7 Macam Usaha Dengan Modal Kecil Yang Patut Dicoba

Apa sajakah jenis-jenis usaha dengan modal kecil? Ada banyak contoh di luar sana yang dapat anda sebutkan. Contohnya adalah usaha pulsa elektrik, usaha snack dan minuman ringan, dan masih banyak lagi. Sayangnya, banyak diantara jenis-jenis usaha modal kecil tersebut yang tidak memungkinkan anda memperoleh banyak keuntungan.

Hal ini sebenarnya sesuai dengan salah satu teori dalam ekonomi, high risk high return. Resiko yang besar memungkinkan anda memperoleh kembalian yang besar pula.

Namun, anda juga tidak perlu khawatir. Jika modal anda saat ini tidak terlalu banyak, bukan berarti anda tidak bisa memulai bisnis anda. Tetap terdapat banyak peluang usaha modal kecil untung besar jika mau berusaha dan tidak pantang menyerah.

Berikut ini adalah contoh-contoh usaha yang membutuhkan modal awal relatif kecil yang dapat anda coba.

1. Menjadi Internet Marketer

Bisnis internet tidak hanya membutuhkan modal yang kecil. Anda bahkan tidak membutuhkan modal sama sekali untuk memulai bisnis ini. Bahkan jika anda membutuhkan usaha sampingan ibu rumah tangga, menjadi internet marketer adalah salah satu pilihan yang tepat. Sebenarnya, apakah internet marketer itu? Internet marketer bisa diartikan sebagai penjual atau agen pemasaran yang mendapatkan komisi dari penjualan produk melalui internet.

Menariknya, hal ini dapat dilakukan bahkan jika anda tidak memiliki kemampuan public speaking ataupun marketing yang bagus. Ya, karena pekerjaan internet marketer sekarang ini dapat dilakukan melalui pasang iklan di google atau menggunakan sosial media. Anda cukup membuka akun khusus di Facebook, Instagram, dan sebagainya untuk memulai. Tidak ada salahnya juga untuk membuat website berbayar untuk menjalankan peluang usaha modal kecil yang satu ini.

Namun, walaupun terkesan sederhana, menjalankan bisnis internet tetap membutuhkan keahlian dan ketelitian. Anda perlu memahami spesifikasi barang yang hendak dijual serta mencari supplier yang baik dan terpercaya. Tentunya, jika barang yang dijual berkualitas, reputasi anda akan tetap terjaga.

2. Bisnis Breakfast dan Lunch Box

Apakah anda suka memasak atau mencoba membuat menu-menu kuliner baru? Nah, anda tidak harus membuka restoran atau warung makan yang tentunya membutuhkan banyak modal. Anda bisa mencoba jenis bisnis yang satu ini, yaitu bisnis breakfast dan lunch box.

Khususnya di daerah perkotaan, banyak pekerja yang tidak sempat untuk sarapan atau makan siang di tengah padatnya jadwal mereka. Beberapa jenis makanan dalam box cukup membantu mereka untuk makan tanpa harus meninggalkan pekerjaan dan rutinitas.

Untuk usaha yang menjanjikan dengan modal kecil ini, ada beberapa menu sederhana yang dapat disediakan. Misalnya saja, bubur ayam, lontong opor, nasi goreng, nasi uduk, dan lain sebagainya. Anda juga dapat mencoba membuat beberapa menu internasional yang memang lebih praktis misalnya sandwich, burger, atau pasta.

3. Bisnis Makanan Ringan

Usaha kuliner lain yang tidak membutuhkan modal terlalu besar adalah bisnis makanan ringan. Contohnya adalah keripik singkong, kacang kulit, keripik kentang, dan kue-kue kering. Makanan ringan sangat diminati oleh banyak orang baik anak-anak maupun dewasa. Harganya juga relatif murah dan anda bisa memulainya dengan hanya menjual beberapa jenis makanan saja.

Menariknya, snack-snack kering yang disebutkan di atas cenderung tahan lama dibandingkan kue-kue basah. Tidak heran jika bisnis yang satu ini termasuk ke dalam usaha kecil yang menjanjikan.

Ada banyak retailer yang menyediakan berbagai jenis makanan ringan. Biasanya, retailer-retailer tersebut membuka usahanya di pasar. Anda bisa membeli beberapa kilogram makanan ringan untuk usaha dengan modal kecil ini. Kemudian, bungkus makanan-makanan tersebut ke dalam kantong-kantong plastik yang lebih kecil dan dijual di warung. Ide lainnya adalah dengan memasarkan snack-snack tersebut dengan sistem per-ons.

4. Bisnis Minuman

Bisnis minuman kekinian akhir-akhir ini cukup banyak dinikmati. Selain trendy, bisnis ini juga menjanjikan keuntungan yang cukup besar jika serius menjalankannya. Tentunya, anda tidak harus meniru beberapa jenis minuman yang sudah populer seperti boba atau Thai Tea. Akan lebih baik jika anda mencoba ide-ide lain yang belum ada sebelumnya. Sehingga, dari usaha rumahan yang menjanjikan ini, anda bisa membangun brand anda sendiri.

Bisnis minuman kemasan dikatakan dapat mendatangkan keuntungan karena pada dasarnya, yang anda jual adalah air yang cukup mudah diperoleh. Selain itu, beberapa bahan lainnya seperti gula, susu, atau cokelat juga tidak terlalu mahal. Yang lebih penting adalah bagaimana minuman yang dijual memiliki rasa yang enak dengan komposisi bahan yang pas. Tidak ada salahnya untuk melakukan uji coba produk terlebih dahulu.

5. Bisnis Aksesories Untuk Perempuan

Fashion merupakan salah satu bidang usaha yang tidak ada matinya. Beberapa jenis fashion items yang sering diperjualbelikan adalah pakaian, sepatu, atau tas. Sayangnya, untuk bisnis-bisnis tersebut, modal yang diperlukan tidak bisa dikatakan kecil. Sehingga, untuk membangun usaha sampingan modal kecil di bidang fashion, anda perlu mencari alternatif lain.

Salah satu alternatifnya adalah bisnis aksesories untuk perempuan seperti jepit rambut, kalung, gelang, bros, peniti, dan lain sebagainya. Harga per-item untuk produk-produk tersebut relatif murah. Selain itu, ada banyak grosir penyedia aksesoris perempuan yang dibuka di luar sana. Bahkan saat ini, cukup mudah untuk membeli produk-produk tersebut secara online dalam jumlah besar.

Jika anda ingin serius menekuni peluang usaha yang menjanjikan ini, pastikan untuk selalu up-to-date terkait dengan jenis-jenis fashion terkini. Pelajari pula jenis-jenis aksesoris yang saat ini banyak diminati oleh perempuan-perempuan dari segala usia. Sehingga, peminatnya-pun juga akan terus bertambah dari berbagai kalangan.

6. Jasa Pengetikan dan Print

Jika saat ini anda sudah memiliki laptop dan printer, maka bisnis ini bisa masuk ke kategori usaha sampingan tanpa modal. Ya, anda bisa membuka jasa pengetikan dan print di rumah anda. Khususnya jika ada banyak pelajar dan mahasiswa di situ, usaha anda pasti tidak akan sia-sia.

Memang, untuk membuka jasa rental dan print yang besar, pastinya Anda harus membeli beberapa unit printer lagi atau bahkan mesin fotokopi. Tenang saja, hal ini bisa berkembang seiring berjalannya waktu. Pada awalnya, anda cukup memanfaatkan printer atau komputer yang sudah tersedia.

7. Menjadi Penerjemah Online

Apakah anda memiliki kemampuan bahasa asing seperti Bahasa Inggris? anda bisa memanfaatkan skill yang dimiliki untuk menjadi penerjemah. Saat ini, ada banyak orang yang membutuhkan jasa penerjemah online untuk kepentingan pekerjaan dan studi mereka.

Mengandalkan Google Translate saja tidak cukup. Untuk usaha online yang menguntungkan ini, anda cukup memasang iklan di website atau media sosial. Pastikan juga untuk mengupload hasil terjemahan yang sudah jadi.

Menjadi penerjemah memiliki beberapa manfaat. Keuntungan yang didapat pastinya cukup menjanjikan karena tidak semua orang memiliki skill ini. Selain itu, dengan melakukan penerjemahan, anda juga sedang mengasah kemampuan bahasa asing serta literasi anda.

Jika, kemampuan Bahasa anda tidak hanya terbatas Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, tentunya hal ini jauh lebih baik lagi meningkatkan usaha dengan modal kecil ini.

error: Content is protected !!