritma Fred berawal dari sebuah lelucon dari karyawan Google yang bernama Gery Illyes yang menawarkan untuk menamai update algoritma google berikutnya sebagai “Fred”. Usulan tersebut disetujui oleh managemen Google dan resmi menjadi bagian dari algoritma utama google. Sehingga website yang melanggar standar optimasi web master langsung disingkirkan dari SERP. Terutama halaman web yang berisi link ke website lain yang tidak relevan, dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan iklan.

Baca Juga: Peranan Konten Terhadap SEO

error: Content is protected !!