8 Usaha Sampingan di Rumah Dengan Modal Relatif Kecil

Usaha sampingan di rumah sangat dibutuhkan oleh setiap individu. Apakah anda berminat untuk mengembangkan usaha sampingan di rumah? Tidak bisa dipungkiri kebutuhan hidup yang semakin meningkat memaksa kita untuk lebih kreatif dalam mencari tambahan penghasilan.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki cukup modal untuk usaha besar yang mengharuskan menyewa toko dan lain sebagainya. Untungnya, kemajuan teknologi dewasa ini cenderung membantu masyarakat untuk memulai bisnis dari rumah. Misalnya saja, dengan adanya e-commerce, kegiatan jual beli tidak memerlukan adanya lapak offline.

tentunya, anda harus memiliki ide-ide usaha yang kemungkinan besar akan berkembang di tangan anda. Berikut ini adalah ide-ide usaha sampingan untuk karyawan atau bagi anda tidak ingin keluar rumah untuk mendatangkan uang.

1. Guru Les

Bagi anda yang memiliki keahlian dalam mata pelajaran tertentu, tidak ada salahnya untuk menjadi guru les untuk siswa-siswa baik SD, SMP, atau SMA. Secara umum, ada dua macam guru les, yaitu guru les klasikal yang mengajar siswa dalam jumlah banyak dan guru les privat.

Biasanya, les privat diadakan di rumah siswa sehingga gurulah yang harus mendatangi siswa tersebut. Sementara itu, kegiatan les klasikal dapat dilakukan dimana saja termasuk di rumah guru tersebut.

Bagi anda yang ingin membuka peluang usaha baru yang menjanjikan dari rumah, maka pilihan kedualah yang paling tepat. Anda cukup mengosongkan salah satu ruangan di rumah anda dan menata beberapa meja kursi plus papan tulis atau proyektor di depan ruang.

Bahkan bisa juga anda cukup menggelar karpet serta menyediakan beberapa meja kecil. Tentunya, skill mengajar anda juga harus terlatih dengan baik sehingga para siswa akan lebih mudah mengerti apa yang disampaikan.

2. Agen Air Minum Isi Ulang

Ada banyak rumah tangga dewasa ini yang lebih menyukai mengonsumsi air minum isi ulang dibandingkan dengan merebus sendiri. Air minum kemasan isi ulang dianggap lebih higienis karena sudah melalui uji laboratorium serta serangkaian proses sterilisasi. Maka, peluang usaha sampingan yang menguntungkan berikutnya adalah menjadi agen air minum isi ulang.

Untuk membuka usaha ini, pastikan anda mendaftar terlebih dahulu ke sentral agen air minum yang ada di kota anda. Selain itu, tidak ada salahnya untuk mengecek lingkungan anda apakah sudah ada yang berjualan air minum serupa atau belum. Mempelajari kebiasaan minum masyarakat sekitar juga diperlukan. Sehingga, usaha di bidang ini akan benar-benar mendatangkan keuntungan bagi anda.

3. Agen Gas Elpiji

Selain menjadi agen air minum isi ulang, usaha sampingan lain yang perlu dipertimbangkan adalah menjadi agen gas elpiji. Namun perlu diketahui bahwa ada serangkaian persyaratan untuk menjadi agen gas resmi di wilayah anda. Kecuali jika memang belum ada agen resmi lain dalam radius tertentu, maka biasanya anda tidak diperbolehkan. Selain itu, ada ketentuan lainnya misalnya jumlah gas yang bisa dipesan tidak boleh melebihi kapasitas.

Menjadi agen gas elpiji memang mengharuskan anda untuk membayar sejumlah uang terlebih dahulu. Namun anda tidak perlu khawatir karena ini tetap termasuk sebagai salah satu peluang usaha dengan modal kecil. Selain itu, gas elpiji saat ini merupakan kebutuhan pokok masyarakat yang tidak boleh terlewat. Jadi, sangat kecil kemungkinan jika gas Anda tidak sold-out.

4. Agen PPOB

Peluang usaha di rumah lainnya adalah menjadi agen PPOB. PPOB merupakan singkatan dari Payment Point Online Banking. Saat ini ada banyak sekali jenis tagihan yang dapat dibayarkan secara online. namun, tidak semua orang memiliki akses langsung untuk kegiatan-kegiatan pembayaran tersebut. Dengan menjadi agen PPOB, masyarakat sekitar dapat membayar berbagai jenis tagihan melalui anda. Tentu saja, anda akan mendapatkan keuntungan dari pembayaran-pembayaran tersebut.

Beberapa jenis tagihan yang termasuk ke dalam PPOB di Indonesia adalah listrik, PDAM, TV berlangganan, tagihan internet dan telpon, BPJS, tiket transportasi, dan sebagainya. Ada beberapa langkah untuk menjalankan usaha sampingan di rumah ini. Anda perlu mengisi form pendaftaran serta melampirkan fotokopi KTP dan KK. Pastikan memiliki rekening bank serta akses mobile banking yang memadai.

5. Jasa Salon atau Potong Rambut

Setiap orang ingin tampil menarik. Jika anda bisa memfasilitasi mereka, tentunya hal ini jauh lebih baik lagi. Peluang bisnis yang menjanjikan selanjutnya adalah dengan membuka jasa salon atau potong rambut.

Jika modal anda tidak banyak, pada awalnya, anda cukup membuka barbershop sederhana tanpa adanya alat untuk creambath dan lain sebagainya. Sementara itu, bagi anda yang memiliki keahlian dalam hal make up, salon kecantikan juga merupakan jenis usaha lain yang bisa anda jalankan.

Seiring berjalannya waktu, pastikan usaha anda ini akan terus berkembang. Hal ini dikarenakan banyaknya saingan di kanan kiri yang pastinya lebih memiliki peralatan yang memadai untuk make up dan potong rambut. Sehingga, pastikan untuk mengumpulkan uang saat usaha anda mulai berjalan untuk membuat usaha anda lebih maju lagi.

6. Usaha Pengetikan dan Penerjemahan

Bagi anda yang mencari peluang usaha tanpa modal, bisnis yang satu ini dapat dipertimbangkan. Ya, memang kurang tepat rasanya menyebutnya sebagai bisnis tanpa modal karena anda tetap membutuhkan laptop atau komputer serta koneksi internet yang memadai. Tetapi jika dua hal tersebut sudah dimiliki, pastinya hal ini bukanlah masalah lagi.

Bisnis ini bisa dilakukan oleh siapapun. Namun untuk usaha penerjemahan, pastinya anda harus memiliki keahlian multilingual terlebih dahulu. Setidaknya, anda harus lancar setidaknya berbahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Usaha yang satu ini memang cukup dinikmati karena keuntungan yang didapatkan relatif besar. Bahkan, usaha pengetikan dan penerjemahan juga salah satu peluang usaha ibu rumah tangga terbaik karena anda hanya perlu menyisihkan waktu sekitar 3 jam per hari.

Dengan semakin meningkatnya kebutuhan jasa penerjemah di internet, maka anda perlu belajar bagaimana cara membuat iklan di Google, sehingga anda bisa mendapatkan banyak client baru setiap harinya.

7. Jasa Servis Elektonik

Usaha rumahan lain yang membutuhkan keahlian khusus adalah membuka jasa servis elektronik. Memang tidak setiap saat seseorang mengalami kerusakan pada perangkat elektronik mereka, namun jika dilihat dari tingginya penggunaan barang-barang elektronik di rumah, tentunya bisnis ini cukup menjanjikan.

Untuk membuka bisnis ini, anda perlu menempuh pendidikan khusus terlebih dahulu baik di bangku perkuliahan ataupun mengikuti kursus.

Peralatan yang dibutuhkan juga tidak terlalu rumit. Beberapa diantaranya memang cukup mahal tapi uang yang dikeluarkan secara keseluruhan masih relatif kecil. Maka, tidak heran jika bisnis jasa servis elektronik masih termasuk dalam peluang usaha rumahan dengan modal kecil.

8. Bisnis Fashion Bekas

Bisnis di bidang fashion memang membutuhkan modal usaha yang cukup besar. Namun, bisnis fashion bekas tidak demikian. Banyak supplier pakaian bekas yang menjual barang-barangnya dengan harga sangat murah tetapi dalam jumlah besar.

Jadi, biasanya anda diwajibkan untuk membeli setidaknya sekarung pakaian bekas untuk dijual lagi. Usaha apa yang menguntungkan? Jika anda ingin memperoleh keuntungan lebih besar, beberapa hal mungkin perlu untuk dilakukan.

Misalnya dengan mencuci dan melipat pakaian-pakaian tersebut hingga tampak baru dan lebih rapi. Anda juga dapat menerapkan cara mempromosikan produk yang efektif ke pelanggan anda. Hal ini memungkinkan anda untuk menawarkan produk-produk tersebut dengan harga yang lebih tinggi.

error: Content is protected !!