Beberapa Jenis Usaha Rumahan Modal Kecil Dengan Keuntungan Menjanjikan

Usaha rumahan modal kecil sedang dicari oleh banyak orang. Apa sajakah contohnya? Ada banyak alasan seseorang ingin bekerja di rumah. Selain bisa lebih banyak menghabiskan waktu dengan keluarga dan anak-anak, anda bisa menghemat uang untuk kebutuhan transportasi. Bahkan, dengan munculnya pandemi Covid-19 baru-baru ini, pekerjaan yang dapat dikerjakan dari rumah menjadi lebih banyak dipertimbangkan.

Sebenarnya, ada banyak sekali ide usaha rumahan yang dapat anda pilih. Bahkan beberapa jenis bisnis sebenarnya bukanlah suatu hal yang baru namun tetap memiliki peluang yang besar. Berikut ini adalah beberapa ide usaha apa yang menjanjikan untuk dilakukan dari rumah. Salah satu diantaranya mungkin cocok untuk anda.

1. Jasa Laundry

Jika anda berpikir bahwa untuk memiliki usaha laundry anda harus memiliki banyak mesin cuci, anda salah. Pada awalnya, cukup bermodalkan satu mesin cuci saja, anda sudah bisa membuka bisnis laundry. Mesin cuci sendiri bukanlah suatu barang mewah saat ini. Hampir semua rumah tangga memilikinya.

Bahkan jika anda tidak memiliki mesin cuci sama sekali, mencuci baju secara manual bisa dilakukan walaupun cukup melelahkan dan memakan banyak waktu.

Usaha kecil yang menguntungkan satu ini memang perlu dipertimbangkan. Apalagi, jika berjalan dengan lancar, tidak membutuhkan waktu lama bagi anda untuk membeli tambahan mesin cuci.

Memang, anda tetap harus memiliki lahan ideal untuk menjemur pakaian. Pastikan pakaian mendapatkan cukup sinar matahari tetapi juga terhindar dari polusi dan asap kendaraan bermotor. Jika anda tinggal di kompleks perumahan atau perkampungan, bisnis jasa laundry sangat cocok untuk anda.

2. Bisnis Affiliate

Bisnis affiliate sebenarnya juga bukanlah jenis bisnis yang baru. Akan tetapi memang berkembang cukup pesat dan semakin menjamur akhir-akhir ini karena teknologi internet. Sehingga, dapat dikatakan sebagai salah satu jenis usaha online tanpa modal yang menjanjikan.

Pada hakikatnya, menjadi seorang affiliate marketer berarti anda bekerja dengan menghubungkan supplier dan konsumen. Anda tidak membutuhkan modal sekali kecuali kemampuan untuk memahami spesifikasi barang. Bahkan jika anda tidak berpengalaman di bidang pemasaran, anda masih bisa menekuni bisnis ini.

Dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap jual beli online, pekerjaan sebagai affiliate marketer sangat dibutuhkan. Untuk menunjang pekerjaan ini, anda cukup membuat website untuk memasarkan barang dagangan atau dengan membuka akun khusus pada sosial media.

Jika anda beruntung, anda bahkan bisa menjadi affiliate marketer dari e-commerce-ecommerce besar di Indonesia. Tentunya, keuntungan yang didapatkan dari usaha sampingan yang menjanjikan ini juga jauh lebih banyak.

3. Penjahit Pakaian

Banyak orang yang sudah membuka bisnis butik atau menjadi penjahit pakaian di rumah. Namun, bukan berarti anda tidak bisa menjadi salah satu diantaranya. Tenang saja, jika hasil jahitan anda bagus dan enak dipakai, akan banyak orang yang datang untuk menjadi pelanggan anda.

Tentunya, ada baiknya untuk menempuh pendidikan atau kursus terlebih dahulu untuk meningkatkan skill menjahit anda. Selain itu, meskipun tetap membutuhkan modal, modal yang diperlukan untuk mesin jahit relatif tidak terlalu besar. Maka, tidak heran jika usaha ini masih termasuk dalam kategori peluang bisnis modal kecil.

Seperti halnya usaha laundry, pada awalnya, anda cukup bermodalkan mesin jahit saja. Jika usaha anda sudah mendapatkan keuntungan, anda bisa menambah beberapa peralatan lain seperti mesin obras atau mesin jahit tambahan. Besar kemungkinan juga untuk meng-hire karyawan untuk usaha rumahan modal kecil anda jika sudah kewalahan menghadapi jumlah pesanan yang banyak.

4. Cucian Motor

Tidak semua orang memiliki waktu untuk mencuci kendaraan pribadi mereka. Nah, anda bisa memanfaatkan kondisi ini dengan membuka usaha cucian motor. Modal yang diperlukan relatif tidak terlalu besar namun pastikan anda memiliki lahan untuk melakukan aktivitas ini.

Jika anda ingin usaha rumahan dengan modal kecil ini berkembang dengan pesat, anda bisa memanfaatkan lahan samping rumah anda. Pastikan terdapat saluran air dan pembuangan yang strategis sehingga tidak menimbulkan masalah-masalah lain seperti air yang menggenang.

Selanjutnya, usaha apa yang bagus untuk mendampingi usaha cucian motor ini? ada banyak pilihan sebenarnya namun pastikan untuk memilih salah satu yang tidak terlalu berat untuk dilakukan.

Misalnya, anda bisa mulai dengan menjual onderdil atau sparepart motor, sabun cuci kendaraan, kanebo, dan lain sebagainya. Ada juga peluang untuk membuka jasa cuci mobil. Akan tetapi, modal yang diperlukan cenderung lebih besar serta tidak cukup dilakukan hanya di rumah. Ya, anda perlu mencari lokasi yang lebih strategis.

5. Bisnis Periklanan Online

Dengan berkembangnya teknologi internet, banyak lapangan pekerjaan serta jenis usaha baru yang muncul di sekitar anda. Bagi anda yang mencari ide bisnis modal kecil ataupun usaha rumahan ibu rumah tangga, salah satu diantaranya adalah bisnis periklanan online. Apakah bisnis periklanan online itu? Bisnis ini berupa jasa pemasangan iklan online, seperti jasa iklan google, jasa iklan facebook, jasa iklan Instagram, dan lain-lain.

Tidak banyak modal yang dibutuhkan namun pastikan anda selalu terkoneksi dengan internet. Menariknya, bisnis periklanan online adalah salah satu usaha yang paling diminati belakangan ini untuk mendapatkan passive income.

6. Usaha Desain Grafis

Bisnis lain yang bermodalkan internet adalah usaha desain grafis. Tentunya, tidak semua orang bisa melakukannya kecuali anda memang memiliki skill di bidang ini. Jadi, jika anda berkuliah atau pernah mengambil kursus di bidang desain grafis, tidak ada salahnya untuk membuka usaha anda sendiri. 

Desain grafis sebagai peluang usaha rumahan yang menjanjikan memiliki beberapa jenis. Beberapa diantaranya yang paling populer adalah desain gambar untuk kaos atau jaket, jasa buat web atau blog, desain animasi, desain kartu nama, dan sebagainya.

Beberapa perusahaan juga mencari karyawan sebagai graphic designer. Untuk mengurangi ongkos transportasi, perusahaan-perusahaan tersebut bahkan mengaplikasikan sistem kerja dari rumah dimana segala bentuk komunikasi dijalankan melalui platform-platform sosial media.

7. Usaha Pulsa dan Paket Internet

Bagi sebagian orang, usaha pulsa dan paket internet memang tidak memberikan keuntungan yang cukup besar. Bagi pemula, memang demikian. Namun jika anda bisa mengembangkan usaha anda lebih besar lagi, banyak kemungkinan anda bisa mendapatkan banyak uang dari sini. Membangun usaha kecil dan menengah di bidang pulsa dan paket internet membutuhkan modal yang relatif kecil yaitu sekitar Rp. 500.000.

Lebih lanjut, anda bisa mengembangkan lebih jauh usaha ini, tidak hanya sebatas pulsa dan paket internet saja. Misalnya, anda mulai berjualan aksesoris untuk Smartphone seperti casing, kabel data, charger, pelindung layar, dan masih banyak lagi.

Jika anda perhatikan, banyak pengusaha pulsa yang melakukan usaha mereka dari rumah tanpa harus menyewa toko. Memang persaingan yang cukup ketat membuat anda harus bekerja lebih keras serta mengatur strategi sehingga barang dagangan anda lebih diminati. Dengan demikian, usaha rumahan modal kecil ini bisa jauh berkembang dalam beberapa waktu ke depan.

error: Content is protected !!